Kuliah S2 Jurusan Hukum di Indonesia? Ini Daftar Biayanya

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/ubin-scrabble-613508/

Apakah Anda memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat S2? Bila memiliki rencana, tidak ada salahnya memperhatikan sejumlah hal penting sebelum mendaftar pendidikan. Salah satunya adalah biaya. Biaya untuk menempuh S2 khususnya jurusan hukum tentu tidak murah. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengambil pinjaman uang

Baca Dulu: Rasanya Kuliah Online Sebagai Awardee Bappenas

Sebelum itu, pahami jika kematangan karakter, pengetahuan, hingga finansial ketika ingin menempuh S2 Hukum menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Mengingat tantangan untuk melanjutkan pendidikan S2 Hukum tidak semudah seperti yang dibayangkan. 

Hal pertama yang harus Anda siapkan ketika ingin melanjutkan pendidikan adalah mengetahui biaya total yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan ini.

Pilihan S2 Jurusan Hukum Berbagai Universitas di Indonesia 

Sudah yakin melanjutkan pendidikan S2 jurusan Hukum? Bila demikian, berikut sejumlah universitas yang dapat dijadikan sebagai pilihan beserta dengan biayanya, antara lain:

  1. Universitas Indonesia

Pilihan pertama yang dapat Anda ambil ketika ingin menempuh pendidikan S2 Hukum adalah Universitas Indonesia. Sebagai kampus yang bergengsi, Universitas Indonesia menjadi pilihan terbaik. 

Universitas Indonesia membagi biaya pendidikan dalam 2 golongan, yaitu kelas reguler dan kelas khusus. Bila ingin menempuh pendidikan S2 Hukum di kampus ini, Anda harus menyiapkan dana sebesar Rp23 jutaan untuk semester satu, kemudian semester kedua dan seterusnya sebesar Rp11 juta. Biaya tersebut merupakan biaya kelas reguler. 

Sedangkan untuk kelas khusus, semester satu sebesar Rp29 jutaan, sedangkan semester dua dan seterusnya sebesar Rp13 jutaan. 

Tentu saja biaya tersebut tidak termasuk biaya kost hingga seluruh kebutuhan Anda selama menempuh pendidikan di Universitas Indonesia. Bila di total, besaran biaya yang Anda butuhkan untuk menempuh S2 Hukum di sini bisa mencapai Rp200 juta. 

  1. Universitas Gadjah Mada

Pilihan lainnya adalah Universitas Gadjah Mada atau UGM. Universitas yang berlokasi di Yogyakarta ini dapat dikatakan menjadi salah satu kampus yang difavoritkan oleh calon mahasiswa, termasuk S2 Hukum. Tetapi, sebelum mendaftar, biaya per semester yang harus Anda keluarkan juga harus diperhatikan. 

Biaya Uang Kuliah Tunggal atau UKT di UGM untuk prodi S2 Hukum sebesar Rp17 jutaan per semester. Bila harus menempuh 4 semester, kemudian harus membayar sejumlah biaya kebutuhan pribadi lainnya, Anda harus menyiapkan dana yang lumayan besar. Jika dijumlahkan dengan biaya tambahan lainnya, total bisa mencapai Rp150 juta.

  1. Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Hukum di Universitas Muhammadiyah Jakarta memiliki program studi pendidikan sarjana S1 serta S2. Fakultas Hukum UMJ memiliki biaya kuliah tanpa uang pendidikan. Tetapi, Anda harus membayar biaya kuliah per semester dengan nominal yang berbeda. 

Contohnya, di semester pertama, Anda harus membayar sebesar Rp13 jutaan, kemudian di semester kedua sebesar Rp9 jutaan, kemudian semester 3 serta semester akhir sebesar Rp16 jutaan. Biaya lain serta biaya hidup di Jakarta juga tidak murah, maka selama kuliah Anda bisa menghabiskan hingga Rp250 juta.

  1. Universitas Diponegoro

Dapat dikatakan jika Universitas Diponegoro atau Undip adalah kampus dengan program studi hukum yang sangat baik di Tanah Air. Oleh sebab itu banyak calon mahasiswa S2 jurusan Hukum yang ingin menuntut ilmu di sini. 

Biaya pendidikan prodi Magister Hukum di Undip berada di angka Rp6 juta hingga Rp17 jutaan per semester. Mata kuliah disini bisa menghabiskan dana sebesar Rp68 juta. Sedangkan Anda juga harus menyiapkan dana tambahan lain sekitar Rp100 juta untuk sewa kos dan lain-lain.

  1. Institut Pertanian Bogor

Kampus yang tidak boleh ketinggalan disebutkan adalah Institut Pertanian Bogor atau IPB. Biaya kuliah S2 di IPB dibagi menjadi jalur reguler dan jalur khusus. Untuk jalur regular, berkisar di angka Rp10 jutaan per semester. Sedangkan jalur khusus berkisar Rp15 juta per semester. 

Baca Juga: Tips Memilih Jurusan Kuliah

Mengapa Harus Kuliah S2 Jurusan Hukum?

Melanjutkan pendidikan S2 jurusan Hukum sebenarnya menjadi langkah yang harus diapresiasi, karena sekarang ini Indonesia begitu memerlukan lulusan hukum dalam jumlah banyak yang berkualitas. Berikut sejumlah alasan mengapa Anda harus memilih S2 jurusan hukum, antara lain:

  1. Peluang Karir Lebih Terbuka Lebar

Ketika sudah menempuh S2 Hukum, tentu saja peluang karir yang Anda miliki menjadi semakin lebar. Anda dapat menjadi hakim, pengacara, pegawai kementrian dan lainnya. Bahkan, Anda juga memiliki peluang menjadi seorang notaris. Notaris menjadi profesi yang tidak begitu banyak dilirik, padahal  sangat menjanjikan. 

Nantinya, Anda memiliki wewenang sebagai pejabat legal serta dapat mengesahkan dokumen yang berkekuatan hukum. Tentu saja, Anda akan dibayar mahal untuk pekerjaan tersebut. 

  1. Update Berita Actual

Ketika kuliah S2 Hukum, Anda juga akan menjadi lebih update. Anda nantinya akan dituntut untuk giat membaca serta mencari informasi, khususnya kasus hukum yang sekarang ini sedang hangat diperbincangkan. Tentu sangat mengasyikkan bila berdiskusi dengan teman sembari membahas sebuah kasus hukum. 

  1. Pilihan Kampus yang Beragam

Anda dapat memilih salah satu dari sejumlah kampus di atas seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor dan sejumlah kampus lain. Bahkan, bila mau berusaha keras, tidak ada salahnya Anda juga mencoba menempuh S2 Hukum di luar negeri. 

Pilihan Pinjaman 300 Juta Tanpa Jaminan untuk Penuhi Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan untuk melanjutkan S2 Hukum memang tidak murah. Bila ingin melanjutkan pendidikan S2 Hukum tetapi terbentur dengan masalah biaya, DBS KTA dapat dijadikan sebagai solusi. DBS KTA menawarkan pinjaman 300 juta tanpa jaminan. 

Selain itu, suku bunga mulai dari 0,88% flat setiap bulan, nasabah juga diperkenankan memilih tenor pinjaman yang mencapai 36 bulan. Syarat pengajuan dari pinjaman ini juga mudah. Anda hanya perlu tinggal di dalam wilayah cakupan DBS KTA yakni di Jabodetabek. 

Pastikan Anda sudah memiliki e-KTP dan NPWP, dengan gaji minimal Rp5 juta per bulan serta memiliki kartu kredit yang berasal dari bank lain dengan minimal limit Rp10 juta. 

Dengan sejumlah kelebihan tersebut, DBS KTA menjadi pilihan yang terbaik bukan? Ajukan pinjaman uang sekarang juga melalui link https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page , dan tempuh pendidikan S2 Hukum sesuai dengan impian Anda. 

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *