Tips Menulis Skripsi dari Okky Madasari

Hai, tahu kan siapa Okky Madasari? Beliau adalah seorang penulis fiksi yang pernah meraih penghargaan sastra Kusala Sastra Khatulistiwa (atau dulu bernama Khatulistiwa Literary Award). Sekarang, beliau menjadi kandidat doktor dari sebuah universitas di Singapura. Nah, berikut ini adalah tips menulis skripsi dari Okky Madasari:

Baca Dulu: Kutipan Terbaik Okky Madasari

Pilih Topik yang Dekat

Dekat dengan kita. Dekat dengan teori/konsep yang kita kuasai. Sumber referensinya dekat. Tempat penelitiannya dekat. Dekat hati dan fisik.

Bereskan Pertanyaan Penelitian

Kebingungan kita dalam mengerjakan skripsi seringkali karena kita belum tahu atau belum jelas apa yang mau dituju. Rumusan masalah yang tepat dan jelas akan menjadi panduan utama kita.

Cari Pembimbing yang Menguasai Topik

Banyak yang menyarankan untuk mencari pembimbing yang menyenangkan atau memudahkan. Menurut Okky, pembimbing yang menyenangkan atau memudahkan bisa disiasati dengan komunikasi yang efektif dan perjanjian di awal. Yang lebih utama adalah cari pembimbing yang menguasai topik.

Kerjakan Setiap Hari

Ini perkaran fokus dan konsistensi. Tak perlu menghabiskan waktu lama, sehari 3-4 jam saja cukup. Dengan ritme seperti ini, sangat mungkin skripsi selesai dalam satu semester, apa pun topiknya.

Tetap Idealis

Idealis tidak sama dengan menghabiskan waktu yang lama. Jangan memakai alasan “idealis” kalau penyebabnya ternyata karena malas atau bingung di tengah jalan. Idealis adalah tetap mengutamakan kualitas dengan mengutamakan standard penulisan ilmiah yang layak serta realistis sejak awal. Kembali ke tips pertama, ya.

Skripsi Bukan Segalanya

Skripsi hanyalah awal dari perjalanan selanjutnya. Karena itu, tetap fokus, segera selesaikan, dan move on!

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *