Ide Bisnis yang Menjanjikan di Tahun Depan

Sejalan dengan perkembangan teknologi dan kecerdasan buatan, nyatanya ada banyak ide bisnis yang menjanjikan di tahun depan. Perkembangan dunia bisnis dan industri ini terus mengalami perubahan mengikuti zaman.

Apalagi semenjak pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini yang sangat memberikan dampak kepada para pelaku usaha dan bisnis.

Ada beberapa bisnis yang hilang dari peredaran namun ada juga bisnis dan usaha yang justru tercipta akibat perkembangan zaman.

Baca Dulu: Bisnis Franchise Murah, Pelajaran dari Itaewon Class

Mengingat keadaan perekonomian dunia yang mulai membaik akibat diterpa pandemi selama dua tahun berturut-turut, berikut ini adalah ide bisnis yang menjanjikan di tahun depan.

Bisnis toko online

Ide bisnis yang menjanjikan di tahun 2022 adalah membuka bisnis toko online.

Semenjak hadirnya jejaring internet ditambah kecerdasan teknologi yakni kemudahan berbelanja secara online, dengan membangun bisnis toko online adalah jawaban yang paling sederhana dan mudah dilakukan.

Apa saja produk atau jasa yang ditawarkan di toko online akan dengan mudah mendapatkan konsumen sendiri. Bahkan segmentasi pasar atau konsumen bisnis kita bisa semakin luas hingga menjangkau konsumen yang berada di pelosok.

Selama jejaring internet dan perkembangan teknologi terutama ponsel pintar masih merajai pasar teknologi dunia, maka selama itu juga bisnis toko online akan terus menghasilkan.

Digital agency

Sama halnya dengan membuka bisnis toko online. Digital agency menjadi usaha yang menjanjikan untuk pemula karena banyaknya permintaan promosi atau marketing yang memanfaatkan internet, khususnya media sosial.

Bukan hanya untuk tahun 2022 saja, melainkan potensi bisnis digital agency masih akan terus berkembang pesat setiap tahunnya.

Dengan memanfaatkan digital agency, maka strategi pemasaran dan promosi melalui media sosialnya akan jauh lebih efektif dan tepat sasaran.

Sebab, para ahli yang tergabung di dalam digital agency biasanya telah dibekali banyak ilmu seputar perhitungan traffic, engagement, feedback, dan keilmuan lainnya yang dibutuhkan.

Selain itu, para pelaku yang terlibat di dalam jasa digital agency ini nantinya akan mengelola konten penjualan kita. Mereka akan membuat bagaimana caranya konten di dalam media sosial kita akan memberikan dampak positif terhadap penjualan.

Jasa keuangan berbasis teknologi atau financial technology

Bisnis yang menjanjikan di masa depan selanjutnya adalah bisnis yang menawarkan jasa keuangan berbasis teknologi atau saat ini dikenal dengan sebutan fintech alias financial technology.

Beberapa di antaranya ada aplikasi Spenmo, Gopay, Dana, dan OVO sebagai dompet digital masa kini.

Produk yang ditawarkan jasa keuangan berbasis teknologi ini berupa aplikasi pembayaran online yang dikemas dalam bentuk fitur yang memudahkan penggunanya khususnya para pelaku usaha dalam melakukan transaksi online, pembayaran tagihan hingga pembayaran klaim reimbursement.

Untuk mengembangkan bisnis jasa keuangan berbasis teknologi, kita sebagai pemilik modal harus bekerja sama dengan orang yang ahli di bidang Informasi dan Teknologi atau IT dan orang yang menguasai ekonomi. Dua faktor tersebut adalah fondasi yang paling penting dalam mengembangkan bisnis ini.

Sementara itu, sebelum platform sudah tersedia dan siap untuk ditawarkan pada para pengguna, sebaiknya daftarkan aplikasi atau fintech ke Otoritas Jasa Keuangan atau OJK selaku dewan pengawas jasa keuangan. Sebab konsumen semakin cerdas membedakan mana platform yang terpercaya dan yang tidak.

Penyewa coworking space

Pertumbuhan startup yang semakin meningkat di Indonesia sejalan dengan permintaan ketersediaan ruang atau lahan perkantoran yang murah dan berlokasi strategis di tengah kota besar.

Ruang atau lahan yang dibutuhkan bisa saja kecil tergantung kebutuhan dari startup itu sendiri.

Yang jelas, berbeda dengan pabrik atau kantor pada umumnya yang membutuhkan lahan luas dan gedung bertingkat sebagai kantor. Para pengusaha startup ini justru mungkin saja hanya membutuhkan satu sampai dua lantai untuk menjalankan bisnisnya.

Mengingat perkembangan startup yang cukup menjanjikan setiap tahunnya, apalagi di tahun depan 2022, ternyata menyewakan coworking space merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan di tahun depan.

Kamu bisa menyewa coworking space per periode, misalnya saja menyewa untuk harian, mingguan, bulanan hingga tahunan.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Daya Saing Bisnis yang Tinggi

Fotografer merangkap penjual foto

Bisa dikatakan bahwa fotografer atau penjual foto merupakan usaha yang jarang tapi dibutuhkan di tahun depan. Masyarakat semakin melek akan pentingnya mengabadikan momentum bahagia di dalam hidupnya dengan menyewa jasa fotografer.

Bahkan, ada beberapa momen yang mengharuskan kita menyewa fotografer. Misalnya saja momen pertunangan, ulang tahun, bridal shower, atau pernikahan.

Bagaimana kalau kita hanya suka memotret pemandangan atau memotret hal random yang terjadi di sekitar kita? Tak usah khawatir sebab hasil foto tersebut tetap bisa kita bisniskan dengan menjual ke beberapa platform khusus.

Sebut saja Shutterstock, Adobe Stock, dan Canva yang menyediakan wadah untuk fotografer yang ingin menjual fotonya secara online. Bukan hanya satu pembeli, melainkan dalam banyak kasus satu foto yang kamu hasilkan bisa dibeli oleh lebih dari satu konsumen.

Nah, dari antara beberapa ide bisnis yang menjanjikan di atas, mana nih yang paling menarik menurut kamu?

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *