Manfaat Olahraga Badminton bagi Kesehatan

Percaya atau nggak, berkat olahraga badminton, berat badanku bisa turun 8 kilogram dalam waktu sekitar sebulan? Hal itu terjadi tatkala aku memutuskan keluar dari ITB lebih dari satu dekade lalu. Saat itu, karena stress, berat badanku naik menjadi 68 kg dari semula 54 kg. Setiap malam aku makan mie dan cokelat. Saat pulang, hampir tiap sore aku ikut main badminton di lapangan dekat rumah. Hasilnya, berat badanku kembali ke 60 kg dalam proporsi yang lebih baik. Ya, manfaat olahraga badminton memang baik bagi tubuh kita. Apa lagi manfaat olahraga badminton yang harus kamu tahu?

Manfaat Olahraga Badminton bagi Tubuh Kita

Olahraga badminton memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Meski hanya bermain 2 set, tubuh kita dituntun bergerak aktif. Belum lagi ditambah dengan gerakan-gerakan tertentu seperti smash yang mengeluarkan banyak energi. Namun, karena menyenangkan, kadang hal itu tidak begitu terasa melelahkan.

Olahraga Badminton dapat Menurunkan Berat Badan

Karena banyak bergerak, olahraga badminton tentu saja dapat menurunkan berat badan. Saat bermain badminton, kita akan mereduksi kolesterol berlebihan dalam tubuh dan membuatnya menjadi kolersetrol baik (HDL).

Baca Juga: Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

British Heart Foundation melansir bahwa seseorang berusia 50 tahun dengan berat 70 kilogram mampu membakar 350 kalori hanya dengan satu jam bermain bulutangkis. Olahraga badminton diyakini mampu membakar kalori paling banyak ketimbang dengan berlari, menyelam, maupun olahraga sepak bola, yakni mencapai 450 kalori per jam.

Olahraga Badminton dapat Mencerahkan Kulit/Bikin Awet Muda

Olahraga badminton dapat menjadi alternatif perawatan kulit secara alami. Bermain bulu tangkis mampu mengeluarkan keringat secara efektif. Hasilnya, kotoran yang menjadi penghalang di pori-pori kulit akan bersih secara alami. Apabila energi tubuh dan darah mengalir dengan lancar, maka kulit kita pun akan terlihat cerah dan sehat secara alami.

Olahraga Badminton dapat Mencegah Penyakit Berbahaya

Manfaat olahraga badminton lainnya adalah olahraga badminton mampu mengurangi risiko terhadap sejumlah masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hingga obesitas. Bulutangkis juga dapat membuat kita terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, meningkatkan kolesterol baik, dan mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah.

Baca Juga: Tips Menjaga Batas Kolesterol dalam Tubuh

Hal itu dibuktikan oleh hasil studi dari Diabetes Prevention Program. Mereka menemukan fakta bahwa olahraga dapat menurunkan risiko diabetes hingga 58 persen, dibanding dengan pengobatan diabetes dari dokter. Sebab, kita akan menguras keringat ketika bermain bulu tangkis. Hal itulah yang akan membuat berbagai racun di dalam tubuh otomatis dibuang keluar. Setelah itu, tubuh akan terasa lebih ringan dan bebas beban lantaran kotoran-kotoran tubuh sudah didetoksifikasi dengan baik.

Olahraga Badminton dapat Menguatkan Otot dan Sendi

Olahraga badminton tentunya melibatkan semua anggota tubuh untuk bergerak aktif. Sehingga bermain bulu tangkis juga akan bermanfaat untuk menguatkan otot dan persendian tubuh. Mulai dari otot betis, paha, bokong, panggul, dan pinggul yang kerap menjadi hal penting untuk melompat dan berlari. Selain itu, ada otot lengan atas dan otot punggung yang digunakan saat memukul shuttlecock atau menggerakkan raket.

Apabila otot kuat, maka sendi juga akan semakin sehat. Sebab, dengan otot dan persendian yang kuat dan fleksibel, kita akan terhindar dari berbagai risiko cedera baik saat berolahraga maupun selama beraktivitas harian. Di sisi lain, otot dan sendi yang fleksibel juga mampu memperluas rentang gerak tubuh. Hasilnya, kita akan terhindar dari penyakit arthritis yang melemahkan pergerakan, alias nyeri sendi.

Olahraga Badminton Baik untuk Tulang Kita

Tulang merupakan organ penggerak pasif dan bersifat keras. Para pasien osteoporosis karena memiliki tulang yang lemah dan tidak padat. Biasanya semakin tua resiko terkena osteoporosis semakin besar. Bagi kita yang masih muda, sebaiknya rutin bermain badminton supaya tetap menjaga kepadatan tulang. Mengapa demikian? Karena bulu tangkis dapat meningkatkan aktivitas sel-sel pembentuk tulang. Aktivitas itu baik guna memadatkan tulang pada tubuh. Hal itu senada dengan pendapat pakar tulang di Inggris, Jane taylor. Dia menyatakan dampak mengayunkan raket dan melompat-lompat membantu meningkatkan kepadatan tulang secara yang alami.


Demikianlah manfaat olahraga badminton bagi kesehatan tubuh kita. Namun, perlu diperhatikan bahwa olahraga badminton ini juga bisa bikin kita cidera. Maka, fasilitas yang tersedia juga harus memadai seperti misalnya sepatu khusus bulutangkis dan kualitas lapangan badminton yang baik.

Lapangan bulutangkis harus dilapisi oleh karpet badminton dengan kualitas yang benar-benar bagus agar meperlancar pertandingan bulutangkis. Pemasangan lantai karpet badminton yang berkualitas bagus akan sangat membantu pergerakan pemain dengan aman dan cekatan karena daya rekat karpet badminton yang kuat.

Buat kawan-kawan yang kampungnya mau bikin lapangan badminton yang baik, bisa menghubungi jasa pembuatan lapangan di PT Raga Gunawan Mandiri alias PT RGM.

Jasapembuatanlapangan.id merupakan perusahaan kontraktor yang fokus melayani pembuatan lapangan olahraga, mulai dari lapangan futsal, tennis, badminton, volley, basket dan lain sebagainya.

Didukung oleh tenaga ahli yang berpengalaman dan juga bahan lapangan yang sesuai dengan standart (Baik itu produksi sendiri atau import langsung dari pabriknya) maka tak heran jika kami dipercaya oleh puluhan klien mulai dari instansi pemerintahan hingga swasta. 

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *