Category Archives: Tips

Bahasa Gaul Masuk KBBI, Salahkah?

Bahasa gaul masuk di dalam KBBI? Masa’ sih? Jadi semua kata itu sekarang sudah baku? Wah, benar nih, ternyata ada kata gue dan nggak juga di KBBI. Jadi, boleh dong gue nulis surat izin sakit pakai kata gue, kan sudah baku….

Pertanyaan-pertanyaan tersebut hadir di benak banyak orang. Tidak sedikit yang menyangka bahwa kata yang ada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) semuanya adalah kata yang baku. KBBI dijadikan rujukan kata sudah sesuai kebakuan atau belum.

Padahal, hal itu keliru. KBBI bukanlah kamus baku Indonesia. Tidak semua kata dalam KBBI merupakan kata yang baku.

Jika kita cermati di KBBI daring misalnya, akan kite temukan label cak dalam kata-kata gaul tersebut. Apa ya maksudnya cak itu?

Cak adalah cakapan. Ragam bahasa cakapan adalah ragam bahasa yang dipakai apabila pembicara menganggap kawan bicara sebagai sesama, lebih muda, lebih rendah statusnya atau apabila topik pembicara bersifat tidak resmi. Ragam bahasa cakapan ini tidak baku lho.

Beberapa kata lain dengan labek cak di dalam KBBI yang berasal dari bahasa gaul yakni:

Alay
Artinya anak layangan, atau gaya hidup yang berlebihan untuk menarik perhatian. Pengertian atau makna ini hampir sama dengan arti yang sebenarnya dalam bahasa gaul saat ini. Alay, yaitu gaya anak-anak muda yang berlebihan, norak, kampungan yang menarik perhatian atau caper (cari perhatian).

Lebay
Artinya berlebihan (tentang gaya berbicara, penampilan, dan sebagainya). Kata lebay ini, baik dalam bahasa gaul maupun KBBI sama. Istilah kerennya Over acting atau penampilan  yang berlebihan dalam segala hal, mulai dari cara bicara, duduk, berpakaian, dsb.

Kepo
Rasa ingin tahu yang berlebihan tentang kepentingan atau urusan orang lain. Dalam Bahasa gaul anak jaman kekinian, artinya juga sama. Kepo menunjukkan sifat seseorang yang bawaannya ingin tahu saja urusan orang. Dikasih tahu yang ini mau tahu lagi yang itu. Dikasih tahu lagi yang itu, minta lagi yang lain. Dasar kepo lu, ah

Kece
Menurut KBBI, kece artinya cantik Tapi dalam pergaulan sehari-hari, istilah kecetak hanya sekedar cantik. Sesuatu yang menarik, asyik dan keren, bisa juga dibilang kece.

Kicep
Nah lo, apalagi ini? Kicep artinya diam karena takut atau gelisah. Misalnya kamu diam-diam asyik ngintip orang lagi mandi, trus ketahuan sama tetangga, pasti langsung kicep. Iya, kan?

Bokek
Punya nggak punya duit, biasanya kamu suka bilang: “Gue lagi bokek nih.” Apalagi kalau ada teman yang mau pinjam uang. Pokoknya untuk meyakinkan orang kalau kamu tak punya uang maka selalu bilang bokek kalau menghadapi urusan yang harus mengeluarkan uang. Dasar pelit lo. He he he… Soal apa arti bokek, nggak usah tanya lagi dah. Sama kok antara KBBI dan bahasa gaul sehari-hari.  Bokek artinya tidak punya duit. No money.

Bokep
Hayoo… ngaku aja dah.  Jangan ngaku anak gaul kalau belum pernah nonton bokep. Menurut KBBI bokep itu artinya film porno.  Nggak beda, kok.

Nyokap
Nggak usah dijelasin kamu juga udah tahu kalau nyokap itu artinya ibu atau emak. Kata nyokap sudah masuk KBBI, tapi kata bokap, pasangannya nyokap , yang artinya bapak, belum ada di KBBI saat artikel ini ditulis. Kenapa ya.

Doi
Dalam Bahasa gaul sehari-hari, Doi berarti si Dia yang maknanya lebih mengarah pada pacar, kekasih atau pasangan. Menurut KBBI, Doi bisa berarti pacaruang atau dia (laki-laki).

Agan
Agan adalah kependekan dari kata Juragan. Kata ini biasa digunakan sebagai sapaan yang sifatnya menghormat. Juragan bisa berarti majikan, tuan, atau nyonya. Kata agan ini banyak dipakai di Jawa Barat. Menurut KBBI, Agan berarti juragan atau goda.


Gimana, Gan, Agan… sudah jelas belum?

Jasa Jahit Tas di Bandung

Ada banyak jasa jahit tas di Bandung saat ini. Sekarang ini para vendor jahit tas di Bandung telah melayani berbagai macam jasa yang berhubungan dengan produksi tas. Jika anda mencari sendiri di internet, mungkin anda akan menemukan banyak pabrik tas di Bandung yang menawarkan layanan jahit tas. Tetapi tidak semua pabrik tas di Bandung memberikan layanan terbaik. Kita sebagai calon pengguna jasa jahit tas di Bandung juga harus berhati-hati dengan kebanyakan vendor jahit tas yang beredar saat ini. Dalam memilih jasa jahit tas yang ada di Bandung, kita harus memiliki beberapa pertimbangan juga. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih jasa jahit tas di Bandung.

jasa jahit tas


Memilih Jasa Jahit Tas di Bandung

Jika memang sedang membutuhkan jasa jahit tas di Bandung, maka nampaknya pabrik tas Oscas akan menjadi tempat yang paling tepat. Pasalnya pabrik tas yang satu ini telah berdiri sejak tahun 2015 dan telah legal sebagai perusahaan di bawah nama CV. Oscas Indonesia. Tentunya pabrik tas Oscas Bandung ini juga memenuhi pertimbangan-pertimbangan dalam memilih jasa jahit tas di  Bandung. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan tersebut:

Keamanan dan legalitas sebuah perusahaan

Salah satu hal yang harus anda pertimbangkan ketika akan memilih sebuah jasa jahit tas di Bandung adalah mengenai keamanan dan legalitas vendor tersebut. Hal ini harus turut dipertimbangkan untuk mengetahui sampai sejauh mana profesionalitas sebuah vendor dalam menyediakan jasa. Tentunya jika sudah legal, berarti tingkat usaha memang sudah besar dan telah cukup profesional dalam menjalankan jasa jahit tas di Bandung ini. Salah satu pabrik tas di Bandung yang telah memiliki legalitas adalah pabrik tas Oscas yang sudah legal dalam bentuk CV. Tentunya keamanan dalam produksi tas di pabrik yang satu ini tidak usah diragukan lagi. Pabrik tas Oscas juga telah dilengkapi izin usaha dalam menjalankan jasa jahit tas di Bandung.

Selalu menjaga kualitas

Hal yang paling tidak boleh dilupakan dalam memilih jasa jahit tas di Bandung adalah mengenai kualitas. Pastikan bahwa pabrik yang anda pilih selalu menjaga kualitas produk mereka. Jika tidak, nantinya kita yang akan menjadi rugi sendiri. Anda harus mengetahui bahan-bahan yang digunakan oleh pabrik serta proses quality control yang dimiliki. Makanya, lebih baik jika anda meminta sampel terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa jahit tas dan memesan dalam jumlah besar. Hal seperti ini bisa kita temukan di pabrik tas Oscas. Pabrik tas yang satu ini memiliki quality control yang baik. Selain itu produknya juga memiliki garansi. Sehingga tidak perlu khawatir mendapatkan barang yang buruk dari pabrik tas Oscas.

Tepat waktu dalam produksi

Tentunya vendor jasa jahit tas yang kita pilih haruslah memiliki ketepatan waktu dalam produksi. Barang yang diproduksi harus selesai sesuai dengan deadline yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Jika tidak, kitasebagai pembeli yang akan dirugikan. Tentunya pabrik tas Oscas bandung juga telah memenuhi kualifikasi yang satu ini juga. Pabrik tas ini selalu tepat waktu dalam memenuhi pesanan dan tidak pernah terlambat. Kendala yang terjadi dalam produksi tas akan langsung dilaporkan kepada pembeli. Jadi tidak ada pembeli yang dirugikan jika menggunakan jasa jahit tas dari pabrik tas Oscas.

 

8 Kesalahan Umum Menulis Fiksi Bagi Pemula

Clara Ng, penulis novel, dalam sebuah wawancara pernah menyebutkan setidaknya ada 8 kesalahan umum yang sering dilakukan oleh para pemula saat menulis fiksi.

Pembukaan yang lemah

Pembukaan yang lemah artinya pembukaan yang tidak memperlihatkan konflik. Konflik seharusnya sudah membayang muncul di pembukaan cerita atau prolog. Pembukaan yang salah adalah pembukaan yang mengabaikan atau menahan konflik.

Baca Juga: Tips Menulis Pembukaan Cerita Pendek

Penuturan konflik

Konflik adalah perlawanan atas segala seuatu yang diperjuangkan karakter. Konflik adalah arus balik kesalah. Sandaran fiksi adalah konflik, bukan pada konsep cerita. Konsep cerita sebagus apapaun akan hancur tanpa kehadiran konflik.

Konflik adalah nyawa. Seperti tangga, konflik harus digambarkan bertahap, dari kecil hingga membesar. Konflik juga seperti bayi, harus bertumbuh. Konflik yang stagnan hanya akan membuat fiksi menjadi mati.

Penyelesaian konflik yang lemah

Konflik yang sudah menghantui naskah sejak awal, harus ditutup dengan penyelesaian yang kuat. Penyelesaian yang lemah artinya konflik yang dibangun hanya selapis tipis. Lemahnya penyelesaian bisa disebabkan antara lain karena si karakter keluar dari masalah dengan bantuan.


Baca Juga; Simplifikasi Konflik dalam Penceritaan

Karakter tidak berjuang

Ada tokoh atau situasi lain yang serta merta menyelamatkan dia dari konflik. “Tokoh harus berjuang menyelesaikan masalahnya. Boleh mendapat bantuan tidak langsung, tapi penyelesaian harus tetap dilakukan di tokoh utama. Hindari aksi serobot,” kata Clara.

Dialog yang bertele-tele

Dialog yang ‘garing’ tanpa tujuan yang jelas hanya akan membuat fiksi diam di tempat. Pada naskah humor pun, dialog harus mengacu pada rumus yang berlaku. Ada tengah, ada konflik, ada kick-ass-nya. Tnapa itu, gumor akan mati dalam dialog.

Kalimat-kalimat yang tidak patuh pada aturan Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia itu susah. Kita semua harus belajar bahasa Indonesia dimulai dengan yang sederhana, yaitu Subjek-Predikat-Objek-Keterangan (SPOK).

Tanda baca yang tidak pada tempatnya

Ini akibat penerapan bahasan Indonesia yang tidak maksimal. Kesewenang-wenangan tanda baca seperti seorang yang menyetir mobil dengan ugal-ugalan. Tnada baca sama dengan rambu lalu lintas. Tidak taat rambu hanya akan menghasilkan banyak kecelakaan.

Setting yang terlupakan.

Setting yang terlupakan, berarti isi cerita hanya didominasi dengan dialog.


 

PS:
Tulisan ini bersumber dari hasil wawancara Clara Ng di Republika

Cari Tahu Pinjaman KTA Terbaik dan Cara Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

Butuh pinjaman, tapi tak punya aset untuk menjamin pinjaman tersebut? Kredit tanpa agunan solusinya. Kredit tanpa agunan (KTA) adalah salah satu produk pinjaman yang memberikan fasilitas kredit tanpa membebankan calon nasabah untuk mempersiapkan aset untuk dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut. Tentu, setelah itu kita harus teliti betul untuk mencari pinjaman KTA terbaik yang mampu menjawab kebutuhan pinjaman kita.



 

Kredit Tanpa Agunan (KTA) masuk ke dalam kategori kredit konsumtif. Oleh karena itu debitur dapat menggunakan fasilitas ini sesuai dengan kebutuhan, baik itu untuk renovasi rumah, biaya pengobatan, pendidikan, modal usaha atau bahkan pernikahan.

Nah, Cekaja.com dapat membantu calon kreditur untuk menemukan pinjaman KTA terbaik tersebut dengan  membandingkan pinjaman KTA bunga murah secara online dengan praktis. Proses pengajuan pinjamannya pun mudah. Hanya dengan menyerahkan syarat-syarat yang diperlukan, kita bisa langsung dapat mengajukan aplikasi untuk pinjaman ini. Bunga yang diberikan juga cukup ringan dan murah. Puluhan produk bank penyedia KTA bisa kita bandingkan dan ajukan melalui CekAja.com. Continue reading Cari Tahu Pinjaman KTA Terbaik dan Cara Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

Seminar di UNSIKA: Prospek Kerja dalam Dunia Sastra di Era Industri 4.0

Sebuah pesan masuk di Whatsapp. Dia mengenalkan dirinya sebagai mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA). Namanya Nabila. Dia meminta saya mengisi seminar di UNSIKA. Temanya Prospek Kerja dalam Dunia Sastra di Era Industri 4.0.

Mendadak sekali sebenarnya. Dia memberi tahu hanya beberapa hari sebelum acara. Saya tahu artinya, pembicara utama yang disiapkan tidak bisa hadir. Dia sedang mencari pengganti.

Saya tahu rasanya jadi mahasiswa, dan selain karena saya sedang suka bicara, jadi saya terima permintaannya.

Prospek Kerja dalam Sastra di Era Industri 4.0

Sastra dan Revolusi Industri 4.0

Temanya unik sekali. Saya paham, ada pertanyaan besar, ruang kerja seperti apa yang bisa hadir di era Revolusi Industri 4.0 itu. Sebelumnya, mari kita pahami terlebih dahulu, apa sih makna revolusi industri dari 1.0 ke 4.0.

Revolusi industri 1.0 sering disebut ditandai dengan hadirnya mesin uap. Makna revolusi ini adalah beralihnya tenaga manusia ke tenaga mesin.  Revolusi industri 2.0 ditandai dengan lahirnya listrik. Revolusi industri 3.0 ditandai dengan adanya otomatisasi. Sedangkan revolusi industri 4.0 adalah internet of things. Lepasnya sekat/batas di era internet, bercampur-baurnya segala hal dalam lautan informasi. Di sinilah kreativitas berlahiran. Orang yang bertahan adalah orang yang kreatif.

 

Bersastra adalah Berkreasi

Dengan definisi di atas seharusnya tidak sulit dong bagi anak-anak sastra bertahan. Sebab, pada dasarnya, sastra juga menciptakan sesuatu yang baru. Invensi-invensi dalam karya sastra menuntut kreativitas.

Dalam kesempatan tersebut, kutekankan betul bahwa pelaku sastra hanya perlu terbuka pada media yang ada. Manfaatkan media sebaik mungkin.

Kata kuncinya hanya tiga, pertama berkarya. Kedua, paham media, dan ketiga adalah sinergi dengan pelaku seni yang lain.

Media tersebut bisa menjadi penghasil uang yang luar biasa. Instagram. Facebook. Youtube. Konversikan karya sastra kita ke dalam ruang media tersebut. Menjadi audio dan video lebih baik.

Prospek kerja tidak melulu konvensional. Tentu, jika tetap ingin sebagai pegawai kantoran, peluang kreator konten dibutuhkan banyak perusahaan. Mereka butuh anak muda yang bukan cuma bisa menulis, tapi kreatif dalam tulisan tersebut.

Prospek Kerja dalam dunia Sastra di Era Industri 4.0

Pertanyaannya, sudah rutin menuliskah kita hari ini?

Aku suka sedih jika ada yang mengaku penulis tapi jangankan menulis, membaca saja jarang sekali. Menjadi kreatif berarti harus memiliki input bacaan  yang bagus dan banyak juga lho.

Konsistensi dalam berkarya itu juga penting karena membangun personal branding kita. Kita ini dikenal karena karya-karyanya. Maka, konsisten menulis artikel di Kompasiana, Kumparan, Detik, dll menjadi sangat penting.

Kepemilikan blog pribadi juga menjadi kewajiban. Cara-cara inilah yang bisa menjadikan diri kita dikenal.

Karya dan Personal Branding

Menjadi “pemenang” dalam era Revolusi Industri 4.0 adalah menjadi berbeda. Ya, jadilah spesialis. Jadi generalis itu bagus. Tapi kalau mau cepat dikenal, jadilah berbeda, spesifik pada tema tertentu. Menulislah dalam tema dan konsep yang belum pernah atau jarang disentuh oleh penulis sebelumnya.

Dengan cara itu, kerjaan akan mendatangi kita. Era Revolusi Industri 4.0 seharusnya tidak membuat kita sebagai pegawai kantoran, tapi bisa bekerja di rumah atau di mana saja….