Warna Jiwa di Lampu Pintar Philips Smart LED Connected by WiZ

Percaya nggak sih kalau jenis lampu kamar itu sangat mempengaruhi mood kita? Nah, aku mau ceritakan bagaimana cahaya di dalam kamar itu mengubah hidupku.

Beberapa waktu lalu, aku sempat mengalami periode sulit tidur di malam hari. Seorang teman kemudian memberikan opini, mungkin itu terkait penggunaan kamar tidur sebagai tempat kerja. Ya, itu benar. Sejak pandemi, memang segala sesuatunya berpusat di dalam kamar. Maklum, sebagai keluarga kecil, rumahku hanya punya 2 kamar. Satu kamarku dan istri. Satu kamarku dan anak. Kamarku tentu saja disulap menjadi tempat kerja juga. Dan begitu menempuh tugas belajar, di kamar juga aku menunaikan perkuliahan secara daring.

Setelah kubaca beberapa referensi lain, opini temanku itu benar adanya. Salah satu penyebabku menjadi sulit tidur adalah secara tidak langsung, kondisi psikologisku menganggap kamar bukan spesifik sebagai tempat tidur, sehingga kalau tidak capek-capek amat, ya aku akan sulit tidur. Padahal sebelumnya, aku termasuk tipe yang disiplin akan tidur sebelum pukul 11 malam. Namun, karena keadaan, aku baru bisa tidur setelah jam 2 malam dan itu melelahkan di keesokan paginya.

Sampai kubaca satu artikel, bagaimana cara menyiasati hal tersebut? Jawabannya adalah cahaya lampu.

Ternyata cahaya lampu itu punya peran yang luar biasa dalam kesehatan jiwa kita lho. Cahaya pada lampu mampu menciptakan suasana tertentu yang berpengaruh terhadap hati kita.

Misalnya, warna yang memiliki keseimbangan hijau akan cocok untuk relaksasi dan menyeimbangan emosi. Warna ini dapat memberikan rasa nyaman sekaligus mengurangi stres. Warna oranye ternyata dapat membuat kita lebih kreatif saat bekerja. Apabila kita tidak selera makan, warna oranye ini juga mampu meningkatkan selera makan kita lho. Sementara itu, jika kita ingin berkontemplasi pada diri, gunakan lampu dengan cahaya ungu. Warna ungu dianggap dapat menciptakan lingkungan yang meditatif. Bersama warna biru, warna ungu mampu membuat suasana lebih tenang dan terasa hangat. Jika ingin beristirahat, gunakanlah warna biru itu. Ada nuansa keleluasaan, kedalaman, kedamaian, dan ketenangan di dalam warna biru. Sementara itu, warna merah mampu meningkatkan semangat kita saat bekerja di dalam rumah lho.

Terus bagaimana solusi aplikatifnya? Apa kita perlu gonta-ganti lampu untuk menyesuaikannya dengan aktivitas kita?

Teman tersebut kemudian memberitahuku bahwa sekarang lampu sudah canggih dan merekomendasikan lampu dari Philips. Aku heran, perasaan, lampu-lampu di rumahku sudah pakai Philips. Ternyata bukan itu maksudnya melainkan Philips Wiz alias PHILIPS SMART LED CONNECTED by WIZ.

Karena aku kepo, segera aku cari informasi lebih lanjut mengenainya. Ternyata, ini tuh lampu pintar yang bisa dengan mudah diredupkan, diatur dan diubah warna cahayanya melalui aplikasi WiZ. Kita bisa mengubah warna lampu tanpa perangkat tambahan atau sakelar. 

Ternyata, Philips sudah mengetahui bahwa warna lampu itu ada hubungannya dengan kesehatan jiwa kita. Makanya, Philips mengembangkan teknologi Philips Smart LED Connected by WiZ guna meningkatkan produktivitas kerja, menyemarakkan suasana dengan ragam cahaya yang mencakup kebutuhan  fungsional dan keseruan di rumah.

Cukup beli lampunya, lalu unduh aplikasi WiZ, kita dengan mudah bisa mengatur dan mengontrol semua lampu di ruangan manapun melalui wi-fi dan dari jarak jauh melalui cloud. Nah, buat yang mau beli lampu ini, ada beberapa varian produk Philips Smart LED Connected by WiZ : 

  • Philips smart LED bulb, Tunable white & Color ambiance, semua watt 
  • Philips smart LED downlight, Tunable white & Color ambiance, semua watt
  • Philips smart LED light strip 
  • Philips Smart LED Decorative (ceiling, portable hero, squire, mobile portable and linear)
  • Philips Smart LED accessories (remote control, motion sensor and smart plug) 

Nah, yang kumiliki saat ini adalah Philip Smart LED Decorative yang berbentuk Linear. Philips Smart LED Connected by WiZ Linear Bar ini kubeli di Tokopedia. Jenis ini mampu memancarkan hingga 16 juta warna cahaya dan bisa dipasang dengan mudah di berbagai area kamar. Lampu ini mempunyai daya sebesar 5,5W max 400lm. Philips Smart LED Connected by WiZ Linear Bar ini merupakan lampu yang didesain nyaman bagi mata, memiliki koneksi langsung dengan WiFi, bisa menghasilkan warna asli dan dapat bertahan hingga 25.000 jam.

Nah, kalau sudah punya lampunya, tinggal sambungkan ke aplikasi WiZ.  Caranya mudah, setelah menyambungkannya dengan WiFi, kita hanya perlu lakukan cara setting smart lighting Philips WiZ:

  1. Jangan lupa unduh terlebih dulu aplikasi WiZ Connected di Playstore atau Google Play Store.
  2. Pasang dan hubungkan Philips Smart LED Connected by WiZ sesuai dengan aplikasi. Cukup ikuti langkah-langkah yang tertera di aplikasi pada smartphone agar dapat melengkapi proses set up.
  3. Kontrol sesuka kita dan rasakan pengalaman menggunakan smart lighting Philips sepenuhnya dengan menciptakan suasana yang diinginkan di rumah.

Terus terang, sejak menggunakan Philips Wiz, aku jadi bisa mengatur waktu tidurku kembali. Tinggal sesuaikan warna-warna lampu yang ada. Dan mood pun bisa terlayani dengan baik.

Lewat aplikasi Wiz, kita bisa memilih beberapa ambiance, antara lain warm white, daylight, cool white, night light, cozy, relax, plant growth, focus, TV time, custom color, sunset, club, fireplace, candle light, romance, pastel, spring, summer, bed time,  dan christmas.

Aku pribadi belum banyak mengeksplore ambiance-ambiance tersebut. Sejauh ini ya kepentingannya baru untuk bekerja dan tidur. Untuk bekerja, aku menyukai ambiance sunset. Banyak pekerjaan menulis yang kukerjakan malam hari. Dan rasanya, malam yang dingin jadi terasa hangat dengan ambiance tersebut. Ini juga sesuai dengan teori bahwa warna oranye dapat membuat kita lebih kreatif.

Tantangannya adalah, lampu ini belum kupasang permanen. Jadi masih dibawa-pindahkan (dalam artian, kadang kuletakkan di kasur, kadang di meja kerja, kadang di rak). Apalagi baru sebulan pindahan lagi ke Bogor, dan tata letak barang-barang di dalam rumah masih pabalatak. Sepertinya lampu linear bar ini akan ciamik ditaruh di sudut-sudut tertentu. 

Selain itu, anak-anakku kan masih kecil-kecil dan mereka kegirangan melihat lampu bisa berubah-ubah warnanya. Malah anakku yang suka memakainya untuk les bahasa Inggris via Zoom. Dalam waktu dekat mungkin, lampu kamar mereka akan kuganti juga dengan lampu pintar Philips yang berbentuk bohlam. Jadi mereka tidak usil lagi dan bergembira dengan warna-warni cahaya di kamarnya sendiri.

Draft Caption:

Tahukah kita, bahwa warna lampu sangat penting untuk menjaga mood kita? Nah, itu baru kusadari beberapa waktu lalu manakala aku mengalami kesulitan tidur. Kemungkinan sebabnya adalah begitu banyak aktivitas yang kulakukan di dalam kamar sehingga alam bawah sadarku kebingungan ini tempat tidur atau tempat bekerja. 

Salah satu cara menyiasatinya adalah dengan cahaya lampu. Tidak cukup hanya matikan lampu saat ingin tidur, tetapi lampu pintar yang memiliki berupa warna cahaya. Sejak aku menggunakan Philips Smart LED Connected by WiZ Linear Bar, aku tak lagi mengalami kesulitan tidur. Mood ku terjaga dengan aneka warna lampu yang bisa kuubah warnanya. 

Philips Smart LED Connected by WiZ memang punya 16 juta warna yang bisa berubah warna lampunya, dikontrol dengan mudah lewati aplikasi WiZ. Bukan hanya buat bekerja dan tidur, ke depannya, aku juga bisa menggunakan cahaya lain untuk kepentingan seru-seruan bareng anak-anak. Pembahasan lengkapnya ada di blogku ya.

Yuklah beralih ke lampu pintar/smart lighting dari @PhilipsLightingId.

#PhilipsSmartLEDConnectedbyWiZ #Wiz #PhilipsWiZ

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *