Khasnya Kelezatan Nasi Goreng Surabaya dan Cara Membuatnya

Sebagai salah satu makanan khas Nusantara, Nasi Goreng merupakan jenis kuliner yang sangat populer. Kamu pasti bisa menemukan menu nasi goreng yang dijajakan oleh penjual kaki lima, gerobak, sampai ke restoran berbintang. Selain cara memasaknya yang cukup mudah, nasi goreng memiliki cita rasa khas yang nikmat sehingga menjadi pilihan kuliner utama di kalangan masyarakat. Nasi goreng bahkan pernah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia ke dua setelah rendang. Sebagai masakan nusantara yang sangat populer, nasi goreng bahkan memiliki ciri khas yang berbeda di masing-masing daerah. Jakarta, Bandung, Padang, masing-masing memiliki keunikannya sendiri entah dari bumbu nasi goreng atau bahan-bahannya. Selain kota-kota di atas, nasi goreng Jawa Timur, tepatnya Surabaya, patut kamu coba.

Baca Dulu: Sastra dan Kue Lapis

Tempat makan nasi goreng enak di Surabaya, Jawa Timur

Sekilas dipandang mata, nasi goreng memang terlihat sama saja. Namun, banyak orang yang bilang kalau nasi goreng Surabaya memiliki rasa dan ciri khas tersendiri, berbeda dengan nasi goreng lainnya. Nah, buat kamu yang suka sekali nasi goreng dan penasaran dengan rasa nasi goreng khas Surabaya, kamu bisa kunjungi beberapa rekomendasi nasi goreng lezat di Surabaya berikut ini:

  1. Nasi Goreng Cak Tohir

Berlokasi di Jalan Manyar Kertoadi III, jika kamu melihat sebuah gerobak nasi goreng di depan rumah nomor 33, artinya kamu sudah sampai di Nasi Goreng Cak Tohir. Nasi goreng yang dibuat langsung oleh Cak Tohir ini selalu berhasil menyihir banyak orang dengan kelezatannya. Tidak heran jika banyak sekali pelanggan yang datang ke sini hanya untuk menyantap Nasi Goreng Mawut yang menjadi menu andalan di sini.

  • Nasi Goreng Jancuk

Terkesan kasar, nama nasi goreng Jancuk merupakan cerminan dari hidangan nasi goreng di sini. Dengan rasanya yang pedas dan porsinya yang besar, kamu mungkin akan berkata jancuk ketika menyantap hidangan ini. Bukan karena kesal, tapi karena puas dengan rasa dan porsinya. Satu porsi nasi goreng ini bisa disantap 4 – 5 orang. Kamu tinggal datang ke Surabaya Suites Hotel di Jl. Pemuda No. 33—37, Surabaya untuk mencoba hidangan ini.

  • Nasi Goreng Idola

Buat yang bosan dengan nasi goreng yang biasa-biasa saja, coba kamu datang ke kedai Nasi Goreng Idola. Katanya, kedai yang satu ini menyajikan nasi goreng yang spesial dan berbeda dari lainnya, yaitu Nasi Goreng Cumi Lada Hitam. Ya, nasi goreng dengan cumi yang dimasak lada hitam sebagai lauknya.

Baca Juga: Kue Khas Sumbawa

Resep dan bahan-bahan membuat Nasi Goreng Surabaya

Buat kamu yang jauh atau belum sempat ke Surabaya, kamu masih tetap bisa mencicipi hidangan ini di rumah kok! Untuk membuat satu porsi nasi goreng Surabaya, bahan-bahan yang perlu kamu siapkan adalah:

Bahan halus

  • 2 Bawang merah
  • 2 Bawang putih
  • 2 Kemiri sangrai
  • 1 sdt Lada

Bahan utama

  • 1 porsi nasi dingin
  • Saus cabai dan saus tomat khas Jawa Timur secukupnya
  • Tauge, kol, caisim secukupnya
  • Garam dan penyedap

Bahan Pelengkap

  • Ayam yang sudah direbus, lalu digoreng dan suwir,
  • Acar timun
  • Cabai Rawit
  • Kerupuk

Setelah kamu menyiapkan bahan dan bumbunya, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah tumis bumbu halus di atas dalam wajan sampai muncul bau harum dan sisihkan di mangkok.

Setelah itu, masukan minyak, taoge, kol, mie, caisim, dan bumbu yang telah ditumis sebelumnya, saus cabai dan saus tomat, garam dan penyedap secukupnya lalu tumis dan aduk hingga merata. Jangan lupa untuk koreksi rasa untuk menemukan rasa yang kamu inginkan. Setelah itu, masukan nasi ke dalam bumbu yang telah ditumis, aduk hingga merata. Setelah beberapa saat dan kamu merasa bahan sudah tercampur rata, pindahkan nasi goreng ke piring dan taruh suwiran ayam, acar, cabe dan kerupuk. Nasi goreng Jawa Timur Surabaya ala kamu siap dihidangkan. Mudah kan?

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *