Cara Menghilangkan Noda Karat yang Membandel

Baju Hanna kotor banget. Apalagi ini bajunya yang berwarna putih. Mungkin Hanna keasikan mainan ayunan dari besi. Di bajunya ada karat. Gimana ya cara menghilangkan noda karat yang membandel?

Sebelum itu, kita harus yakin betul bahwa noda tersebut adalah noda karat. Soalnya warna noda karat mirip dengan warna noda makanan dan minuman, seperti gula merah, karamel, teh, dan kopi. Kalau bukan noda karat, berarti relatif lebih mudah dihilangkan.

Cara Menghilangkan Noda Karat

Cara Menghilangkan Karat di Baju

Memang sih, di pasaran ada yang menjual cairan khusus untuk menghilangkan karat di baju. Biasanya dalam produk tersebut, terkandung zat asam oxalic acid atau hydrofluoric acid. Dari sini kita sebenarnya bisa tahu kalau karat itu lemah terhadap zat asam.

Nah, jika kita menggunakan produk cairan penghilang karat tersebut, ada baiknya kita melakukannya secara hati-hati demi keselamatan kita dan juga pakaian yang dicuci! Ikuti betul-betul petunjuk pemakaian yang disarankan pada label kemasan produk, jangan lupa kenakan sarung tangan karet untuk menghindari kontak langsung dengan kulit, serta kenakan masker hidung dan mulut untuk mencegah menghirup uap produk. Kemudian, cuci pakaian dengan deterjen untuk menghilangkan sisa-sisa produk cairan penghilang karat dan bilas baju beberapa kali.

Cara Menghilangkan Noda Karat dengan Lemon

Menghilangkan Noda Karat dengan Lemon

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda karat adalah lemon atau perasan jeruk lemon. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Di bagian kecil yang tersembunyi pada pakaian yang bernoda, taburkan garam halus. Teteskan perasan jeruk lemon di atas garam tersebut untuk mengetahui apakah terjadi perubahan warna kain atau tidak. Jika perubahan warna kain terjadi, hentikan proses menghilangkan noda karat ini.
  2. Bentangkan bagian yang bernoda di atas permukaan datar.
  3. Tutup bagian kain yang bernoda karat dengan lapisan garam halus.
  4. Teteskan perasan jeruk lemon di atas lapisan garam tersebut secara merata.
  5. Biarkan lapisan garam basah tetap berada di atas noda dan diamkan pakaian langsung di bawah sinar matahari selama 30-60 menit.
  6. Ulangi langkah ini beberapa kali hingga noda karat hilang.
  7. Masukkan pakaian ke dalam mesin cuci dan tambahkan deterjen. Cuci pakaian seperti biasa untuk memudarkan residu noda. Ikuti petunjuk pada label perawatan pakaian dan gunakan deterjen sesuai takaran yang dianjurkan.
  8. Keringkan pakaian.

Cara Meghilangkan Noda Karat dengan Cuka Putih

Cara menghilangkan noda karat dengan cuka putih

  1. Alasi bagian baju yang ternoda dengan handuk;
  2. Basahi kapas atau kain lembut menggunakan cuka putih;
  3. Tepuk-tepuk kapas basah pada noda untuk melembapkan bagian baju yang ternoda;
  4. Tutup noda dengan lapisan tipis garam dapur;
  5. Gosok perlahan menggunakan jari untuk mencampur garam dan cuka putih untuk memudarkan noda karat;
  6. Jemur baju di bawah sinar matahari tanpa membilasnya terlebih dahulu. Posisikan bagian yang ternoda menghadap matahari;
  7. Setelah kering, cuci kembali baju seperti biasa menggunakan mesin cuci dan deterjen.

Beberapa Kesalahan dalam Mencuci Noda Karat

  • Pemakaian penghilang noda baju yang mengandung klorin—misalnya pemutih klorin—tidak dianjurkan karena produk ini justru akan membuat noda karat menempel semakin kuat di serat-serat kain.
  • Mencuci dengan air panas tidak menghilangkan noda karat. Justru sebaliknya, air panas malah menguatkan noda karat yang melekat di pakaian.
  • Begitu pula dengan pemanas. Pemanas tidak menghilangkan noda karat.

Demikianlah tips yang bisa saya bagikan agar cepat menghilangkan noda karat yang membandel di baju kita atau anak-anak kita yang biasanya bermain sesukanya. Semoga saja tips-tips tersebut bermanfaat dan dapat dipraktikkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *