Capaian Tahun 2019 dan Resolusi Tahun 2020

Tanpa sadar, satu tahun sudah hampir berlalu, Menengok kembali ke belakang, tentu saja ada banyak suka, pula duka.  Beberapa target tidak tercapai seperti memenuhi syarat monetize Youtube dan Facebook Fanpage. Namun, banyak kabar baik dalam kiprah di bidang kepenulisan.

Daftar tulisan yang dimuat selama 2019

Kabar baik yang lain adalah terbitnya buku kumpulan cerpen Sejumlah Pertanyaan tentang Cinta di Elexmedia. Di luar itu, hanya ada 2 antologi yang memuat karyaku, yakni Antologi Negeri Poci dan Antologi Festival Sastra Gunung Bintan yang kedua.

Di luar itu, tak banyak hal yang begitu berarti buat diperbincangkan. Pada awal tahun, aku berkesempatan mengajar anak-anak magang Groovy menulis dan menjadi juri lomba mereka. Lomba UMicroscope juga meminta bantuanku sebagai juri untuk memilih nomine.

Perlombaan yang kuikuti juga tak banyak. Lomba blog tentang pernikahan kumenangkan. Selain itu, aku juga memenangkan kesempatan ke Bali untuk mengikuti Danone Blogger Academy 3. Kompasiana juga memberiku Kompasiana Awards kategori Best Fiction. Tiga lomba menulis cerpen yang kuikuti di Desember tak mengantarkanku sebagai pemenang. Paradoks Gagak di Indonesiana hanya menjadi salah satu dari 22 naskah terpilih di luar pemenang. Menjadi Sebuah Pepaya juga masuk daftar panjang nominasi. Sedangkan Desa Hantu dan Persoalan Ayam Menyeberang Jalan gagal total.


Bagaimana dengan 2020?

Aku ingin lebih serius menulis tema-tema kebijakan publik. Enam tulisan yang dimuat tahun 2019 , itu dikit sekali dibandingkan betapa banyak isu yang menarik buat dikupas.

Soal buku, aku menargetkan 1 buku terbit di 2020, dan menyelesaikan satu naskah novel. Aku juga ingin lebih sering mengikuti lomba blog.

Dan semoga konsisten juga mengurus channel Youtube. Semangat!

 

 

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *