Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak Bersama Ruangbelajar by Ruangguru

Sebagai orang tua, hatiku resah membaca sebuah jurnal dari International Journal of Educational Development. Ada fakta menarik tentang kemampuan matematika anak Indonesia di sana. Jurnal berjudul Schooling progress, learning reversal: Indonesia‚Äôs learning profiles between 2000 and 2014 yang ditulis Amanda Beatty, dkk itu mengungkap adanya kesenjangan antara kemampuan siswa dan standard yang ditetapkan oleh kurikulum nasional. Dalam 14 tahun itu, deviasinya mencapai 1/4, atau bisa dikatakan juga, kemampuan matematika anak kelas 7 (1 SMP) di tahun 2014 setara dengan kemampuan anak kelas 4 SD.

Penelitian ini berusaha lebih memahami bagaimana pembelajaran berubah dalam menghadapi ini apakah anak-anak di sekolah tahu tentang kurikulum? Dan seberapa banyak yang dipelajari anak-anak di sekolah? Dua pertanyaan ini mencoba mengetahui kompetensi dasar berhitung anak-anak dalam konteks apa yang diharapkan oleh sistem pendidikan. Termasuk soal pengaruh perubahan kurikulum yang terjadi. Penelitian ini kemudian juga memisahkan faktor anak-anak yang berasal dari keluarga yang mampu, jenis kelamin, latar belakang pendidikan sang ibu, hingga per provinsi.

Menyedihkan sih, kalau lihat hasilnya. Semakin naik kelas, kemampuan matematika anak-anak semakin berkurang. 65% Anak kelas 3 SD bisa menjawab pertanyaan soal kelas 1 SD. Dan nggak ada satu pun anak kelas 5 SD bisa menjawab dengan benar pertanyaan sulit dari kelas 4 SD untuk soal 1/3-1/6. 

Bayangkan, itu penelitian yang membandingkan tahun 2014 dengan tahun 2020. Aku yakin, tahun 2021 ini hasilnya akan lebih parah. Pasalnya kondisi pendidikan Indonesia diperburuk oleh pandemi.

Ya, sekolah-sekolah yang bagus dan di kota besar bisa mengalihkan pendidikannya dengan teknologi yang ada. Bagaimana dengan sekolah-sekolah umum yang hari-hari siswanya dipenuhi hanya tugas demi tugas dari gurunya? Tanpa ada tatap muka sama sekali?

Nah, Ruangguru, sebagai penyedia layanan jasa dan konten pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia, terus berinovasi untuk terus memperluas layanannya serta membuka akses pendidikan yang berkualitas sehingga bisa menjangkau lebih banyak lagi pelajar Indonesia. Salah satu inovasi Ruangguru adalah Ruangbelajar.

Ruangbelajar adalah sebuah platform yang dilengkapi dengan ribuan video materi dan pembahasan dengan lebih dari 1.200 total sub-topik untuk semua jenjang. Siswa dapat memilih learning journey berdasarkan kelas dan mata pelajaran yang diminati serta sub topik yang ingin dikerjakan. Dilengkapi kuis, latihan soal serta rangkuman berbentuk infografis yang menarik, ruangbelajar menjadi media belajar yang interaktif.

Pembuatan konten dalam ruangbelajar melibatkan lebih dari 100 putra-putri terbaik lulusan universitas top di Indonesia seperti UI, ITB, UGM dan juga universitas top di dunia seperti Harvard University, Stanford University, Columbia University, Oxford University, National University of Singapore, Nanyang Technological University serta disusun berdasarkan kurikulum dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 Revisi dan SKLUN terbaru.

Nah, kebayang kan kalau Ruangbelajar ini bisa jadi solusi buat anak melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi. Rasanya nggak mungkin mengandalkan sekolah saja. Butuh bimbel yang bisa membimbing anak-anak menguasai pelajaran di sekolah: terutama matematika.

Soalnya, kalau kita sebagai orang tua yang ngajari, jadinya malah nggak profesional. Ekspektasi kita terhadap anak seringkali terlalu tinggi sehingga tatkala kita menjadi guru di rumah, seringnya malah marah ketika anak tidak bisa memahami. Padahal, guru dituntut sabar.

Ya, wajar juga sih, soalnya orang tua juga disibukkan dengan pekerjaan kantor yang juga dikerjakan di rumah ditambah urusan rumah tangga lainnya. Energi sudah tersita di sana.

Fitur-fitur belajarnya juga asik banget. Yang akan dirilis Juli ini ada fitur rencana belajar hingga tes minat dan bakat. Fitur yang paling menyenangkan adalah Pet Mission, belajar online dibikin jadi gim. Pasti bikin anak-anak suka.

Tapi, apakah Ruangbelajar dari Ruangguru ini mahal? Ternyata bila dibandingkan dengan yang lain, murah lho.

Ruangbelajar memiliki dua jangka waktu berlangganan yaitu untuk 1 bulan dan 1 tahun dengan harga yang terjangkau yaitu mulai dari Rp 50.000 per bulan bila dibandingkan dengan bimbingan belajar konvesional yang bisa menghabiskan 6-7 juta per tahun. Hadirnya ruangbelajar, melengkapi layanan  belajar Ruangguru lainnya, yaitu jasa pencarian guru privat yang bernama ruangles, jasa konsultasi belajar privat online yang bernama ruanglesonline, fasilitas tryout ujian yang bernama ruanguji dan grup belajar online se-Indonesia yaitu ruangguru digitalbootcamp.

Yuklah, bantu anak-anak Indonesia jadi lebih pintar dengan mengikutkan anak-anak kita di bimbel Ruangbelajar by Ruangguru!

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *