Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Payroll Software Terbaik

Dalam beberapa tahun terakhir terutama sejak pandemi, aplikasi payroll online semakin banyak dibutuhkan perusahaan. Seluruh bisnis mulai beralih ke teknologi digital untuk memantau dan sebagai media absensi karyawan yang bekerja dari rumah.

Di samping itu, semakin banyak juga perusahaan yang mengembangkan software untuk memudahkan operasional bisnis dan administrasi kantor. Salah satu yang banyak dicari adalah aplikasi absensi dan software payroll seperti LinovHR.

Aplikasi tersebut banyak dimanfaatkan untuk mengelola penggajian karyawan agar lebih ringkas dan tidak butuh waktu lama. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan gaji yang diterima karyawan langsung masuk ke rekening secara otomatis, sehingga pihak HR tidak harus lagi membayarkan gaji karyawan secara tunai.

Adanya sistem payroll ini juga memudahkan karyawan untuk melihat rincian gaji secara online. Dengan demikian, secara tidak langsung software payroll mendukung manajemen untuk menciptakan budaya transparan antara perusahaan dengan karyawannya.

Sebelum Anda memilih payroll software Indonesia yang tepat untuk perusahaan Anda, ketahui dulu jenis-jenisnya berikut ini.

Jenis Payroll Software

Perlu Anda tahu bahwa ada banyak jenis software payroll yang bisa digunakan untuk perusahaan, diantaranya payroll service, payroll cloud, dan payroll hosted.

Payroll service adalah jenis software yang paling sering dipakai karena seluruh data perusahaan langsung disimpan dalam servernya sendiri. Jenis layanan payroll ini tidak melibatkan pihak ketiga sehingga data karyawan tersimpan lebih aman. Namun, perlu perencanaan yang matang karena kelancaran sistem tergantung dari kemampuan perusahaan untuk mengoperasikannya. Selain itu, pihak HR juga harus dapat menggunakannya dengan baik.

Lalu yang kedua, yaitu payroll hosted yang memanfaatkan pihak ketiga untuk menyimpan data. Walaupun lokasinya hostnya jauh, tapi perusahaan masih dapat mengakses data tersebut melalui perangkat di kantor. Kelebihan dari sistem ini adalah perusahaan tidak perlu lagi membuat software dan server sendiri.

Kemudian jenis cloud payroll merupakan sistem payroll yang menggunakan cloud sebagai media penyimpanan datanya. Cloud bisa diakses melalui internet dan biasanya data tersebut dikelola langsung oleh pemberi layanan payroll. Selanjutnya pihak perusahaan hanya perlu login ke aplikasi sehingga penggunaannya lebih mudah dan praktis.

Cara Mengoperasikan Software Payroll

Beberapa penyedia layanan payroll menawarkan sistem kerja yang mudah dan praktis. Inilah mengapa banyak perusahaan yang memanfaatkan software payroll dengan bantuan pihak ketiga. Kemudahan yang disediakan jadi cara paling mudah untuk meningkatkan kualitas kinerja tim HR.

Namun, satu-satunya software yang tak hanya menawarkan kemudahan tetapi juga kelengkapan untuk menangani segala kompleksitas administrasi kantor dan tingkatkan produktivitas karyawan adalah LinovHR.

Cara memulai kerjasama dengan LinovHR pun sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengunjungi website resmi LinovHR.

LinovHR menawarkan berbagai macam layanan dan fitur canggih termasuk aplikasi absensi karyawan yang memudahkan perusahaan memantau kehadiran karyawannya. Aplikasi absensinya ini mampu mencegah kecurangan oleh karyawan nakal, seperti anti fake GPS dan mampu mendeteksi ponsel dalam keadaan jailbreak.

Kini Anda tak perlu bingung lagi memilih software payroll yang tepat, bukan!

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *