Mitos Mimpi Bertemu Ular Menurut Islam dan Primbon Jawa

Mitos mimpi bertemu ular berkembang di masyarakat. Tafsir mimpi ular tersebut beragam. Ada yang baik, ada yang buruk. Lalu bagaimana sebenarnya arti mimpi bertemu ular menurut Islam dan arti mimpi bertemu ular menurut Primbon Jawa?

Tafsir mimpi bertemu ular menurut Islam

Pada dasarnya, hadis dari Abu Hurairah RA menyebutkan, “Mimpi itu ada tiga macam; bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah.” (HR Bukhari).

Jika seseorang bermimpi buruk, atau yang mendatangkan ketakutan, maka mimpi ini tak perlu diceritakan apalagi ditafsirkan. Sebagaimana riwayat dari Jabir mengisahkan seorang lelaki yang bertanya kepada Nabi SAW tentang mimpinya semalam. “Ya Rasulullah, aku bermimpi kemarin seakan-akan kepalaku di penggal, bagaimana itu?” tanya laki-laki tersebut.

Rasulullah SAW pun tertawa, seraya bersabda, “Apabila setan mempermainkan salah seorang dari kalian di dalam tidurnya, maka janganlah menceritakannya kepada orang lain.” (HR Muslim).

Ular sendiri ditakwilkan sebagi musuh karena iblis menjelma sebagai ular saat mendekati Nabi Adam. Ular termasuk hewan yang mendatangkan ketakutan sehingga minpi bertemu dengan ular bisa dianggap sebagai mimpi yang tidak perlu diceritakan.

Jadi, sebenarnya, tidak ada tafsir khusus menurut Islam ketika mimpi bertemu ular. Adapun tafsir-tafsir yang mengatasnamakan Islam hadir sebagai produk budaya yang kebetulan penafsirnya beragama Islam.

Ada beberapa tafsir mimpi ular yang populer di kalangan muslim, yaitu

Mimpi Digigit Ular

Mimpi digigit ular merupakan mimpi yang sering terjadi dan sedikit membawa ketakutan. Ketika seseorang bermimpi digigit ular, biasanya akan langsung bangun karena mimpi ini sedikit mengagetkan dan menakutkan. Namun ternyata, mimpi digigit ular justru mempunyai arti yang membuat Anda senang. Arti dari mimpi ini adalah bahwa Anda akan mendapatkan pasangan jika Anda merupakan orang yang masih single atau tidak punya pasangan. Namun jika Anda merupakan orang yang sudah mempunyai pasangan, mimpi ini berarti Anda akan mendapatkan kemakmuran dan kebahagiaan dalam hidup Anda.

Mimpi Melihat Ular

Ketika Anda bermimpi melihat ular, maka Anda jangan bergidik ngeri. Mimpi ini justru berarti kabar baik untuk Anda. jika Anda mimpi melihat ular, itu berarti bahwa Anda akan mendapatkan rezeki. Namun dilain tafsir, melihat ular juga bisa mendatangkan bencana. Perbedaan ini berlaku jika detail ulaer dijelaskan. Untuk menghadapi arti mimpi ini, sebaiknya Anda mendekatkan diri kepada Allah dan memohon agar diberikan yang terbaik. Berbaik sangka atas apa yang a Hal ini sesuai dengan ajaran yang telah ditegaskan dalam Al-Qur’an. Melalui surat Al-Hujarat ayat 12, Anda diajarkan untuk selalu bertaqwa dalam keadaan apapun.

Mimpi Dikejar Ular

Mimpi dikejar ular biasanya akan berdampak pada Anda keesokan harinya. Mimpi ini merupakan salah satu mimpi tentang ular yang menyebabkan perasaan takut, lelah bahkan sedih. Namun arti sesungguhnya dari mimpi ini merupakan hal yang membahagiakan, terlebih jika Anda adalah orang yang berstatus single. Arti mimpi ini adalah bahwa Anda akan mendapatkan pasangan atau ada orang yang mencintai Anda. Anda boleh berbahagia, namun Anda juga perlu berhati-hati agar tidak berlebihan. Dalam Al-Qur’an telah ditegaskan mengenai suka dan duka yang merupakan bagian dari cobaan Allah. Hal ini tercantum dalam surat Al-Anbiya’ ayat 35.

Mimpi Membunuh Ular

Arti mimpi ular yang satu ini juga merupakan kabar baik bagi Anda. Jika Anda mempunyai musuh, maka mimpi ini berarti Anda telah mengalahkan musuh Anda. Namun mimpi ini menyimpan pesan agar Anda jangan sombong dan teap jalin tali silaturahim jika perlu. Bagaimanapun juga, dalam Agama Islam tidak diajarkan untuk menyombongkan diri atas musuh-musuh. Ajaran untuk berdamai dan saling memaafkan juga diajarkan. Ajaran ini ada dalam Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 149 dan Asy-Syura ayat 43.


Mimpi Melihat Ular Besar

Mimpi melihat ular besar memang menjadi mimpi yang bisa membuat seseorang bergidik ngeri. Namun sebenarnya, arti mimpi ini akan membuat Anda bahagia. Arti mimpi ular yang satu ini adalah bahwa Anda akan mendapatkan keberuntungan yang besar. Karena keberuntungan ini datangnya dari Allah, maka sebaiknya dihadapi dengan cara yang baik. yaitu dengan bersyukur atas nikmatnya. Bagaimanapun juga, Allah menyukai orang-orang yang bersyukur. Dalam surat Al-Imran ayat 145 dan Al-A’raf ayat 58 ditegaskan bahwa Allah juga akan memberi nikmat yang lebih untuk orang-orang yang bersyukur.

Mimpi Ular Masuk Rumah

Jangan takut dan khawatir jika Anda bermimpi ada ular yang masuk ke rumah Anda. karena sesungguhnya, arti mimpi ular yang satu ini justru akan membuat Anda bahagia. Arti dari mimpi ini adalah Anda akan kedatangan seorang tamu yang menyenangkan dan membawa kabar baik untuk Anda. Mimpi ini bisa menjadi pelajaran untuk Anda agar mempersiapkan diri dalam menyambut tamu. Adat menerima tamu telah diajarkan melalui Al-Quran, salah satunya melalui surat Yusuf ayat 59.

Mimpi Menangkap Ular

Arti mimpi ular berikutnya juga merupakan sebuah kabar baik. Jika Anda bermimpi menangkap ular, itu berarti Anda akan mendapatkan harta. Namun pada dasarnya, harta merupakan rezeki sekaligus cobaan. Ini berarti bahwa Anda harus berhati-hati dalam memperlakukan harta Anda. dalam kata lain, Anda harus tetap rendah hati, tidak riya’ serta disarankan untuk bersedekah walaupun sedikit. Perbuatan tersebut merupakan perbuatan terpuji dan telah diatur dalam Al-Qur’an. Dalam Al-Qur’an hal tersebut disebutkan dalam surat Al-Baqarah ayat 267.

Melihat Banyak Ular

Mimpi melihat banyak ular terkadang bisa membuat sang pemimpinya bergidik ngeri. Namun arti mimpi ini justru akan membuat Anda senang. Mimpi melihat banyak ular mempunyai arti bahwa Anda akan panjang umur. Dengan berita baik mengenai arti mimpi ini, Anda diingatkan untuk bersyukur. Bagaimanapun juga, panjang umur merupakan suatu nikmat. Anda juga dianjurkan untuk memperbaiki diri. Hal ini telah dijelaskan kepada Al-Qur’an melalu surat Al-Maidah ayat 105.
sebenarnya dibalik itu semua terkandung arti dan pesan yang mungkin bisa menjadikan Anda sebagai individu yang baik. Melalui daftar arti mimpi ular di atas, diharapkan Anda bisa lebih memahami mengenai mimpi serta bagaimana mencoba untuk menghadapinya. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan kedekatan Anda kepada Yang Maha Kuasa pula.

Mimpi Ular Menurut Primbon Jawa

  1. Mimpi digigit ular = Pertanda akan mendapatkan pasangan hidup.
  2. Mimpi melihat ular yang banyak = Pertanda akan mendapatkan kebahagiaan yang tak terduga.
  3. Mimpi dikejar ular = Pertanda ada seseorang yang mencintai anda.
  4. Mimpi melihat ular masuk rumah = Pertanda akan kedatangan tamu yang membawa kebahagiaan.
  5. Mimpi melihat seekor ular naga = Pertanda akan mendapatkan keberuntungan atau mendapatkan seorang anak yang bijaksana.
  6. Mimpi dikejar seekor ular naga = Pertanda akan mendapatkan rejeki.
  7. Mimpi melihat ular naga yang sedang tidur = Pertanda akan mengalami kerugian dalam usaha.
  8. Mimpi dililit ular = Pertanda akan melaksanakan hajat.

Mimpi Membunuh Ular

Mimpi membunuh ular hitam

Mimpi ini merupakan sebuah pertanda baik. Anda akan terbebas dari segala diat jahat yang berasal dari musuh. Bahkan musuh Anda ini akan berubah menjadi baik ke Anda setelah melihat kebaikan yang Anda miliki.

Mimpi membunuh Ular Putih

Ular putih merupakan simbol dari godaan untuk berbuat tidak baik. Jika Anda berhasil membunuh ular putih ini dalam mimpi Anda, artinya Anda telah berhasil menyingkirkan godaan untuk berbuat tidak baik.

Mimpi membunuh ular hijau 

Ular hijau memiliki arti kegelisahan. Jika Anda membunuh ular ini maka artinya Anda telah berhasil menyingkirkan rasa kegelisahan yang Anda miliki. Anda akan menjadi orang yang lebih berpikiran jenih atau damai setelahnya.

Mimpi membunuh ular kobra

Mimpi ular kobra atau ular berbisa lainnya memiliki arti akan muncul seorang yang akan menggoda hubungan asmara Anda.

Namun jika Anda berhasil membunuh ular ini dalam mimpi Anda artinya Anda telah berhasil menghilangkan kemungkinan munculnya sosok penggoda tersebut.

Mimpi membunuh ular besar

Mimpi ini merupakan sebuah pertanda bahwa ada seseorang yang sedang iri dengan Anda. Orang ini bahkan juga berencana jahat kepada Anda.

Namun jika Anda berhasil membunuh ular besar dalam mimpi Anda Anda akan terhindar dari rencana jahat dari orang itu. Untuk itu selalu berbuat baik kepada sesama agar Anda tidak memiliki musuh.

Mimpi membunuh ular dalam rumah

Ular yang masuk rumah menurut primbon jawa memiliki arti akan ada seorang tamu yang memiliki maksud jahat di rumah Anda.

Jika Anda berhasil membunuh ular ini dalam mimpi Anda maka Anda telah berhasil menyingkirkan ancaman tersebut.

Mimpi Digigit Ular

Digigit di kaki

Jika anda bermimpi digigit ular di kaki artinya ada seseorang yang menghambat langkah Anda dalam urusan percintaan.

Digigit di telunjuk

Menurut mitos apabila anda digigit ular di telunjuk artinya anda harus hati-hati dalam membuat rencana.

Karena telunjuk mempunyai arti tentang sebuah kepercayaan yang diberikan kepada Anda.

Ini berarti anda kehilangan kepercayaan dari orang lain.

Digigit ular besar

Apabila Anda digigit ular besar seperti ular piton.

Artinya Anda bisa mendapatkan rejeki.

Bisa berupa materi atau orang baru yang anda kenal dan mempunyai dampak yang baik bagi Anda.

Digigit di tangan kanan

Jika digigit pada tangan kanan Anda artinya nanti akan ada pengeluaran tak terduga.

Biasanya biasanya disebabkan karena musibah yang tak terduga dan dalam jumlah banyak.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *