Cara Menemukan Minat dan Bakat Anak

Beredar sebuah dialog di dalam film, dan aku harus setuju, rasanya aku tak menyukai bila harus bertanya cita-cita kepada anakku. Sistem pendidikan yang ada di Indonesia tidak bisa secara leluasa membebaskan anak-anak ingin bekerja sebagai apa. Semuanya masih tergantung nilai akademis dan pekerjaan-pekerjaan formal masih jauh lebih dihargai karena itu. Seperti aku. Dengan jiwa seni, aku tetap bekerja sebagai pegawai kantoran.

Karena itulah aku membebaskan anak-anakku dalam hal mengembangkan minat dan bakat mereka di luar tuntutan akademis. Kegiatan ekstrakurikuler apa saja boleh ikut. Dan anakku yang pertama memanfaatkan kebebasan itu, dengan mengikuti taekwondo dan panahan. Selain itu, ia juga kuajak rutin berenang. Ia juga kufasilitasi pad untuk menggambar dan mewarnai. Kebebasan itu bukan berarti kebebasan yang tak bertanggung jawab. Sebagai orang tua, kita yang bertanggung jawab untuk mengarahkan anak-anak kita mencoba dan mengeksplorasi banyak hal sampai ia menemukan passionnya.

Lalu bagaimanakah cara mengetahui minat dan bakat anak itu?

Ada beberapa perilaku yang menunjukkan anak memiliki bakat atau minat khusus terhadap sesuatu, yaitu:

  • sangat penasaran terhadap sesuatu,
  • daya ingat kuat,
  • Senang memperhatikan sesuatu,
  • memiliki pola pikir runut tetapi sederhana,
  • mampu memecahkan masalah,
  • imajinasi tidak terbatas,
  • belajar hal baru dengan cepat,
  • menyukai sesuatu hal baru,
  • memiliki kosakata yang luas, serta
  • banyak bertanya dan kritis.

Setidaknya ada 5 tahapan untuk mengembangkan minat dan bakat sang anak tersebut:

1.     Memberikan stimulus

Beri rangsangan pada anak untuk bisa lebih bereksplorasi terhadap diri dan lingkungan. Sebagai orang tua kita dapat memulai dengan memberi kesempatan pada anak mengenal berbagai macam bentuk kegiatan, olahraga, hobi, musik, atau berbagai jenis pekerjaan di sekelilingnya. Tentunya hal ini perlu dilakukan dengan menggunakan pendekatan ringan dan menyenangkan sesuai usia anak.

Contohnya, kita dapat mengajak anak ke lapangan untuk melihat berbagai macam jenis olahraga, menghadiri pertunjukan musik ramah anak, menyaksikan pentas-pentas kesenian atau dengan berjalan-jalan di taman bermain. Melalui stimulan ini, kita dapat mendeteksi apa yang menjadi minat dan bakat anak.

2.     Mengamati tingkah laku

Dalam tahap ini, kita mulai mengobservasi pada jenis kegiatan apa anak merasa senang, ingin melakukan berulang kali, atau merasa tertarik sehingga selalu ingin tahu lebih banyak. Sebagai contoh, setelah beberapa kali diajak main di lapangan olahraga, anak merasa tertarik dengan sekumpulan orang yang bermain sepatu roda, maka kita dapat mengajak anak lebih mengenal olahraga menarik perhatiannya itu.

3.     Perhatikan kecerdasan 

Tidak ada anak yang tidak cerdas. Setidaknya ada 9 jenis kecerdasan dimiliki anak, yaitu kecerdasan bahasa, kecerdasan logika matematika, kecerdasan visual spasial, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalis dan kecerdasan ekstensial. Sembilan kecerdasan ini sering disebut sebagai kecerdasan majemuk (multiple intelligence) hasil penelitian Dr Howard Gardner, Harvard University. Teori ini dapat digunakan sebagai bahan acuan kita dalam menggali minat dan bakat anak. Bisa saja seorang anak tidak cakap dalam berhitung tapi sangat lincah dalam gerak dan olah tubuhnya, sehingga ia sangat berbakat di kegiatan olahraga seperti senam.

4.     Beri ruang eksplorasi

Bila kita sudah mengetahui bakat dan minat anak, maka langkah selanjutnya  memberikan ruang tepat agar bisa mengekspresikan kemampuan. Mendekatkan anak dengan orang yang ahli dengan aktivitas yang ia sukai, bergabung dengan perkumpulan yang sesuai bakat dan minat anak adalah salah satu cara memberikan ruang gerak aktif bagi mereka. Selain itu, eksplorasi bakat dan minat anak juga bisa dilakukan dengan mengikuti berbagai perlombaan sesuai bakat dan minatnya sehingga anak akan semakin percaya dengan diri.

5.     Memberi dukungan positif

Hargai setiap usaha yang telah dilakukan anak. Keluarga dan lingkungan (teman, guru, tetangga) berperan besar dalam pemupukan minat dan bakat anak sejak dini. Dibutuhkan dukungan positif agar anak dapat mengembangkan bakat dan minatnya secara optimal. Bentuk dukungan bukan hanya secara materi namun terlebih perhatian dan waktu. Pujian atau apresiasi sederhana dapat memberikan dampak besar dalam mendukung anak mengembangkan minat dan bakatnya.

Nah buat kamu yang anak-anaknya  punya bakat unik di bidang tertentu bisa mengikuti Yupi’s Got Talent 2022.  Yupi’s Got Talent  2022 adalah sebuah wadah di mana setiap anak bisa mengekspresikan semua bakat dan talentanya. Kalau kamu suka menyanyi, menari, modelling atau apapun itu bisa kamu tunjukkan dalam ajang bergengsi ini! Karena Yupi percaya semua orang bisa jadi bintang!

Segera daftarkan diri sebagai member (sign up) tanpa dipungut biaya apapun di website Yupiland. Cukup dengan membeli variasi Paket Produk Yupi’s Got Talent (versi ‘Shine” atau “Bright” di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, JD.ID. Lazada, Tiktok Shop, Yupi Gummy Store di Yupiland seharga Rp. 15,000. Syarat Ketentuan Berlaku. Pastikan peserta mendapatkan kode unik di dalam box sebagai syarat registrasi.

Di versi Shine, ada Yupi ice cream cone dan cookies. Sedangkan di versi Bright ada Yupi milly moos dan little stars. Pada kemasan produk Yupi terdapat barcode yang dapat di scan untuk masuk ke website dan dapat mendaftar langsung atau bisa juga lewat yupiland.com/ygt/kode-unik

Kategori Kontes untuk Yupi’s Got Talent Junior adalah sebagai berikut :

  1. Singing (music dan genre apapun)
  2. Dancing (Single atau Group – Apabila Group disarankan maksimal 5 orang)

Dance yang ditampilkan termasuk Modern: Breakdance, Hip Hop, Ballet, Shuffle Dance, LED Dance & Tradisional)

  1. Music Performance (Untuk alat music yang disarankan : piano/organ, biola, gitar, saxophone dan alat music tradisional)
  2. Sport performance (Wushu, Cheerleading, Gymnastic serta sport lain yang dapat ditampilkan di panggung)
  3. Photo Contest
  4. Modelling
  5. Other Talents (baca puisi dan story telling)

Story telling dapat mempergunakan baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris

Adapun Kategori Kontes untuk Yupi’s Got Talent yakni sebagai berikut :

  1. Singing (music dan genre apapun)
  2. Dancing (Single atau Group – Apabila Group disarankan maksimal 5 orang)

Dance yang ditampilkan termasuk Modern: Breakdance, Hip Hop, Ballet, Shuffle Dance, LED Dance & Tradisional)

  1. Music Performance (Untuk alat music yang disarankan : piano/organ, biola, gitar, saxophone dan alat music tradisional)
  2. Sport performance (Wushu, Cheerleading, Gymnastic serta sport lain yang dapat ditampilkan di panggung)
  3. Other Talents (stand-up comedy, vloging dan bakat-bakat unik lainnya yang dapat ditampilkan di panggung). 

CARA IKUTAN YUPI GOT TALENT 2022

  1. Mendaftarkan diri sebagai member (sign up) tanpa dipungut biaya apapun di website Yupiland: www.yupiland.com lalu ke halaman pendaftaran: www.yupiland.com/ygt *Dalam hal ini untuk Yupi’s Got Talent Junior, dapat orang tua yang melakukan sign up member dengan data diri orang tua.
  2. Setelah selesai melakukan registrasi, masuk ke bagian halaman registrasi Yupi’s Got Talent dan isi data-data tambahan sebagai berikut:
  3. Masukkan kode unik yang ada dalam produk Yupi’s Got Talent
  4. Upload link video atau upload foto yang akan dilombakan sebagai syarat utama kepesertaan
  5. Siapkan Identitas diri / anggota seperti (KTP/Kartu Pelajar/Kartu Keluarga)

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *