daftar umkm via online

Cara Mendaftar UMKM Secara Online

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu pilar dari perekonomian Indonesia. Dalam berbagai topik, UMKM selalu disertakan karena memang ia adalah poros perekonomian yang riil yang menggerakkan roda perekonomian itu sendiri.

Dalam konsep pembangunan ekonomi, UMKM ini ada setelah UMi (Ultra Mikro) yang berimplikasi adanya berbagai bantuan pemerintah. Jadi, penting untuk mendaftarkan UMKM secara legal agar diakui pemerintah sehingga berbagai kebijakan pemerintah yang membantu UMKM, terlebih di masa pandemi ini, juga bisa dirasakan.

Sebagai intermezzo saja, yang dapat diklasifikasikan sebagai UMKM tersebut dilihat dari besaran omsetnya per tahun. Menurut aturan UU UMKM di Indonesia, unit yang termasuk dalam usaha mikro harus memiliki kriteria omset tahunan maksimal Rp300 juta. Sedangkan Usaha kecil biasanya memiliki omset antara Rp300 juta sampai Rp2,5 miliar. Sementara itu, usaha menengah memiliki pendapatan usaha Rp2,5 miliar sampai Rp50 miliar.

Syarat Mendaftar UMKM Online

Sebelum mendaftar UMKM Online, yuk kita lihat dulu syarat-syaratnya untuk dapat kita lengkapi:

  1. Diwajibkan mempunyai KTP untuk Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang masih aktif dan berlaku.
  3. Mempunyai usaha yang jelas kerajinan, makanan, warung, restoran, dan sebagainya.
  4. Tidak bekerja sebagai PNS, TNI atau Polri.
  5. Mempunyai IUMK
  6. Memiliki Surat Keterangan Usaha (SKU) untuk yang mempunyai KTP dengan domisili berbeda dari alamat usaha

Cara Mendaftar UMKM Online

Kalau sudah melengkapi syarat-syarat yang diperlukan untuk daftar UMKM via online, yuk kita simak cara mendaftar UMKM secara online di bawah ini:

  1. Buatlah  akun dengan login ke situs https://oss.go.id/portal/
  2. Setelah itu silakan diklik tulisan “Perizinan Berusaha”
  3. Lalu klik “Perseorangan” lalu pilih: Tombol untuk mendaftar Nomor Induk Berusaha (NIB) Perseorangan Mikro & Tombol untuk mendaftar NIB bagi perseorangan kecil
  4. Setelah menekan tombol pada formulir yang ada di data profil, maka kita bisa menuliskan informasi di kolom yang sudah tersedia.
  5. Apabila semua datanya sudah kita isi, maka segera klik tulisan “Simpan” dan klik “Lanjutkan”.
  6. Laman kemudian kita diminta untuk melengkapi sebuah formulir data usaha. Tekanlah “Tombol Tambah Usaha”.
  7. Kemudian lengkapi setiap data yang ada.
  8. Baru setelah itu klik “Simpan”
  9. Jika memiliki 1 usaha lebih, maka cobalah untuk menglik “Tambah Usaha”.
  10. Nantinya, laman akan memberikan sebuah formulir yang berisikan komitmen prasarana usaha, cobalah klik “Selanjutnya”.
  11. Halaman OSS akan menampilkan data NIB dan izin usaha kita. Jika masih ragu, maka cobalah melakukan preview mulai dari izin lokasi, usaha dan lingkungan.
  12.  Setelah yakin dengan semua draftnya, maka kita bisa mencentang setiap kotak “Disclaimer”.
  13. Baru kemudian kita bisa mengklik “Ya” untuk mengakhiri proses pengajuan NIB.
  14. Terakhir, kita bisa mencetak izin usaha dalam bentuk QR code dengan menggunakan preview izin bisnis QR.

Baca Juga: Yuk, Bantu Pendanaan UMKM Secara Oline

Bantuan Pemerintah untuk UMKM

Sebagaimana disinggung di awal, memiliki UMKM yang terdaftar akan membuat kita terakses dengan berbagai jenis bantuan pemerintah untuk UMKM. Ad yang namanya Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM, merupakan bantuan pemerintah yang ditujukan untuk membantu para pelaku UMKM. Adapun bentuk bantuannya sendiri berupa modal usaha sebesar Rp2,4 juta/orang. Selain itu juga ada  PEN bagi UMKM yang telah mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Pemerintah juga menyiapkan berbagai program lainnya untuk mendukung UMKM, seperti subsidi bunga, penempatan dana pemerintah pada bank umum mitra untuk mendukung perluasan kredit modal kerja dan restrukturisasi kredit UMKM, penjaminan kredit modal kerja UMKM, Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM), Bantuan Tunai untuk PKL dan Warung (BT-PKLW), dan insentif PPh Final UMKM Ditanggung Pemerintah.

Cara Mendaftar UMKM Secara Online

Kalau sudah mendaftar UMKM secara online, dapat bantuan Pemerintah untuk UMKM juga, tinggal kita saatnya mengembangkan UMKM. Tentu bukan perkara mudah untuk mengembangkan bisnis. Kesabaran dan usaha kita melatih kemampuan akan pelan-pelan membuat UMKM kita berkembang. Bismillah.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *