Cara Membangun Brand yang Kuat di Blog Kita

Sekali waktu pernah ikut workshop personal branding dengan Amalia E. Maulana. Beliau berkata, branding yang cemerlang itu adalah ketika mendapat masalah, banyak orang membelanya.

Ya, itulah salah satu ciri brand yang kuat. Karena bisa jadi, banyak orang ingin menjatuhkan atau bahkan membunuh karakter seseorang/sebuah brand. Dan datangnya pembelaan itu merupakan pertanda kita telah membangun brand yang baik.

Di lain kesempatan, saya mendapatkan nasihat dari Harry Surjadi mengenai personal branding. Saya pikir personal branding itu sebatas menguatkan hal yang unik dan berbeda dari diri kita, tapi lalu seorang teman memberi masukan, personal branding itu juga berarti kebijaksanaan dalam menampilkan dirimu, memilih dan memilah sifat dan sikap yang harus ada di kamu, dan yang harus kamu buang jauh-jauh.

Itu juga berlaku dalam dunia blog. Bagaimana cara membangun brand yang baik atas blog kita juga tergantung dari bagaimana kita bijaksana menampilkan blog kita.

Membangun brand dari awal bukanlah perkara mudah. Saat memulai blog ini, saya masih buta apa yang harus dilakukan. Tentu mulanya harus dimulai dari pemilihan nama blog alias domain kita. Ada banyak pertimbangan dalam memilih domain, kini misalnya Domain Indonesia lebih digemari karena langsung memperlihatkan identitas keIndoonesiaan.

Baca Dulu: Belajar Membuat Blog untuk Pemula

Selanjutnya ada banyak pertanyaan yang mau tidak mau harus kamu jawab, mulai dari seperti apa  tampilannya hingga apakah blog tersebut mampu mewakili nilai-nilai yang kita yakini.


Berikut ini cara membangun brand yang kuat atas blog kita:

Tentukan Niche Blog Kita

Spesialisasi lebih baik dari generalisasi. Bahkan setiap jenis bisnis tentunya memiliki target audiensnya masing-masing. Begitu juga dengan blog, kita tentukan dulu celah pasar bagaimana yang ingin kita masuki.

Buatlah Konten yang Menarik, Bukan Hanya Sekadar Promosi

Brand yang memiliki konten sosial media yang menarik adalah orang-orang yang menyadari bahwa audiens yang ada di sosial media, bukan hanya untuk membeli barang. Jangan hanya sekedar menyajikan konten berupa iklan produk atau jasa, akan tetapi berikan konten yang menarik minat audiens. Konten yang menarik biasanya berupa sesuatu yang dapat memberikan informasi maupun memberikan hiburan.

Di blog sangat penting untuk menulis konten organik yang menarik. bukan hanya berisi content placement dari brand.

Temukan Karakter

Memberikan konten yang bersifat informatif dan hiburan saja tidaklah cukup. Kita harus menemukan keunikan tersendiri yang dapat membedakan bisnis Anda dengan bisnis kompetitor sejenis yang ada. Buatlah konten yang unik di mata audiens, konten-konten yang original dan tidak dapat ditemukan oleh audiens di tempat lain.

Keunikan yang Anda tawarkan melalui sosial media akan meninggalkan kesan tersendiri tentang brand bisnis Anda di mata audiens.


Selalu Membuat Konten yang Relevan dengan Cara Melakukan Penelitian Terhadap Trend yang Ada

Kita dapat menciptakan banyak konten menarik dan unik yang original untuk pengembangan blog. Tetapi, pastikan konten yang diciptakan selalu relevan dengan trend yang beredar di saat itu. Jangan hanya sekedar menciptakan sesuatu yang unik namun tidak relevan dengan trend yang ada di masyarakat.

Dalam menemukan trend, tentunya Anda harus secara sering terus melakukan research. Hal ini dapat kita lakukan dengan mencari hastag di sosial media, atau Anda juga dapat memanfaatkan Google Trends sebagai salah satu alat yang dapat membantu dalam mengamati tren.

Konsistensi

Dan terakhir, yang paling sulit adalah konsistensi. Kita harus menjaga agar bisa posting teratur dan rutin dengan tetap menjaga kualitas konten.

Seperti halnya konsistensi yang dilakukan oleh perusahaan bisa dilakukan dengan cara mempertahankan kualitas produk, mempertahankan karakter brand, mempertahankan loyalitas dan hubungan baik dengan konsumen, dan berbagai aspek lainnya. Akan lebih baik lagi jika dalam proses mempertahankan konsistensi ini, perusahaan juga melakukan hal lain yang bisa mengembangkan brand image.

Di blog pun kita harus melihat ukuran itu. Mulai dari jumlah komentar hingga bounce rate harus kita perhatikan.

Membangun brand image diperlukan berbagai tahap dan waktu yang tidak sedikit. Berbagai cara dilakukan dalam cara membangun brand image yang kuat. Semiga kita dapat mempraktikkan langkah-langkah tersebut pada blog kita ya.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *