Mitos Gigi Tanggal dan Tafsir Mimpi Gigi Copot

Pernah mimpi gigi copot? Mitos gigi tanggal ini berkembang di masyarakat. Tafsir mimpi gigi copot ini pun beragam, meski kebanyakan arti gigi tanggal menandakan kabar buruk.

Ternyata, mimpi gigi tanggal ini pun bisa dipandang dari sisi psikologis lho. Sebelum kita bahas ke mitosnya atau ke tafsir mimpi gigi tanggal itu, yuk kita simak dulu penjelasan ilmiahnya.

Arti Mimpi Gigi Tanggal Menurut Psikologi

Seorang psikolog bernama Ian Wallace mengatakan bahwa mimpi berkaitan dengan kondisi emosional manusia di dalam kehidupan sehari-hari. Katanya, hal yang kita lihat dan alami di dalam mimpi merupakan manifestasi dari kondisi mental kita saat sadar.

Gigi merupakan bagian tubuh penting dalam tubuh dengan beragam fungsi. Gigi juga bagian dari aspek penting dari penampilan kita. Jadi bila bermimpi kehilangan gigi mungkin manifestasi dari krisis kepercayaan diri. Gigi yang tanggal mencerminkan kecemasan tentang bagaimana orang lain memandangmu. Ya, bisa dikatakan mimpi seperti ini berasal dari rasa takut akan penolakan atau rasa malu.

Selain itu, mimpi gigi copot bisa diinterpretasikan sebagai perasaan seseorang ketika sedang dilanda kesedihan, akibat kehilangan seseorang atau sesuatu yang dicintai, seperti kematian seseorang yang dicintai, perceraian, kehilangan pekerjaan, dan kehilangan rumah.  Mimpi gigi copot bisa menjadi pertanda bahwa kita sedang mengalami stres yang tak lazim yang penuh gangguan kecemasan.

Baca juga: Mitos Kokok Ayam Jantan

Tafsir Mimpi Gigi Tanggal Menurut Primbon Jawa

Primbon Jawa menafsirkan mimpi gigi tanggal berbeda-beda tergantung dari lokasi/jenis gigi yang copot.

Arti Mimpi Gigi Atas Depan Copot

Apabila Anda mengalami mimpi gigi atas bagian depan copot itu merupakan sebuah pertanda bahwa Anda akan mendapatkan sebuah kabar duka dari orang tua Anda yaitu ibu atau bapak Anda ada yang meninggal.

Arti Gigi Copot Bagian Atas Kiri

Apabila Anda mengalami mimpi gigi copot bagian atas kiri itu artinya Anda akan segera mendapatkan kesialan di kehidupan Anda. Dan bermimpi gigi copot bagian atas kiri itu juga bisa sebagai pertanda buruk, bahwa keburukan yang Anda alami ini datang secara bertubi- tubi.

Arti Mimpi Gigi Copot Bagian Atas Kanan

Apabila Anda mengalami mimpi gigi copot bagian atas kanan itu artinya Anda akan segera mendapatkan musibah dan musibah itu dapat menerpa saudara atau keluarga Anda.

Arti Mimpi Gigi Atas Copot Semua

Apabila Anda mengalami mimpi gigi atas copot semua itu artinya Anda akan segera mendapatkan musibah seperti terserang penyakit berat. Dan bermimpi gigi atas copot semua itu juga bisa sebagai pertanda buruk, bahwa akan ada sebuah penyakit yang parah mengintai kesehatan Anda.

Arti Mimpi Gigi Atas Copot Dua

Apabila Anda mengalami mimpi tersebut, maka itu merupakan sebuah pertanda buruk untuk anda bahwa akan anda mengalami hal buruk yang akan menimpa anda yaitu orang tua Anda ada akan terserang penyakit parah.

Arti Mimpi Gigi Terbuat Dari Emas

Apabila Anda mengalami mimpi tersebut, yang artinya bahwa Anda akan menghadapi sebuah ujian berat dalam hidup Anda, selain itu mimpi ini juga merupakan sebuah pertanda yang buruk, yang mana anda harus waspada terhadap orang-orang yang ada disekitar anda, yang mungkin ada yang kurang menyukai anda.

Arti Mimpi Mempunyai Gigi Perak

Apabila Anda mengalami mimpi mempunyai gigi perak itu artinya Anda akan segera mendapatkan masalah keuangan yaitu mengalami kebangkrutan dalam bisnis Anda.

Arti Mimpi Gigi Depan Jatuh

Apabila Anda mengalami mimpi gigi depan jatuh itu artinya Anda akan segera mengalami masalah kehidupan yang membuat Anda putus asa. Dan bermimpi gigi depan jatuh itu juga bisa sebagai pertanda buruk, bahwa keputus asaan yang akan Anda alami ini bisa jadi dari persoalan keluarga,ekonomi atau pasangan Anda sendiri.

Arti Mimpi Gigi Geraham Atas Copot

Apabila Anda mengalami mimpi seperti ini, maka itu merupakan sebuah pertanda yang kurang baik. Yang mana makna dari mimpi ini ialah sebuah pertanda bahwa ada salah seorang dari saudara muda Anda akan tertimpah musibah, namun apabila yang copot di sebelah kiri maka artinya saudara tertua Anda yang tertimpa sebuah musibah.

Baca Juga: Mittos Burung Gagak

Arti Mimpi Gigi Patah dan Gigi Berlubang

Nah, berbeda dengan gigi tanggal, gigi patah memiliki arti tersendiri. Justru mimpi gigi patah adalah pertanda baik. Jika saat ini Anda sedang memiliki hutang, maka Anda akan bisa segera membayar utang tersebut. Sebaliknya jika bermimpi gigi berlubang, itu pertanda buruk yang berarti akan ada anggota keluarga yang habis-habisan membayar utang kita.

Mitos Mimpi Gigi yang Lain

Selain kondisi di atas, ternyata mimpi gigi yang lain pun menoreh berbagai tafsir. Misalnya saja mimpi gigi gerompal. Mimpi ini merupakan sebuah pertanda baik bagi Anda. Bagi Anda yang sudah berkeluarga dalam waktu dekat Anda akan mendapatkan sorang momongan atau bayi. Sedangkan jika Anda masih single, Anda akan segera mendapatkan rejeki yang tak terduga. Dan bila bermimpi mencabut gigi sendiri,

 maka hal tersebut merupakan sebuah pertanda mengenai keadaan Anda saat ini yang mungkin tengah memikirkan salah seseorang saudar atau kerabat anda yang sudah sejak lama tidak ada kabar beritanya.

Selain itu biasanya apabila ada salah seorang yang memipikan hal seperti ini, merupakan sebuah pertanda bahwa ada kerabat atau saudara anda yang mungkin tidak pernah berjumpa dalam waktu yang cukup lama, sedang tertimpah sebuah musibah

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

19 Comments

  1. Wuaahh…klo udah urusan mitos, ramalan, kepercayaan emang sih primbon Jawa dah dikenal sejak generasi ke generasi.

  2. Mimpi gigi tanggal atau copot ini emang sudah ada dari dulu dari, aku beberapa kali mimpi gigi tanggal dan sudah tau banyak arti mitos dari mimpi ini tapi bisa jadi emang kondisi psikologi kita sedang tidak baik makanya mimpi ini bisa aja berulang kali terjadi, termasuk aku mimpi ini ga cuma sekali tp bbrp kali ?

  3. hehe, percaya ga percaya sebenarnya sama mitos gigi copot ini…Tapi pernah kejadian, aku cerita ke ibu kalau mimpi ini, eh kata ibu memang ada yang meninggal, orang yang dulu pernah bantu-bantu ngurusin pas kecil

  4. mas Pringadi percaya yang mana? Ini memang semacam mitos sih. Tapi sering benar juga primbonnya itu. Kalau mimpi berkenaan gigi lepas atau patah, biasanya musibah.

  5. Ini mitos gigi gini emang sering sih kedengeran. Apalagi keluargaku yang emang dari jawa. Hehe. Tapi semoga hanya jadi mitos belaka.

  6. Saya kalau tiap mimpi yang agak “lain” biasanya langsung tengok primbon di internet, mas.
    Dulu waktu remaja malah sempet punya buku primbon mimpi campur sama primbon lainnya.
    Entah karena kakek saya orang Jawa, jadi kami lekat sama primbon ini, atau memang di budaya lain juga sama. Saya gak bisa membandingkan karena eluarga nenek yang orang Sunda lebih ke logika soalnya.
    Buat saya sendiri, kalau artinya benar dan kejadian, atau sebaliknya, kalau arti mimpi itu jelek dan ngga kejadian, saya Alhamdulillah.

  7. Tidak hanya soal meninggalnya orang tua, kerabat dekat ataupun jauh. Saya sering mengalami mimpi ini dan ternyata saya yang mengalami musibah.

  8. Dulu bapak mertua punya nih primbon, termasuk arti mimpi. Tapi entah ke mana bukunya…
    Unik juga ya dengan tafsir-tafsir mimpi tersebut. Belum pernah sih, tentang pergigi-an. Suka lupa juga bangun tidur, tadi mimpi apa ya semalam…

  9. Mitos seperti ini agak percaya enggak percaya. Biasanya kalau oke ya alhamdulilah, kalau buruk merasa enggak mau memahami. Jadi pengen enaknya saja. Hehe

  10. Wah mitos memang unik-unik ya. Kalau aku sendiri sih nganggepnya mitos itu sebenarnya punya tujuan lain, cuma karena orang-orang awam suka ga ngerti, jadi dibuatlah cerita-cerita aneh yang ngebuat pendengarnya jadi ngikutin…

  11. Mau ikut menafsirkan lewat panduan ini tapi udah lupa kapan terakhir kali gigiku copot hahahaha

  12. Aduh aduh koq makin serem ya aku bacanya. Mimpi soal gigi selalu menakutkan buat saya tapi setelah tau klo mimpi gigi patah dan gerompal justru memberi pertanda baik, jadi agak berharap hanya 2 mimpi itu yang muncul hehehhe

  13. Sebenarnya kurang percaya sih. Tp yg namanya juga mitos, boleh percaya boleh nggak. Hehehe

  14. aku tuh selalu deg-degan kalo udah mimpi persoalan gigi ini mas Pring, karena ya bukan sugesti dan percaya ga percaya sih, udah ngalamin beberapa hal juga

  15. belum pernah mimpi gigi copot mas. Alhamdulillah.. kalau gigi copot beneran pernah. wkwkwk.. tapi gimanapun kita t tetep harus waspada ya. primbon jawa bukan berarti harus dipercaya. semua kan buatan manusia. percaya saja sama gusti Allah dan serahkan semua urusan kepada Nya. minta perlindungan dari hal buruk. Aamiin.

  16. Aku sih ga terlalu percaya mimpi tapi temanku yg pernah mimpi gitu kejadian lho. akhirnya kita jadii percaya mitos ya

  17. Aku termasuk orang yang menganggap mimpi adalah rutinitas yang muncul karna kegiatan fisik yang melelahkan di siang hari. Hehehe,

  18. aku gak terlalu percaya dengan mitos kalo copot yaa copot but dulu sih percaya dengan hal begituan skrg gak lagi haha mungkin untuk nakutin anak” kecil kali yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *