Mengatasi Bau Ketiak Buat Para Pria Agar Lebih Percaya Diri

Buat pengguna kereta sepertiku, masalah bau ketiak menjadi gangguan rasa percaya diri. Terutama saat jam pulang kerja. Kereta akan padat sekali. Tangan kita bergelantungan di tiang-tiang pegangan. Dan tentu saja bagian ketiak akan terekspose dengan jelas. Perlu cara untuk mengatasi bau ketiak, utamanya buat para pria, yang sering mengabaikan perawatan tubuh dengan dalih masukilinisme.

mengatasi bau ketiak

Pelik memang keadaan di dalam kereta itu. Apalagi buat tipe orang yang mudah berkeringat sepertiku. Ditambah dengan persoalan seringnya AC di dalam gerbong kereta yang tidak berfungsi sehingga sumuk bukan main.

Bagaimana sih caranya mengatasi bau ketiak buat para pria?


Buat pengetahuan, sebenarnya, secara ilmiah, bau ketiak disebabkan oleh bakteri yang bisa memicu munculnya bau pada tubuh. Kondisi  ketiak yang lembap menjadi salah satu penyebab bakteri tersebut berkembang biak dengan semakin mudah. Bau ketiak tersebut disebabkan oleh adanya interaksi antara kandungan pada keringat dengan mikrobiota aktif atau bakteri. Akibatnya, bakteri tersebut memproduksi senyawa dengan aroma menyengat bernama thioalchols. Senyawa inilah yang menyebabkan bau tidak sedap pada tubuh dan ketiak. Bakteri pada ketiak sendiri dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu corynebacteria dan staphylococci. Corynebacteria adalah jenis bakteri yang menimbulkan bau pada ketiak, sedangkan staphylococci merupakan bakteri yang tidak menyebabkan bau.


Penyebab Bau Ketiak

Sebelum menjawab pertanyaan soal bagaimana mengatasi bau ketiak buat para pria, kita terlebih dahulu harus mengetahui bahwa bau ketiak bisa jadi adalah indikasi atas sesuatu/kebiasaan tertentu.

Terlalu Banyak Merokok dan Konsumsi Alkohol

Rokok dan alkohol juga dapat memicu bau ketiak. Hal ini disebabkan karena asap dan aroma rokok akan menempel di baju dan badan, sementara alkohol memiliki bau menyengat. Semakin sering seseorang merokok atau mengonsumsi alkohol, akan semakin berbau pula keringat yang dikeluarkan.

Punya Penyakit Tertentu

Beberapa jenis penyakit yang bisa membuat tubuh penderitanya memiliki bau lebih menyengat, salah satunya adalah diabetes.

Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Beberapa makanan berbau menyengat ternyata bisa mempengaruhi bau badan dan ketiakmu. Makanan seperti bawang-bawangan, rempah-rempah, dan fast food merupakan beberapa contohnya.

Berat Badan Berlebih/Obesitas

Apabila Kamu memiliki berat badan berlebih, tubuh cenderung mudah lelah saat melakukan aktivitas. Hasilnya, Kamu akan lebih mudah berkeringat dibanding orang kebanyakan. Jika tidak diimbangi kebersihan tubuh, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab bau ketiak.

Stres Berlebihan

Saat stres, tubuh kita tidak bisa bekerja dengan baik dan stabil. Akibatnya, orang yang sedang stres atau nervous juga akan lebih mudah berkeringat. Apabila stres terjadi secara berkepanjangan, hal ini dapat meningkatkan risiko bau badan dan ketiak.


Kebiasaan yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Bau Ketiak

Meminum air putih

Meminum air putih yang banyak dapat membuat tubuh kita mengeluarkan racun melalui urine. Dengan begitu bakteri-bakteri penyebab bau badan juga akan ikut dikeluarkan. Stres dan gerah yang akan memicu keringat berlebih juga dapat dinetralisir dengan meminum air putih.

Mandi minimal dua kali sehari

Jangan malas mandi. Mandilah minimal dua kali sehari untuk kesehatan kulit dan mengurangi bau badan.

Cukur bulu ketiak

Percaya diri

Bulu ketiak bisa menjadi ‘sarang’ bakteri apalagi saat lembap atau berkeringat. Untuk itu kita perlu mencukurnya, agar tidak terlalu lebat dan mudah dibersihkan.

Menggunakan deodoran

Salah satu cara menghilangkan bau badan adalah menggunakan deodoran. Deodoran itu dapat membantu tubuh kita mengurangi keluarnya keringat berlebih. Kalau aku pakainya Rexona.

Hindari makanan penyebab bau badan

Bawang-bawangan, junk food, dan gorengan adalah beberapa contoh makanan yang dapat menyebabkan bau badan.

Menggunakan cuka apel

Asam tartar dan asam asetat yang terkandung dalam cuka apel dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur yang menjadi penyebab bau badan. Oleskan cuka apel ke kulit ketiak menggunakan kapas, lalu diamkan selama 15 menit. Kemudian bilaslah ketiak dengan air dingin.

Mengonsumsi tomat

Tomat memiliki khasiat menghilangkan bau badan.

Daun kemangi

Kalau makan pecel lele, makan juga lalapan daun kemanginya ya. Kita juga bahkan bisa membuat teh daun kemangi dengan cara menjemur daun kemangi hingga kering, lalu tumbuk daun-daun kering tersebut hingga halus, kemudian seduh menggunakan air hangat menggunakan penyaring teh.

Rajin berolahraga

Olahraga dapat membuat tubuh kita mengeluarkan keringat yang menimbulkan bau badan. Namun, saat berolahraga pori-pori kulit kita terbuka dan mengeluarkan bakteri penyebab bau badan dari tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *