Curug Lontar

Liburan ke Curug Lontar di Kracak, Leuwiliang

Bisa kukatakan bahwa Curug Lontar adalah salah satu curug/air terjun termegah di Bogor. Curug yang berada di Kracak, Leuwiliang itu memiliki ketinggian sekitar 35 meter. Cobalah liburan ke sini.

Curug Lontar merupakan terusan sungai Cianten yang berasal dari pegunungan Halimun, Gunung Salak. Debit airnya cukup deras.  Terlebih bila musim hujan. Karena itulah. aliran sungai ini dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang sudah dilakukan sejak zaman Belanda.

Curug Lontar

Megah, karena selain tinggi dan berdebit deras, luas kolam yang berada di bawahnya juga sangat luas. Kira-kira 7000 meter persegi. Soal kedalamannya jangan ditanya. Pernah ada kejadian 5 atau 6 tahun lalu, korban jiwa tenggelam. Datang TIM SAR untuk mengevakuasi, sampai kedalaman 20 meter belum ketemu dasar. Ia bilang ada arus di bawah. Ketua TIM pun turun tangan kemudian membenarkan kondisi itu. Ia pun memperkirakan kedalaman kolam di Curug Lontar mencapai 30 meter.

Rute ke Curug Lontar

Bila dari Stasiun Bogor, kamu bisa menuju arah Leuwiliang, terus saja melewati Dramaga (Kampus IPB).

Setelah Jembatan Sungai Cianten, perjalanan dilanjutkan menuju PLTA unit Kracak sekitar 7 km. Enaknya sih pakai motor. Kalau mobil, suka macet. Kalau pakai kendaraan umum dari Stasiun Bogor, bisa menggunakan angkot 02 atau 03 ke Bubulak. Kemudian, dilanjutkan angkot 05 Jasinga-Leuwiliang. Seterusnya, berhenti di pertigaan Kracak dan gunakan angkot 57 Kracak-Puraseda.


Baca Juga: Lima Hal Menarik di Curug Cikuluwung 


Jika bingung, jangan ragu-ragu bertanya ke penduduk. Panduannya adalah PLTA Kracak. Dari PLTA, sudah nggak jauh lagi kok.

Dari parkiran, kita hanya berjalan kaki kurang lebih 200 meter, Jadi tidak terlalu melelahkan kok.

Harga Karcis

Kita parkir di rumah penduduk yang ada di pinggir jalan. Harga karcis parkirnya Rp5.000. Dijamin aman.

Harga karcis curugnya Rp15.000. Kalau mau sewa pelampung sepuasnya hanya Rp10.000.

Curug Lontar

Panorama Mengagumkan, Tapi Tetap Harus Berhati-hati

Dengan keberadaan kolam sedemikian megah, tentu, siapa yang tidak tertarik berenang. Namun, tetaplah berhati-hati. Pertama, harus pakai pelampung. Kedua, berenanglah di zona aman yang ditentukan. Bagaimana pun alam tidak bisa ditebak. Kalau berenang terlalu ke tengah juga berbahaya.

Curug Lontar

Apalagi kalau mendadak hujan, debit air yang muncul bisa lebih dari dua kali lipat yang ada di foto.  Banjir bandang sering datang tiba-tiba di curug ini.

Curug Lontar

Ayok, Liburan ke Curug Lontar!

Tunggu apalagi, mumpung Curug Lontar ini cukup sepi. Datang saja kemari. Kalau nggak berani berenang di kolam utama, di alirannya banyak kok kolam-kolam kecil di tengah bebatuan. Saran, pakai alas kaki ya. Soalnya batunya panas banget.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

22 Comments

  1. Duh Mas, ini seruuu banget niih
    Aku udah lama ngga traveling ke curug macam gini
    Moga2 akhir tahun bisa ngetrip seruuuu!

  2. Cakep neh curugnya, kelihatan sepi dan tenang ya. Saya pernah ke Luwiliang sekali, ya ampuuun, sepanjang jalan mikir mikirnya bukan di perjalanan di jawa, tapi di Sumatera.

  3. Wihh curugnya kedalaman 30meter mas?
    Kalau akunya kesana mungkin liat dari tepian aja. udah renangnya aja gaya batu. hehheee. Tapi cukup menikmati alamnya dan gemericik air terjun rasanya udah seneng aja hehee
    apalagi tiketnya terjangkau banget huhuu
    TFS Mas

  4. Tempat ini jadi eksklusive gitu nampak nya ya mas Pring karena masih sepi.
    Tiket nya juga murah banget itu..
    Bagi penikmat wisata air terjun yang begini gak boleh dilewatin.

  5. Curug Lontar bagus banget ya pemandangannya. Tapi saya fokus ke baju renang G* Swim anaknya tuh Kak. Soalnya samaan warna hijau muda, hehe. Thank u for sharing yahh

  6. Cantik banget. Tapi bener tetap harus hati-hati karena alam memang susah diprediksi. Tenang tapi kadang menghanyutkan. Oh ya, mau tanya, kok batunya panas kenapa?

  7. Baru tau bogor ada curugnya. Tapi kayanya dalem banget ya. Kalo bawa anak2 mesti diperhatikan banget nih.

  8. Curugnya memang megah sekali, Mas Pring. Perjalanan jauh akan segera terbayarkan. Apalagi berenang juga.
    Tapi baca kedalaman sampai 30 meter, itu memang dalam sekali, Mas. Apalagi kejadian pernah ada tenggelam karena arus dari bawah. Paling bagusnya ke sana musim kemarau dan berenang di pinggiran saja ya Mas.

  9. Cantik banget curug nya. Masih alami tempatnya. Tapi jadi nggak berani berenang karena ada arus bawahnya. Harus super hati-hati.

  10. we o we sekitar 30 meteran, duh gak berani deket2 deh khawatir nyemplung huhuhu.
    Eh tapi kok di sana masih boleh renang ya? Kalau ke sana wes gak renang deh, kyknya cuma liat2 air terjunnya aja 😀

  11. Sudah berkunjung ke curug ini. Aku yang tinggal di Bogor belum sempat datang ke sini ha…ha…ha…

  12. Masya Allah, cantik bgt itu curug lontarnya. Menghijau nan elok di tengah, bak sang putri . Cuma ngeluarin tiket 15 ribu rupiah dapet pemandangan yg cakep bgt 🙂

  13. 30 meter kedalamannya..kelihatan tenang, ijo, kalem airnya ternyata dalam ya
    Tapi cantik banget ini…masih alami sekali!!

  14. Tempatnya bagus ya, tapi karena kedalaman air seperti itu, tidak adakah petugas penyelamat disekitar itu? Sehingga bisa meminimalisir kecelakaan.

  15. Wah wisata curug kesukaan aku banget, sayang kemarin pas di Bogor gak bisa mampir kesini ,cuma explore kampung budaya Sindang barang aja

  16. Jadi ingat waktu pacaran diajak ke curug, perjalanannya luar biasa berlika liku, tp hasilnya memuaskan ?

  17. Bogor ternyata menyimpan destinasi wisata keren2 banget, duh aku dah 8 thunan di Bogor belum pernah kr curug lontar. Bagus banget, sejuk alami, menghilangkan stress ini menyatu dengan alam

  18. Aih curugnya indah, pemandangannya menyenangkan mata banget, bener-bener vitamin jiwa ini mah…udah gitu enggak terlalu ramai ya? Jadi bisa fokus menikmati keindahannya dan…ambil foto kece sebanyak-banyaknya heheh

  19. Sepertinya curug ini masih sepi dan panorama masih alami.

    Cuma lebih efektif pakai motor ya. Hmm.. baiklah…

  20. Daerah Bogor banyak tempat wisata Curug yac mas, saya suka dengan pandangan Curug. Tapi tetap harus hati-hati kalau ke sana jalan yang lumayan licin yac…

  21. Bagus banget ya curugnya. Terlihat masih asli. Saya suka dengan batu-batuan besarnya, melihatnya tergoda untuk duduk dan membiarkan kaki dialiri air, hehe

  22. ulasannya menarik sekali, jadi pengen piknik kesini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *