Review Hotel Salak Padjajaran

Review Hotel Salak Padjadjaran, Bogor

Sabtu (15/2), aku bersama keluargaku berkesempatan staycation di Hotel Salak Padjajaran, Bogor. Staycation tampaknya sudah menjadi hobi baru kami setelah bulan-bulan sebelumnya, kami mereview hotel-hotel dan apartemen seperti Sahira Butik Syariah Hotel, The Sahira Hotel, dan Margonda Residence 5 di Depok.

Ada satu hal yang kusadari tatkala check in di Hotel Salak Padjajaran. Ya, hotel ini tampak tak asing. Setelah kuketahui bahwa di seberang hotel ini ada Lemon Grass, restoran yang lagi ngehits di Bogor, aku teringat kenangan beberapa tahun lalu. Aku memang benar pernah ke hotel ini.

Namun, saat itu aku tidak menginap. Aku salah tempat. Aku memesan Padjadjaran Suites yang ternyata terletak di dekat The Jungle. Sedangkan Hotel Salak Padjadjaran sendiri terletak di Jalan Padjadjaran No. 23, Bogor. Padahal niatanku ya Hotel Salak Padjajaran, karena dekat dengan tujuan diklat statistika di kampus IPB (kampus pascasarjana). Aku yang keliru pesan di aplikasi.

Suasana Check In di Hotel Salak Padjadjaran

Aku datang pukul 12 lebih sedikit. Kecepatan. Kami harus menunggu kurang lebih 15-20 menit karena kamar masih disiapkan. Untungnya ruang tunggu di lobi cukup nyaman. Terdapat minuman selamat datang, es buah pala, yang sangat menyegarkan.

Di sampingnya, berdiri stan bolu bakar Bogor. Aku tertarik dan ikut mencicipi. Ternyata rasanya lumayan. Sayangnya, hanya tersisa satu varian, yakni pandan. Bolehlah buat camilan selama di kamar nanti. Harganya hanya Rp25.000.

Weekend Activities di Hotel Salak Padjadjaran

Saat menunggu kamar tersebut, aku melihat stand banner yang menginformasikan kalau di Hotel Salak Padjajaran ini ada weekend activities. Jadi, setiap akhir pekan, pihak hotel menyelenggarakan beberapa kegiatan khusus yang dirancang untuk menambah kesan pengalaman selama menginap di hotel.

Kegiatan tersebut yaitu pertama, movie time. Jadi, pihak hotel menyiapkan sebuah ruang khusus untuk menonton film seperti di bioskop. Film yang tayang adalah Spiderman. Kedua, live music. Penampilan musik ini berlangsung pada Sabtu malam di pinggir kolam renang. Ketiga, Bogor Night Seeing. Di sini kita bisa jalan-jalan keliling Bogor naik bus Uncal sambil belajar cerita sejarah Bogor. Keempat, Aqua Play. Hari Minggu pagi, anak-anak yang diajak menginap bisa ikuti permainan dengan hadiah yang beragam. Terakhir, Kedai Padjadjaran. Di samping kolam renang, pihak hotel membuka warung untuk ngopi dan makan dengan harga yang jauh lebih murah dari harga makanan di restoran hotel.

Saat kunci kamar diberikan, aku pun langsung mendaftar untuk bisa jalan-jalan keliling Bogor naik Uncal pada Sabtu malam.

Fasilitas Kamar Hotel Salak Padjadjaran

Kamar yang kupesan adalah Superior Twin. Dua kasur. Luas kamarnya kira-kira 27 meter persegi. Fasilitas kamarnya standar sih ya, sama kayak hotel-hotel berbintang lainnya. Ada dua botol air minum. Kopi, teh sachet. Dan sebuah pemanas air. Tivi dan AC berfungsi dengan baik.

Pemandangan kamar Hotel Salak Padjajaran

Kubuka tirai. Senang hatiku melihat pemandangan Gunung Salak di depan mata.

Kami pun segera bersiap-siap makan siang. Lalu berangkat menuju Kolam Renang.

Kolam renangnya berada di lantai yang sama dengan lobi. Kolam renang ini menyajikan pemandangan yang menarik berupa perumahan di lembah dengan nuansa pepohonan. Sayangnya, buat saya kolam renang ini kurang representatif. Soalnya, kedalamannya hanya mulai dari 80 cm, 1 m, dan 1,5 m. Kedalaman tersebut tidak cocok untuk anak-anak di bawah 3 tahun yang tingginya kebanyakan kurang dari 100 cm. Mereka tidak bisa menapak.

Selain itu, ada satu yang disayangkan dari kolam renang ini. Kaporitnya begitu terasa. Bikin mata perih. Jadi kesegarannya kurang terasa di kolam ini.

Belum lama kami berenang, langit makin mendung. Mula-mula gerimis sebelum hujan turun menjadi begitu deras. Kami pun kembali ke kamar.

Guna membunuh waktu, aku pun mengajak kedua anakku ke ruang bermain (kid zone) di lantai 2. Nah, aku mengapresiasi banget kid zone Hotel Salak Padjadjaran karena luas dan variasi mainannya banyak. Istriku tidak ikut karena kecapekan. Aku pun mengawasi anak-anakku sambil guling-guling di pinggiran.

Sayangnya, kondisi itu berbanding terbalik dengan gym di lantai di atasnya. Bisa dibilang gym nya apa adanya. Hasrat berolahragaku pun hilang karena suasana yang dihadirkan.

Setelah puas bermain, kami kembali ke kamar. Memesan makanan via aplikasi, keliling Bogor naik Uncal, lalu tidur. Malam begitu sejuk. Namun tanpa peluk. Pasalnya istriku dibajak kedua anakku. Mereka tidur bertiga di kasur sebelah.

Sarapan di Hotel Salak Padjadjaran

Nah, aku begitu kaget ketika sarapan. Begitu masuk ruang sarapan, aku ditanya anakku umur berapa. Kujawab 7 tahun. Ia bilang anak umur 7 tahun sudah harus bayar.

Bukan merasa dirampok, tapi hariku nggak enak karena informasi soal itu nggak tertera saat melakukan pemesanan hotel maupun ketika check in. Biasanya sih, anak yang harus bayar makanan itu ketika sudah berusia di atas 12 tahun. Nah, di Hotel Salak Padjadjaran sendiri, usia di atas 5 tahun sudah harus membayar sarapan.

Untungnya, sarapan di sini lumayan enak. Layaklah untuk ukuran Hotel Bintang 4. Keseimbangan unsur gizinya memadai. aku tentu saja mengambil nasi goreng dan berbagai buah.

Duh, aku jadi lupa diet lagi.

10 thoughts on “Review Hotel Salak Padjadjaran, Bogor”

  1. Seneng banget kalo liburan atau ngetrip bareng temen ataupun keluarga ke wisata alam apalagi kalo penginapan yang disuguhkan pegunungan di depannya serta keindahan alamnya.
    Fix kalo liburan ke Bogor, kudu mampir di hotel salak padjajaran.

    1. Nah, ini aku senang ini kalo review hotel dengan jujur, terutama kolam renangnya yang ternyata banyak kaporit. Lihat ekspresi anak-anak kakak kayaknya seneng dan puas banget saat bermain di kid zone Hotel Salak Padjadjaran.

  2. Seru bgt liburannya 😍 semoga punya kesempatan bisa main ke sana..tp emang sayang sih klo kolam renangnya ga ad yg lebih rendahan dikit, kudu lebih aware buat jagain si kecil…
    Makasih bgt infonya mas🙏

  3. Staycation bareng keluarga emang selalu menyenangkan.Apalagi kalo fasilitas hotelnya asik kayak gini bikin hepi semua

  4. Staycation bareng orang-orang terdekat selalu jadi sumber energi baru lagi untuk melanjutkan hari-hari berikutnya. Bagiku sendiri penting banget nyari tahu tetang hotel/penginapan.. Biasanya yang menjadi highlight, lokasi, makanan dan tentu bentuk kamarnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *