Review Start Up

Review START UP, Film Korea Kocak Nan Menyentuh

Segera kuunduh Startup begitu tahu Jung Hae In bermain di sana. Aku terkesan pada kualitas akting Jung Hae In saat beradu peran dengan Kim Go Eun di Tune In For Love.

Tahunya di film Startup itu, Jung Hae In bukanlah aktor yang paling menonjol karena selain ada Ma Dong Seok, ada tokoh utama yang diperankan oleh Park Jung Min.

Baca Juga: Review Film TILIK

Startup bercerita tentang soal pemuda tanggung bernama Taek Il (Park Jung Min). Taek Il selalu bertengkar dengan ibunya dan bahkan berhenti sekolah. Lewat sebuah adegan konyol karena mengejar orang yang menabrak spion motor bututnya, Taek Il pun dipenjara.

Selepas dari tahanan, Taek Il tidak pulang ke rumah ibunya. Ia makan di restoran Cina dan akhirnya diterima bekerja di sana. Sementara sahabatnya yang diperankan Jung Hae In bekerja di rentenir sebagai penagih utang.

Di restoran Cina itulah drama dan komedia terjadi. Taek Il bertemu koki kekar nan seram yang diperankan Ma Dong Seok, pengantar makanan yang gagap, dan seorang perempuan tomboy berambut merah yang hobi tinju yang tadinya tak disukai. Perempuan tomboy itu justru ia selamatkan saat dikejar beberapa preman sehingga akhirnya ikut bekerja di restoran.

Baca Juga: Drama Korea yang Harus Kamu Tonton Sebelum Mati

Yang Taek Il  tidak tahu adalah ibunya sangat memikirkan dia. Ibunya membuka toko roti bakar di pinggir jalan. Ibunya tertipu saat membeli toko karena ternyata lahan tersebut sudah akan digusur. Lebih pelik lagi uang untuk membeli toko adalah hasil pinjaman rentenir.

Solidaritas antarpegawai di Restoran Cina disajikan dengan haru dan humor. Sang pemilik restoran akhirnya membuat Taek Il sadar untuk menemui ibunya lagi. Saat menerima gaji pertama, Taek Il pun datang untuk memberikan gaji pertamanya ke ibunya.

Sedangkan Hae In yang mulanya senang dengan pekerjaannya mulai menemui masalah manakala orang-orang yang diutangi tidak mau membayar. Ia tidak tega melihat orang-orang menderita ditagih, disiksa sedemikian rupa, sampai ia tahu bosnya akan menagih utang ke ibunya Taek Il. Hae In pun ingin berhenti jadi penagih utang tapi tak diizinkan.

Subplot-subplot yang lain juga menarik. Buatku Ma Dong Seok bintangnya karena dia jago banget memainkan komedi di film ini. Apalagi kejutannya ternyata dia adalah pentolan geng mafia besar ketika aksinya menyelamatkan Taek Il dkk terungkap. Para anggota geng menemuinya mengajaknya kembali, padahal ia sudah mau tobat.

Buatku film Startup ini mengajarkan banyak sekali nilai kehidupan. Film yang kali pertama tayang akhir 2019 lalu ini mengajarkan nilai keluarga, persahabatan, perjuangan hidup, dan realitas kehidupan yang harus dihadapi manakala masuk dunia yang sesungguhnya.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *