Mau Main Game di TV? Begini Cara Main Game di TV!

Aku termasuk orang yang nggak bisa bermain game di layar yang kecil. Saat orang-orang keranjingan bermain game mobile di ponsel mereka, aku yang terbiasa memainkan game di layar yang lebih besar pun lebih memilih bermain game di TV. Ya, mau tahu cara main game di TV?

Dulu, sebelum punya Smart TV, aku memakai kabel HDMI. Setiap ada teman-teman datang ke rumah, kita hobi banget main Pro Evolution Soccer (PES). Kan nggak asik tuh kalau cuma main di laptop yang ukurannya cuma 12 inchi. Jadi, tinggal colokin kabel HDMI dari laptop ke televisi yang ukurannya 32 inchi, kita jadi bisa main dengan lebih puas. Tentu saja, televisi yang digunakan harus ada port HDMI-nya ya.

  1. Pastikan TV dalam keadaan mati
  2. Hubungkan Laptop dengan TV menggunakan kabel HDMI
  3. Nyalakan TV yang terhubung
  4. Buka menu HDMI pada TV
  5. Aktifkan pula HDMI Connection pada TV dan selesai

Nggak perlu beli kabel HDMI yang mahal-mahal kok, kita sudah bisa menghubungkan kedua perangkat tersebut. Pokoknya dijamin lebih seru kalau kita bermain game di layar yang lebih besar. Sambil ketawa-tawa mengolok-olok yang kalah dan menghabiskan camilan dengan teman-teman bakal berkesan banget deh.

Nah, itu dulu. Sekarang sih teknologi televisi sudah semakin berkembang. SMART TV memungkinkan kita melakukan banyak hal. Selama terhubung dengan internet, kita bisa streaming Youtube hingga main Game. Ya, ada juga alat tambahan untuk menjadikan televisi biasa menjadi android TV sehingga televisi kita bisa digunakan untuk menonton Youtube, menonton Netflix, dan lain-lain.

Nah, buat yang punya Smart TV, begini nih cara main game di TV:

  1. Nyalakan Smart TV dan masuk ke fitur pengaturan yang ada.
  2. Pada bagian Remote & Aksesori, pilih Gamepad.
  3. Buat yang menggunakan gamepad dengan teknologi Bluetooth, maka masuk ke fitur Tambahkan Aksesori.
  4. Akan muncul indikator bahwa kedua perangkat sudah tersambung.

Cara Main GameQoo di TV

Berbagai aplikasi Game yang biasanya hanya dimainkan di ponsel pun ikut menyesuaikan diri dan menjadi bisa dimainkan di televisi. Salah satunya adalah GameQoo. Ya, GameQoo kini membawa kabar baik karena sudah bisa juga dimainkan di televisi.

Mudah banget kok cara main game di TV dengan GameQoo. Teruntuk kamu yang sudah berlangganan Indihome, kamu sudah bisa main game di TV dengan GameQoo tanpa perlu menginstall apa pun. Cukup dengan menambah add on GameQoo di paket internet Indihome yang kita punya, kita sudah bisa main game di TV.

Cara bermain game di TV

  1. Pastikan Internet kamu menggunakan paket IndiHome dengan Set Top Box (STB).
  2. Temukan aplikasi gameQoo di USee Store
  3. Pilih dan berlangganan paket ultimate

Biaya berlangganannya cuma 99 ribu lho. Itu sudah termasuk lisensi game, tanpa perlu beli game atau box console tambahan. Jumlah gamenya juga nggak segitu-gitu aja. Tiap bulan ada penambahan sebanyak 3-5 game yang bisa kamu mainkan dengan berbagai genre. Seru deh, nggak bikin bosan. Sudah gitu, game progress yang kita mainkan juga tersimpan di memori Cloud akun masing-masing. Jadi nggak perlu khawatir akan hilang. Kalau capek, kita bisa simpan dan lanjutkan lain kesempatan.

Sayangnya, layanan ini baru tersedia untuk pelanggan Indihome di wilayah Banten, Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Berdoa saja, layanan ini segera diperluas ke wilayah lainnya. Asik kan kalau tiap ketemu kawan, daripada basa-basi nanya kapan kawin, berapa gaji, anak sudah berapa, kapan nambah anak lagi, dan pertanyaan semacam itu lainnya, mending duduk di depan televisi lalu main game bersama-sama mengenang keseruan masa muda. Yang kalah push up!

Ya, bermain game memang akan selalu menjadi rutinitas yang begitu menyenangkan. Tapi memang ada yang bikin kurang puas kalau main di ponsel. Kekurangan melihat tampilan di smartphone adalah ukurannya yang kecil sehingga ada beberapa aktivitas seperti menonton video yang membutuhkan layar lebih besar agar bisa disaksikan lebih besar. Untunglah, sekarang sudah ada solusinya dan dengan main game di televisi kita bakal jadi lebih puas. Yuk, main game bareng aku!

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *