Mimpi Traveling ke Batam

Masih teringat jelas saat aku tidak sengaja ke Batam beberapa tahun silam. Saat itu, aku tidak mendapatkan tiket pesawat langsung Padang ke Jakarta. Salahku sih yang terlalu menganggap enteng penerbangan, berharap tiket sisa murah mendekati hari kepulangan dari kampung istriku, eh ternyata tiket malah habis. Sisa kelas bisnis yang harganya di luar akal sehat dompetku. Akhirnya, ketemu solusi, aku mengambil penerbangan ke Batam terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke Jakarta.

Sampai di Batam sore hari. Di sana aku dijemput kakak sepupuku. Menginap semalam di rumahnya. Keesokan paginya baru aku berlanjut ke Jakarta.

Aku belum sempat menikmati Batam. Hanya melewati Jembatan Barelang dan berfoto di sana. Tercetus di pikiran, suatu saat ingin mengulangi perjalanan ke Batam dan menikmati keindahan pulau itu. Meski sayang, sampai sekarang, belum lagi ada kesempatan ke sana. Dua kali padahal, aku sudah sampai ke Tanjung Pinang dan berkesempatan mengunjungi Vihara Seribu Patung sampai ke Pantai Sri Arjana di Tanjung Siambang.

Bila suatu saat aku ke Batam, ingin berstaycation di Woda Villa & Spa. Seorang teman pernah menginap di sana dan merekomendasikannya kepadaku. Kutengok di Traveloka, ratingnya 8,2. Berarti memang bagus.

Woda Villa & SPA ini terletak di Jalan Bengkong Laut Batam , Bengkong, Batam. Hotel bintang 4 dengan fasilitas yang sangat lengkap namun harganya murah, mulai dari 400 ribuan. Letaknya sangat strategis. Utamanya dekat dengan restoran Seafood Batam yang pengen banget kucicipi. Apalagi kalau bukan Golden Prawn 933.

Tentu saja mimpi ke Batam lagi itu penuh dengan daftar tempat wisata yang juga ingin kukunjungi. Beberapa pantai seperti Pantai Marina, Pantai Mirota, dan Pantai Elyora sudah pasti masuk daftar. Jangan lupa ke Pantai Nongsa.

Pasir putih ditambah jernihnya air di Pantai Nongsa akan menyambut kedatangan kita saat mengunjungi pantai yang terletak di Kota Batam tepatnya di Sambau, Kecamatan Nongsa ini. Pemandangan khas pantai ini dijamin akan membuat kita ingin berlama-lama di obyek wisata ini. Di Pantai dengan pasir putih ini, kitaa juga dapat melihat megahnya gedung-gedung di Singapura. Tentunya pemandangan ini sangat jarang ditemui di tempat lain. Aktivitas menyelam di pantai ini juga dapat menjadi pilihan yang menarik karena keindahan bawah lautnya yang masih terjaga.

Yang paling ingin kukunjungi adalah pulau-pulau kecil di sekitarnya. Paling bikin penasaran itu Pulau Petong dan Pulau Ranoh. Pulau Petong termasuk dalam jajaran wisata yang memiliki perairan tenang. Disebutkan bahwa pulau ini diapit oleh dua bukit yang tinggi, oleh karena itu tidak ada ombak yang sampai di sini. Dengan keadaan itu, maka wisata ini dapat dijadikan spot berenang yang menarik. Katanya, keindahan bawah lautnya sangat indah. Sedangkan Pulau Ranoh menawarkan kebersihan pasir yang putih dengan air yang sangat jernih. Betul-betul memanjakan mata deh pemandangannya.

Sebagai pencinta air terjun, aku juga penasaran apakah ada air terjun di Batam. Setelah kucari informasi, hanya ada sebuah pancuran (air terjun yang sangat mini). Namanya, Pancur Telaga Bidadari. Pancur Telaga Bidadari ini punya kolam jernah yang bisa diberenangi juga lho.

Duh, entah kapan bisa ke Batam lagi, untuk benar-benar liburan. Merasakan nyaman beristirahat di Woda Villa & SPA setelah puas menjelajahi Batam. Dan tentu saja, tidak lupa menyeberang ke Singapura. Eh, tapi bikin paspor dulu! Yes!

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.