Cara Menentukan Jadwal Service Berkala Mobil Secara Tepat

Jadwal Service Berkala Mobil

Jadwal service berkala mobil secara tepat penting diketahui para pemilik mobil. Service berkala merupakan salah satu ritual yang mesti kamu lakukan untuk merawat kondisi mobil kesayangan yang kamu miliki.

Pasalnya, dengan service berkala, kamu dapat menjaga performa mobil supaya selalu dalam kondisi prima. Mobil yang selalu dalam keadaan prima, dapat mereduksi potensi masalah seperti mogok serta dapat membuat kamu merasa tenang selama dalam perjalanan.

Baca Dulu: Kenapa Harus Mengasuransikan Kendaraan?

Terjaganya performa juga membuat kamu dapat bekerja secara efisien. Dengan demikian, mobil kesayangan kamu pun menjadi lebih irit konsumsi bensin serta daya tahan komponen lebih terjaga.

Saat ini banyak bengkel resmi yang memberikan patokan untuk melakukan service berkala berdasarkan dua hal. Antara jarak tempuh atau waktu pemakaian, tergantung mana yang tercapai terlebih dahulu.

Inilah Cara Menentukan Jadwal Service Berkala Mobil

Kepemilikan kendaraan didasari dengan berbagai macam latar belakang. Salah satunya adalah kebutuhan akan transportasi sebagai menunjang aktivitas keseharian, bekerja, dan lain sebagainya.

Ketika menggunakan kendaraan, tentunya semua orang tidak menginginkan adanya suatu masalah terutama saat digunakan. Salah satu syaratnya ialah dengan melakukan service berkala pada mobil.

Pada saat melakukan service berkala mobil, sudah dapat dipastikan kamu akan selalu mempunyai performa yang lebih optimal, berkendara akan selalu aman dan nyaman, menghemat biaya, serta terhindar dari kerusakan tiba-tiba yang mengakibatkan adanya mogok di jalan.

Jadwal Service Berkala Mobil Berdasarkan Jarak Tempuh Tidak Relevan

Daya tahan dari mesin kendaraan dapat bertahan lama apabila melakukan service berkala mobil. Tidak hanya dilakukan secara rutin, akan tetapi service juga harus dilakukan sesuai dengan jadwal. Banyak alasan kenapa service harus dilakukan sesuai dengan jadwal.

Sebenarnya perhitungan service berkala berdasarkan jarak tempuh kendaraan saat ini sudah tidak relevan, terutama di kota besar. Lebih pasnya, perhitungan service berkala berdasarkan waktu pemakaian.

Jadwal service berkala mobil berdasarkan jarak tempuh, memiliki syarat jarak tempuh mobil untuk kembali ke bengkel dan melakukan service berkala adalah 10.000 km. Sedangkan pada kenyataannya, mesin mobil beroperasi jauh lebih lama dari waktu yang seharusnya.

Salah satu penyebab utamanya adalah macet yang mendera dalam setiap harinya. Padahal kamu menggunakan mobil hanya untuk pergi ke kantor atau mall saja. Secara teori, jarak tempuh 10.000 km dapat tercapai hanya dalam waktu 6 bulan pemakaian saja.

Akan tetapi faktanya, di kota besar, jumlah jarak tempuh tersebut bisa saja baru tercapai di atas 6 bulan yang disebabkan oleh macet yang berkepanjangan. Dengan mesin mobil yang terus menyala, maka komponen di dalam mesin bekerja sangat keras.

Mesin yang terus bekerja cukup keras tanpa memperoleh pendingin yang baik. Lalu juga kondisi mobil idle atau netral membuat campuran bensin dan udara tidak mendekati komposisi ideal. Adanya tumpukan karbon sisa pembakaran karena pembakaran tidak sempurna justru akan menempel pada ruang bakar serta komponen bergerak.

Kondisi ini dapat membuat performa mesin menurun, karena pembakaran bensin serta pergerakan komponen terhalang oleh kotoran. Dengan demikian, jadwal service berkala berdasarkan jarak tempuh dinilai sudah tidak relevan lagi.

Dengan kondisi seperti ini untuk menentukan jadwal service berkala dengan mengunakan waktu atau time-based yang menghitung internal service berkala yakni setiap 6 bulan sekali.

Jadwal Service Berkala Mobil yang Jarang Digunakan

Meskipun mobil jarang kamu gunakan, namun service berkala 6 bulan sekali tetap dilakukan. Pasalnya, saat mobil dalam kondisi diam, tetap terjadi proses oksidasi dari uap air yang berada di sekitar mobil. Seiring berjalannya waktu, air akan bercampur dengan oli mesin serta dapat merusak senyawa kimia oli.

Hal ini juga dapat terjadi pada cairan mobil lainnya seperti minyak kopling, minyak rem, serta oli transmisi. Komponen mobil yang tidak bergerak, juga sangat rentan diserang oleh masalah karat. Hal ini disebabkan dari adanya proses oksidasi lantaran tidak memperoleh pelumasan dari oli.

Selain itu, komponen berbahan karet juga akan menjadi getas dan mudah rontok begitu digunakan untuk kerja berat. Akan tetapi, jika mobil bekerja keras, maka pastikan mobil tersebut kamu service ketika jarak tempuhnya telah memenuhi syarat meski waktunya belum sampai ketentuan.

Artinya, apabila mobil yang kamu gunakan sudah mencapai jarak tempuh 10.000 km meskipun sampai dalam waktu 6 bulan pemakaian kamu tetap harus segera melakukan service berkala. Hal ini bertujuan untuk mengecek berbagai komponen penting pada mobil dari potensi kerusakan akibat pemakaian.

Seperti ban, rem, suspensi, dan lain sebagainya. Termasuk pada penggantian filter serta seting komputer mesin agar dapat kembali fit. Oleh karena itu, apabila mobil kamu lebih banyak digunakan di perkotaan dengan kondisi Stop and Go tinggi, maka sebaiknya menggunakan patokan waktu atau time based untuk menentukan interval service berkala.

Baca Juga: Cara Mengendarai Motor Gigi Mudah dan Aman Bagi Pemula

Layanan Perawatan Mobil Terpercaya

Untuk urusan perawatan atau service mobil, kamu dapat mempercayakan kepada Otoklix yang merupakan salah satu platform yang berfokus pada automotive aftermarket domain.

Penting kamu ketahui Otoklix bukan bengkel, akan tetapi salah satu platform untuk booking service dengan bengkel yang telah bermitra dengannya.

Saat ini Otoklix sedang mengadakan Blog Competition by Otoklix dengan hadiah hingga puluhan juta rupiah. Lomba tersebut mengusung tema “Otoklix sebagai partner service dan perawatan mobil terpercaya” dengan periode yang diperpanjang hingga 30 Juni 2021.

Melalui Otoklix layanan perawatan serta perbaikan mobil lebih transparan dan memudahkan. Segera booking jadwal service berkala mobil kesayangan kamu sekarang juga untuk membuat mobil tetap prima serta tahan lama.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *