Tips Cerdas Mengelola Keuangan dengan Tabungan Online

C:\Users\alini\Documents\New Project\Indonesian Writer\2022\Januari\281.jpg
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pengusaha-pria-orang-sesuai-684385/ 

Memiliki kemampuan mengelola keuangan merupakan kecerdasan yang tidak dimiliki semua orang. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan ialah dengan memiliki tabungan online.

Sayangnya tidak semua orang senang menabung, padahal dengan menabung bisa menjadi sebuah awal yang baik dalam proses pengelolaan keuangan. Generasi muda saat ini lebih senang dengan gaya hidup konsumtif. Kebanyak dari mereka belum memikirkan kebutuhan di masa mendatang. 

Tentunya ini sangat mengkhawatirkan, apalagi jika mengingat harga properti dan kebutuhan pokok yang semakin melambung tinggi.  Bagaimana jadinya jika generasi muda masih belum mampu mengelola keuangannya.

Baca Dulu: Belajar Mengelola Keuangan demi Kebebasan Finansial

Tips Cerdas Mengelola Keuangan dengan Tabungan Online

Memiliki kecerdasan dalam mengelola keuangan merupakan sebuah bekal penting dalam menghadapi masa. Jika kamu sudah memiliki bekal yang cukup, kamu tidak akan pontang-panting saat keuangan sedang turun. Untuk itu, berikut kami berikan beberapa tips cerdas dalam mengelola keuangan.

  1. Buka Rekening Tabungan Online

Satu langkah kecil tetapi berdampak besar dalam mengelola keuangan ialah membuka rekening tabungan. Saat ini sudah banyak tersedia layanan buka rekening secara online yang cocok untuk generasi muda.

Pengajuan rekening online tidak akan menghabiskan banyak waktu. Prosesnya pun bisa dilakukan dimana saja sehingga tidak akan menyita banyak waktu. Proses pendaftaran bisa langsung dilakukan hanya melalui smartphone bermodalkan kuota internet dan jaringan stabil.

Hal ini sangat cocok dengan generasi milenial yang suka dengan hal-hal praktis dan serba online. Dengan kemudahan ini, kamu harus bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

  1. Buat Rencana Anggaran Keuangan

Menyusun rencana anggaran keuangan sangat kamu perlukan dalam mengelola keuangan. Kamu bisa membuat rancangan anggaran dengan menggunakan rumus 50/30/20. Rumus ini cukup efektif untuk mengelola keuangan.

50% pendapatan bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. 30% pendapatan bisa kamu gunakan untuk memenuhi gaya hidup, termasuk membayar hutang. Sementara itu, 20% pendapatan bisa kamu alokasikan ke tabungan online. Dengan begitu, keuangan kamu menjadi lebih teratur.

  1. Sisihkan 10% Pendapatan

Jika kamu masih merasa nilai 20% terlalu berat untuk disisihkan ke dalam tabungan online, kamu bisa memulainya dari nilai yang lebih kecil. Namun, menurut para ahli sangat dianjurkan setidaknya kamu menyisihkan sebanyak 10% dari pendapatan untuk bisa disimpan di tabungan online.

Jika jiwa konsumtif kamu masih tinggi, pasti kamu merasa nilai 10% ini tidak ada apa-apanya. Ingat, menabung adalah kegiatan untuk mempersiapkan masa mendatang. Jadi, tidak perlu terburu-buru ingin mendapatkan jumlah yang besar karena yang terpenting adalah konsistensinya.

  1. Hindari Pinjaman

Untuk menghindari pengelolaan keuangan yang berantakan, sebaiknya kamu menghindari pinjaman. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang. Jika kamu sudah bisa mengurangi pengeluaran yang kurang penting, pasti bisa terhindar dari pinjaman.

Kalau memang suatu hari kamu terjebak dalam keadaan yang mendesak, sebaiknya jangan meminjam dengan besar angsuran yang tidak mampu kamu bayar. Pastikan kamu tetap konsisten dengan rumus 50/30/20 agar keuangan kamu bisa tetap stabil.

  1. Investasi

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mengembangkan uang yang selama ini kamu simpan di tabungan online. Saat ini sudah hadir berbagai jenis instrumen investasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan tingkat risiko yang kamu inginkan.

Jika kamu sudah memiliki tabungan dengan nilai yang cukup besar, kamu bisa mencoba untuk mengalihkan uang tersebut ke deposito agar mendapatkan keuntungan sedikit lebih besar.

Dengan berinvestasi, kamu bukan hanya menimbun uang tabungan kamu dalam rekening. Tetapi juga mengembangkan nilainya agar bisa terus berkembang dan tidak termakan biaya administrasi.

Baca Juga: Review Buku Bijak Mengelola Keuangan Keluarga

Bikin Tabungan Online Bersama PermataME

C:\Users\alini\Documents\New Project\Indonesian Writer\2022\Januari\282.jpg
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-smartphone-buku-catatan-kantor-3944403/ 

Setelah mengetahui tips-tips mengatur keuangan, kini saatnya kamu mulai mempraktekannya. Dimulai dari tips pertama, yaitu bikin tabungan online bersama PermataME. PermataME dibuat khusus untuk membantu anak muda dalam memenuhi gaya hidup dan mengelola keuangannya dengan menawarkan berbagai keuntungan. Apa saja?

  • Pengajuan yang Mudah dan Praktis

Proses pengajuan yang mudah dan praktis, cocok sekali untuk kaum muda yang tidak suka dengan hal-hal yang ribet. Kamu bisa melakukan pengajuan bikin tabungan online hanya melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X.

  • Banjir Cashback

Sesuai dengan janjinya, yaitu memberikan keuntungan untuk kaum muda. PermataME menawarkan banyak cashback untuk nasabahnya. Mulai dari cashback transaksi transportasi online 10%, cashback belanja online 20%, hingga ngopi dan nonton pun nasabah akan mendapatkan cashback 30%. Wow! Hemat bukan?

  • Bebas Biaya Penarikan

Biasanya kamu merasa khawatir uang dalam rekening tabungan terpotong pada saat tarik tunai di ATM, kini tidak lagi! PermataME membebaskan biaya tarik tunai yang dilakukan melalui ATM berlogo VISA/PLUS dengan saldo minimal Rp1 juta sebelum transaksi, baik itu ATM nasional ataupun internasional.

  • Desain Kartu Debit Eksklusif

Bosan dengan desain kartu ATM yang begitu-begitu saja? Tenang, PermataME menawarkan desain eksklusif yang dirancang khusus untuk semua nasabah PermataME. Ayo jadi bagian dari salah satunya untuk memiliki kartu debit ATM eksklusif ini.

  • Bebas Biaya Transfer dan Administrasi

Apakah kamu sudah tahu jika buka rekening PermataME bebas biaya administrasi. Kamu juga bisa bertransaksi tanpa khawatir ada biaya tambahan melalui PermataMobile X, PermataNet, dan PermataATM.

  • Promo Eksklusif

PermataME benar-benar ingin membuat generasi milenial kalap dengan promonya. Bagaimana tidak? Selain mendapatkan promo cashback, kamu juga berkemungkinan akan mendapatkan berbagai promo eksklusif dari merchant-merchant ternama.

Cari produk tabungan yang cocok untuk memenuhi gaya hidup anak muda? Buka tabungan online PermataME aja! Promo cashback-nya banyak, dan bebas biaya transfer, lho!

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *