Perawatan untuk Rambut Kering Bagi Traveler

Perawatan untuk rambut kering

Perawatan untuk rambut kering dibutuhkan banget buat traveler. Masalah rambut sering mengena traveler karena teriknya matahari, apalagi yang bermain air di pantai, Apalagi tinggal di Indonesia, potensi rambut mengalami kekeringan lebih tinggi dibanding jika kita tinggal di negara empat musim. Paparan sinar matahari yang ekstrim merupakan salah satu penyebab rambut kasar yang utama.

Secara umum, rambut menjadi kering karena kurangnya produksi minyak yang dibutuhkan oleh rambut untuk membuatnya tetap lembap. Kondisi ini kerap diikuti oleh kulit kepala yang ikut mengering juga. Pada kondisi parah, kulit kepala yang mengering akan mengelupas dan menyebabkan ketombe. Saat kekurangan minyak, lapisan luar rambut mengelupas sehingga membuat rambut tampak kering dan kusam. Tentu saja beberapa hal lain menyebabkan rambut kering.

Penyebab Rambut Kering

Cara Keramas yang Salah

Percaya atau nggak, kesalahan umum yang kerap dilakukan adalah keramas terlalu sering. Ada beberapa jenis rambut yang dapat dengan mudah kehilangan kelembapan alaminya hanya dengan keramas setiap hari.

Tambahan lagi, menggunakan shampoo yang tidak sesuai kebutuhan juga dapat memperbesar potensi frizzy hair karena luruhnya minyak alami rambut setiap keramas.

Klorin pada Air.

Kalau sering berenang, besar kemungkinan air kolam renang yang kita berenangi mengandung klorin. Zat ini umum digunakan untuk membunuh bakteri. Namun di sisi lain, klorin dapat membuat rambut menjadi kering, berbau, dan bahkan meluruhkan warna rambut.

Pemakaian Alat Styling Berlebihan.

Apakah kamu menata rambut dengan hairdryer, catokan rambut (flat iron), atau curling wand setiap hari? Jika ya, kita harus menghentikan kebiasaan ini, atau setidaknya mengurangi frekuensi pemakaiannya. Panas yang ditimbulkan dari alat styling dapat merusak rambut dengan parah dan menjadi penyebab rambut kering.

Malnutrisi

Kalau akhir-akhir ini kita sedang menjalani diet ekstrim yang memangkas sebagian besar porsi makan dan nutrisi, segera ubah pola dietmu sebelum kondisinya semakin parah. Malnutrisi tidak hanya membawa pengaruh buruk pada rambut, namun juga pada beberapa anggota tubuh lain. Kulit bisa menjadi pucat dan bibir pecah-pecah.

Penyakit Tertentu.

Rambut kering dan rusak adalah satu dari sekian banyak gejala yang disebabkan oleh penyakit tertentu seperti Sindrom Menkessebuah kondisi genetik langka yang menyebabkan sel-sel dalam tubuh tidak dapat menyerap zat besi.

Ada pula Hipoparatiroidisme yang menyebabkan kelenjar di leher menghasilkan terlalu banyak hormon paratiroid yang dapat menurunkan kadar kalsium dalam darah. Penyakit lain yang juga berpotensi besar menjadi penyebab rambut rusak adalah Hipotiroidisme yang bisa mengakibatkan kelenjar tiroid tidak menghasilkan hormon tiroid sebanyak yang dibutuhkan tubuh. Rambut kering dan rapuh menjadi salah satu gejala awal kondisi ini.

Perawatan untuk Rambut Rontok

PILIH BAHAN YANG TEPAT

Cara merawat rambut kering yang pertama adalah dengan memperhatikan bahan yang ada pada produk rambut yang digunakan. Anda perlu menggunakan produk yang mengandung bahan seperti pisang, shea butter, minyak zaitun, minyak argan, atau minyak kelapa, yang memiliki kemampuan untuk melindungi kelembapan pada rambut serta menutrisi rambut.

HINDARI BAHAN YANG MEMICU RAMBUT SEMAKIN KERING

Salah satu tips merawat rambut kering, yaitu jangan gunakan produk rambut yang mengandung silikon dan alkohol. Silikon sendiri dapat menghalangi penyerapan nutrisi dan kelembapan yang dibutuhkan oleh rambut. Sementara untuk alkohol dapat membuat rambut ‘dehidrasi’. Produk rambut yang mengandung sulfat juga dapat membuat rambut menjadi lebih kering karena menghilangkan minyak alami pada kulit kepala dan rambut. Sebaiknya gunakan produk rambut yang mengandung bahan organik dan tentunya dapat merawat rambut yang kering dengan kandungan pelembap.

HINDARI MENCUCI RAMBUT TERLALU SERING

Cara mengatasi rambut kering selanjutnya, yaitu tidak mencuci rambut setiap hari. Mencuci rambut terlalu sering dapat menyebabkan hilangnya minyak alami pada kulit kepada dan rambut. Hal ini justru membuat rambut tambah kering dan menjadi rapuh. Agar rambut tidak kering, Sebaiknya cucilah rambut setiap 2-3 hari sekali untuk mempertahankan minyak alami di rambut Anda.

GUNAKAN MASKER RAMBUT

Pemakaian masker rambut juga dapat dijadikan salah satu cara merawat rambut kering. Penggunaan masker ini bertujuan untuk melembutkan rambut kasar dan menambahkan kelembapan. Disarankan untuk menggunakan masker rambut setidaknya 1 hingga 2 kali dalam seminggu. Cara menggunakannya, oleskan masker ke rambut Anda setelah keramas, kemudian ratakan masker ke seluruh rambut dan biarkan selama 20 hingga 30 menit sebelum dibilas. Anda dapat membuat masker rambut sendiri dengan bahan-bahan alami atau bila tidak ingin repot, Anda dapat menggunakan masker rambut yang ada di pasaran. Sesuaikan cara perawatan rambut kering dengan masalah rambut Anda.

GUNAKAN SAMPO DAN KONDISIONER DENGAN BENAR

Perawatan rambut kering juga sangat bergantung pada penggunaan sampo dan kondisioner rambut. Saat Anda sedang menggunakan sampo, cara mengatasi rambut kering yang benar adalah dengan membersihkan seluruh rambut dan kulit kepala pada bilasan pertama dan pada bilasan kedua sebisa mungkin untuk menggunakannya pada bagian akar rambut saja. Hal ini dikarenakan minyak pada rambut terkonsentrasi di sana. Untuk pemakaian kondisioner gunakanlah di ujung rambut dan hindari pangkal rambut, karena akar rambut dapat menjadi berminyak.

POTONG UJUNG RAMBUT

Cara merawat rambut kering yang terakhir adalah memotong ujung rambut secara rutin untuk membuat tampilan rambut menjadi lebih sehat. Sebab, salah satu ciri dari rambut kering adalah ujung rambut yang kering atau bercabang. Sebagai cara agar rambut tidak kering, disarankan untuk melakukan pemotongan ujung rambut tiap dua hingga tiga bulan sekali di salon.

Baca juga tips-tips lain berikut ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *