Makanan Olahan Rumput Laut dan Manfaat Rumput Laut

Masih teringat jelas, oleh-oleh yang bisa kubawa setiap pulang dari Sumbawa, salah satunya adalah dodol dan permen rumput laut. Rasanya memang tidak sama dengan dodol dari buah-buahan seperti apel, nanas, atau strawberi yang banyak di Malang. Namun, manfaat rumput laut begitu banyak sehingga makanan olahan rumput laut seperti dodol rumput laut itu sehat.

Institute of Food Technologists di Chicago melaporkan bahwa beberapa jenis rumput laut juga mengandung kadar protein hingga 63 persen dan serat sebanyak 15 persen. Itu berarti rumput laut bagus banget buat diet. Apalagi coba manfaat rumput laut bagi kesehatan tubuh?

Manfaat Rumput Laut

Memperlambat Pertumbuhan Sel Kanker

National Oceanic and Atmospheric Administration merilis kabar bahwa rumput laut memiliki kandungan baik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Rumput laut efektif untuk menangani tumor ganas dan leukemia. Rumput laut juga cukup efektif untuk mengatasi penyakit kanker payudara.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

National Oceanic and Atmospheric Administration juga melaporkan bahwa beberapa jenis rumput laut memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri. Kandungan ini ampuh untuk mengatasi iritasi yang terjadi pada kulit. Rumput laut mengandung vitamin K yang cukup tinggi. Kandungan ini membantu untuk melakukan proses pembekuan darah pada luka, sehingga luka lebih cepat mengering.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Rumput laut mengandung mineral kalsium, magnesium, vitamin B, dan zat besi, serta yodium. Tak hanya itu, sifat antibakteri dari rumput laut juga dapat mencegah berbagai penyakit atau meningkatkan daya tahan tubuh.

Menjaga Kesehatan Hati

Kandungan serat yang tinggi dalam rumput laut dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu, beberapa jenis rumput laut juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan hati.


Makanan Olahan Rumput Laut

Sebenarnya masih banyak manfaat rumput laut yang lain. Namun, segala manfaat itu percuma kan kalau kita tidak doyan memakan rumput laut apa adanya. Karena itulah, dibuat berbagai makanan olahan rumput laut agar manfaat rumput laut terberdaya guna. Apalagi kalau buat anak-anak, perlu kreativitas untuk membuat makanan olahan rumput laut.

Sandwich Rumput Laut

Mungkin sandwich rumput laut ini paling gampang dibuat. Kamu cukup beli roti tawar kupas. Lalu beli nori atau rumput laut kering di supermarket. Tambahkan keju lapis, telur, atau yang lain sesuai selera. Jadi deh.

Smoothies Rumput Laut

Nah, rumput laut juga bisa dijadikan bahan buat smoothies. Haluskan rumput laut bersama sayur atau buah-buahan segar lain sesuai selera. Enaknya sih kayak strawberi atau sawi biar terasa asem-asem segar gitu. Smoothies rumput laut ini bakal menyehatkan kulit kamu dan penuh vitamin lho.

Brownies Rumput Laut

Kalau nggak sedang diet, kamu juga bisa bikin brownies rumput laut. Ya, bahan-bahannya sama kayak bikin brownies pada umumnya.  Bedanya kamu hanya perlu tambahkan rumput laut ke dalam adonan brownies. Lalu, dikukus hingga matang.

Es Rumput Laut

Kalau ini pasti sudah nggak asing. Es rumput laut memang idaman banget diminum saat panas-panas. Apalagi saat bulan puasa. Pas berbuka puasa,es rumput laut ini segar banget.

Pasta Rumput Laut

Mi atau pasta rumput laut juga bakal jadi kesukaan anak-anak. Kalau pastanya sudah jadi, tingal haluskan rumput laut kering lalu taburkan di atas pasta yang sudah matang. Sedangkan kalau kamu hobi bikin mi sendiri, mungkin boleh bereksperimen dengan mencampurkan rumput laut yang sudah halus ke dalam adonan.

Salad Rumput Laut

Nah, buat yang sedang diet, pasti hobi makan salad ‘kan?

Salad adalah makanan yang terdiri dari berbagai sayuran, buah-buahan, dengan saus mayones yang nikmat. Tetapi, kali ini tambahkan juga rumput laut.

Caranya, tambahkan rumput laut kering ke dalam mangkuk. Lalu, tuangi air dingin. Diamkan selama kurang lebih 10 menit agar air meresap ke dalam rumput laut. Tiriskan rumput lautnya, peras, dan tambahkan ke dalam salad.


Nah, demikianlah caranya memvariasikan makanan olahan rumput laut supaya kita makin demen makan rumput laut dan merasakan manfaat rumput laut tersebut. Namun, sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi rumput laut karena dapat menyebabkan kelebihan yodium dalam tubuh. Kamu tetap perlu menyeimbangkan nutrisi dari rumput laut dengan makanan bergizi lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh kamu.

Kalau merasa ada keluhan dengan kesehatan tubuh kamu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter via Halodoc. Kamu unduh dulu aplikasi Halodoc di Playstore. Di sana kamu bisa konsultasi dengan dokter lewat chat, membuat janji untuk kunjungi rumah sakit, beli obat, cek lab dan update informasi seputar kesehatan. Semuanya bisa dilakukan di Halodoc! Ini sedikit tips berobat online di Halodoc.

Sehat selalu ya, teman-teman!

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

2 Comments

  1. Aku paling demen beli Nori mamasUKa d Indomaret, trus nasi panas digulung pakai nori

    Jadinya berasa makan sushi ala ala.

    Kadang kasih telor dadar dan keju

    Yummyyyyy

  2. Di Linggau rumput laut cuma dibuat es doang sih. Ternyata banyak juga makanan yang bisa dibikin dari olahan rumput laut ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *