Perjalanan ke Curug Tilu Leuwi Opat di Bandung Barat

Kalau ke Bandung, jangan lupa kunjungi Curug Tilu Leuwi Opat. Letaknya di Bandung Barat. Tak begitu jauh dari pusat kota Bandung, hanya sekitar 18 kilometer. Perjalanan ke sana singkat rasanya apabila menggunakan sepeda motor. Kalau pakai mobil, ya siap-siap macet saja kalau hari libur.

Curug Tilu Leuwi Opat tepatnya berada di Parongpong. Di Parongpong banyak sekali tempat wisata. Di dekat Curug Tilu Leuwi Opat sendiri ada Ciwangun Indah Camp, Curug Cimahi, Curug Bugbrug, Curug Cipanas Nagrak, dan Dusun Bambu. 

Asal Nama Curug Tilu Leuwi Opat

Nah, kenapa dinamakan Curug Tilu Leuwi Opat, karena awalnya ada tiga curug dan empat leuwi di sana. Tiga curug itu ialah Curug Tilu, Curug Citulang, dan Curug Cilaki. Empat leuwi itu ialah Leuwi Kecapi, Leuwi Bagong, Leuwi Baeud, dan Leuwi Gentong. Di sana juga terdapat Goa Lalay dan Goa Toke.

Leuwi Kecapi

Saat aku kemari, aku tidak mengunjungi goa. Leuwi yang kutahu pun cuma Leuwi Kecapi dan sempat berfoto di sana. Leuwi yang lain mungkin aku lewati, namun aku lebih berfokus pada perjalanan treking menuju ujung ke Curug Tilu.

Curug Cilaki pun aku tak tahu di mana, mungkin karena saking kecilnya jadi tak kuanggap. Yang kutemui malah Curug Gelosor di dekat Curug Citulang yang juga dilabeli sebagai Curug Putri.

Curug Gelosor
Curug Gelosor

Curug Citulang

Curug Citulang


Perjalanan treking di sini sungguh seru. Kira-kira 40 menit perjalanan melintasi hutan dan sungai. Banyak sekali tempat foto yang instagramable. Aku treking bersama istri dan kedua anakku. Kami pun sangat menikmati perjalanan.

Beberapa kali kami berpapasan dengan orang yang sedang memancing, komunitas fotografi, pencinta serangga, dll. Udara yang sejuk membuat perjuangan menanjak dan menurun tak begitu terasa.

Tak lama kemudian, sampailah kami ke Curug Tilu yang menjadi ujung perjalanan kami hari itu. Curug Tilu mempunyai kolam yang sangat luas. Sayangnya, aku memutuskan untuk tak berenang. Airnya dingin sekali. Kupikir-pikir nanti perjalanan pulang butuh stamina yang lebih. Selain memang, berbahaya. Dalam.

Curug Tilu
Curug Tilu

Di curug tilu ini ada dua pondokan tempat berisitirahat yang menjual minuman dan bala-bala. Lumayan untuk mengisi perut. Segelas kopi panas pun menghangatkan tubuh.

Flying Fox di Lokasi Curug Tilu Leuwi Opat

Selain perjalanan alam, Curug Tilu Leuwi Opat juga dilengkapi berbagai fasilitas permainan untuk anak-anak. Hanna, anakku, sempat mencoba flying fox. Memang tinggi sekali, tapi Hanna tidak mengenal rasa takut. Aku saja yang melihatnya deg-degan.

Selain curug di atas, ada juga curug yang baru dibuka beberapa tahun yang lalu dan ngehits di instagram. Namanya Curug Aseupan. Curug ini memang indah nian dan sudah pernah kukunjungi juga. Ke Curug Aseupan tidak perlu berjalan terlalu jauh. Letaknya tak jauh dari Leuwi Kecapi. Paling 300 m dari gerbang.

Oh iya, lupa, tiket masuknya 10.000 ya. Khusus ke Aseupan, kita bayar lagi 10.000. Itu udah bonus mas yang jaga, mau fotoin kita.

Jadi, indah bukan? Kapan kamu ke sini?

Rekomendasi Transportasi

Bagi kamu yang berwisata bersama teman-teman atau keluarga, dan kepengen menyewa mobil demi kenyamanan perjalanan, Dirgantara Car Rental adalah perusahaan sewa mobil di Bandung dengan 30 tahun pengalaman. Di situsnya kamu bisa memilih jenis mobil sesuai kebutuhanmu dan bisa juga tanya-tanya ke pengelolanya via WhatsApp.

 

 

 

 

 

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

23 Comments

  1. Yay keren curug – curugnya jadi penasaran banget pengen ikitan treking ke sana.Semoga bisa tercapai

  2. Cukup murah ya tiket masuknya. Kalau flying fox nya bayar berapa mas? Oh ya kalau dari terminal Leuwi panjang jauh bgt ya kayanya

    1. Memangnya dari mana kok bisa dari leuwi Panjang dulu? Leuwi Panjang ke Dago sekitar 10 km ya. Jadi ya berarti 28 km. Flying foxnya 30 ribu, dapat 2 jalur.

  3. Saya itu sudah lama pengin ke curug, Mas Pring. Dan di Kebumen juga banyak. Hanya kan curug itu kadang jalannya jauh, dan saya belum menemukan teman atau kelompok yang akan trip bersama ke curug.
    Dan curug Tilu Leuwi Opat ini keren sekali ya, Mas. Sudah digarap dengan baik. Makanya jadi tempat wisata yang menyenangkan dan seru. Aah.. semoga bisa segera ke sana.

    1. saya bahkan pernah sendirian mas ke curug, dan paling sering cuma berdua. Di Kebumen saya sudah ke Curug Leses dan Gemawang.

  4. Di Jawa Barat emang banyak curug curugnya, apalagi di daerah saya, di Bogor. Curugnya banyak dan indah-indah. Curug Tilu leuwi opat ini juga indah.

    1. kalau di bogor lebih dari 20 curug sudah saya kunjungi kak

  5. Tempatnya asri banget ya. Bikin betah. Namanya rata-rata Curug semua ya? Belakang saja yang beda-beda. Apakah kata Curug ada artinya?

    1. curug itu air terjun, kak

  6. Mas, sering banget ya ke curug . Biasanya dapet info kayak gitu dari mana ya? Keren keren tempatnya

  7. Main-main ke curug itu memang nyenengin banget, sih. Pemandangan alam dapat, udara bersih dan segar dapat, kebersamaan dengan keluarga juga iya, daaan tiketnya murah, huehehe …

  8. Wow, indah sekali. Banyak juga ya curug di Parongpong. Dulu tinggal di Bandung malah nggak main-main ke curug-curug ini. Perlu dijadwalkan ah, supaya bisa menikmati keindahan alam dan gemericik air.

  9. Ga pernah tahu loh tentang adanya tempat wisata ini, padahal sering ke bandung, mana tempatnya bagus banget, next trip ke Bandung, mau cobain trip kesana

  10. Keren ya sambil menikmati keindahan curug bisa fliying fox-an. syuka banget dengan pemandangannya bikin hati adem.

  11. Ya ampun indah banget ya itu semua curugnya, masih asri nan hijau banget, dan baru tahu ada 4 curug yang indah ini di Bandung, semoga next liburan bisa ke sana

  12. Ternyata Bandung mempunyai banyak Curug yac, dari yg Curug kecil sampai Curug yg besar. Insyaallah aku dan teman ke sanalah…

  13. Aakk mauu, tp kapan yaa bs ke Curug Tilu Opat. Suka banget dg pemandangannya, masuknya cm 10k eh ada bonus bs difotoin mas yg jaga lg, hehe. Mantul

  14. Bandung memang menyimpan sejuta pesona keindahan. Keren banget curugnya pemandangannya bagus memanjakan. Sejuk segar. Suatu saat pengen juga kesitu 😍

  15. Keren ih, treknya aku suka banget. Jadi perjuangan dulu baru tiba ke lokasi tujuan. Pas tiba lokasi, rasa lelah akan terganti rasa puas

  16. Percaya sih kalau Curug di Bandung bagus-bagus. Tempat relaksasi yang begitu menyegarkan ya dekat dengan alam semacam curug tilu leuwi opat ini.

  17. Indah banget Mas. Ini di Bandung kan?
    Nanti insya allah kalau ke tempat sepupu aku, mau mampir ke curug ini deh. Apalagi ada flying fox’a jadi bisa menyatu dengan pesona alam yang ada*

  18. Sudah pernah dulu camping dan ospek disini. Asli luar biasa dinginnya. Dan suasana enak buat healing movement.

  19. Kirain curug tilu deket ama caringin tilu mas, hehe.. Daerah bandung memang banyak curugnya ya mas. Bisa bawa anak2 utk dekat dengan alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *