Mengenai Aset Crypto Ethereum

Satu dekade telah berlalu sejak mata uang kripto diciptakan. Sejak kemunculan pertamanya pada tahun 2008, dan digunakannya mata uang kripto pertama, Bitcoin, sebagai alat tukar di 2009. 

Mata uang kripto telah berkembang menjadi aset investasi yang berharga yang memiliki nilai investasi menggiurkan bagi para penggiatnya. 

Para investor percaya bahwa mata uang kripto adalah mata uang di masa depan. Ketika interaksi perdagangan dan jual beli berangsur beralih dari dunia nyata ke dunia maya.

Baca Dulu: Belajar Mengelola Keuangan demi Kebebasan Finansial

Mata uang kripto dianggap akan lebih menguntungkan sebagai alat pembayaran daripada uang kartal karena tingkat sekuritasnya yang terjamin dan keunggulannya yang tidak perlu melalui pihak ketiga, yaitu Bank Sentral, sehingga meminimalisir pengeluaran dan resiko penipuan.

Sampai saat ini, ada sekitar 13.000 jenis aset investasi kripto beredar dan terdaftar di pasar uang kripto. Dan dari 13.000 diantaranya, Bitcoin adalah mata uang yang mendominasi pasar kripto, lalu disusul oleh Ethereum sebagai aset investasi terkuat kedua di dunia.

Jika melihat di berbagai website pertukaran mata uang kripto dan kanal berita, kamu pasti akan melihat Ethereum disandingkan dengan Bitcoin. Tapi Ethereum itu tidak sebanding dengan Bitcoin, karena Ethereum bukanlah mata uang.

Lalu, apa itu Ethereum? Apa sih keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi di Ethereum? 

Simak dibawah ini.  

Apa itu Ethereum

Secara singkat, Ethereum adalah software. Sebuah sistem jaringan blockchain yang tidak tersentralisasi dan memberi peluang serta izin bagi developer dan programmer untuk menggunakan jaringannya dan membuat program serta aplikasi.

Untuk menggunakan jaringan dan fasilitas yang ada di Ethereum, pengguna harus membayar menggunakan Ether (ETH), Token Ether inilah yang dianggap sebagai alat tukar atau mata uang, yang bisa digunakan di blockchain Ethereum. 

Dengan menggunakan Ether (ETH), pengguna kripto di Ethereum juga bisa melakukan transaksi jual beli, mendapatkan bunga dari simpanan mereka melalui Staking, atau menggunakannya untuk membeli dan menyimpan NFT.

Perbedaan Ethereum dan Bitcoin

Berbeda dengan Bitcoin, Ethereum bukanlah mata uang kripto. Jika Bitcoin adalah mata uang layaknya uang kartal biasa, Ethereum adalah sebuah platform yang bisa digunakan sebagai sarana pembuatan aplikasi dan transaksi jual beli.

Aplikasi yang dibuat di jaringan Ethereum dapat disimpan dan dijalankan melalui cloud penyimpanan, aplikasi tersebut juga bisa dilindungi dari manipulasi, dan sulit untuk dicurangi.

Karena fungsinya yang banyak tersebut, Ethereum menarik banyak perhatian dari berbagai kalangan. Baik dari bidang keuangan, real estate, investor, software developer dan programmer, manufaktur hardware, dan sebagainya.

Baca Juga: Ide Bisnis yang Menjanjikan di Tahun Depan

Ethereum sebagai Aset Investasi

Mengingat fungsi dan banyaknya pihak yang terlibat serta beroperasi di jaringan Ethereum, Ethereum memiliki nilai tinggi sebagai aset investasi karena hal tersebut. 

Karena dengan berkumpulnya banyak pihak dari berbagai latar belakang tersebut, membuktikan tingkat interaksi di Ethereum yang tinggi. Dan tingkat interaksi yang tinggi, tentu akan dibarengi dengan tingkat pertukaran uang yang sebanding pula.

Tidak seperti Bitcoin atau Litecoin, Ethereum telah diadopsi oleh banyak perusahaan dan dijadikan sebagai basis untuk transaksi bagi perusahaan – perusahaan tersebut. hal tersebut karena Ethereum memiliki nilai intrinsik sebagai aset kripto dan nilai industri sebagai platform transaksi.

Dan beberapa perusahaan tersebut kemudian membuat Token mereka sendiri di blockchain Ethereum. Beberapa token yang berada pada jaringan Ethereum antara lain; COMP, The SandBox (SAND), dan Tether (USDT), dengan nilai tukar masing – masing token yang cukup bersaing di pasar kripto. 

Tether (USDT) misalnya, yang merupakan stable coin. Nilai tukar USDT to IDR ketika artikel ini ditulis adalah sekitar IDR 14.400.

Bagaimana? Tertarik berinvestasi di kripto? Segera kunjungi Pintu. Pintu adalah aplikasi jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Di Pintu, kamu bisa mengecek pergerakan harga aset, membaca berita-berita terbaru tentang crypto serta melakukan investasi dan trading hanya mulai dari Rp11.000 saja, lho. Download Pintu sekarang!

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *