Kredit Kepemilikan Mobil: Definisi dan Keuntungan Menawarkan COP

Tahukah Anda bahwa kini pegawai perusahaan dapat mengajukan benefit berupa Car Ownership Program. Fasilitas yang diberikan ini tentunya sangat menguntungkan untuk semua karyawan dibalik benefit lainnya seperti tunjangan kesehatan atau bonus.

Program Car ownership program atau COP ini umumnya diberikan oleh sebuah perusahaan untuk para pegawainya dengan tingkat keahlian tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca dulu: Cek 5 Kesalahan Pengemudi Matic yang Harus Segera Diperbaiki

Apa itu Car Ownership Program (COP)?

COP adalah singkatan dari Car Ownership Programyang merupakan sebuah program kepemilikan kendaraan roda empat untuk karyawan perusahaan lokal dengan level Manager ke atas atau bisa dikatakan program ini hanya untuk pegawai dengan status karyawan tetap.

Nantinya karyawan yang mendapatkan benefit ini akan membayar sebesar 30% dari harga asli mobil. Namun besarnya subsidi perusahaan tergantung pada kebijakan setiap perusahaan.

Dalam prosesnya akan terjadi pemotongan gaji selama 60 bulan, dan setelah mencapai tenggat yang ditentukan maka mobil tersebut menjadi milik karyawan sepenuhnya. Lalu apa yang akan terjadi jika karyawan mendapatkan promosi sebelum masa COP berakhir?

Ada beberapa kemungkinan jika hal terjadi, diantaranya:

  1. Karyawan dapat melanjutkan program hingga masa COP berakhir dan setelah itu dapat mengambil kendaraan baru melalui fasilitas yang sama.
  2. Karyawan dapat langsung mendapatkan kendaraan baru melalui fasilitas COP setelah melunasi semua sisa kewajiban yang harus dibayar dari program COP yang sedang berlangsung. Dan tunjangan transportasi akan diberikan sesuai dengan golongan karyawan baru.

Selagi Anda masih memiliki kontrak sebagai pegawai tetap, Anda bisa mengajukan Car Ownership Program asalkan mampu memenuhi semua syarat yang diberikan. Adapun berikut ini adalah syarat-syarat pengajuan COP.

  • Level jabatan minimal untuk mengajukan program ini hanya untuk pegawai pada posisi manajer, supervisor, dan karyawan tetap lainnya.
  • Lama bekerja karyawan dengan posisi tersebut minimal 5 tahun.
  • Memiliki nilai minimal yang harus dicapai oleh pekerja dalam performance appraisal atau penilaian performa kerja selama jangka waktu tertentu.

Nah apakah Anda sudah memenuhi semua persyaratan di atas untuk mengajukan Car Ownership Program?Sebenarnya program ini diberikan oleh perusahaan dengan tujuan untuk mempertahankan karyawan agar tidak pindah ke perusahaan lain.

Setidaknya perusahaan akan mengikat Anda sebagai karyawan selama 8 hingga 10 tahun untuk bekerja di perusahaan tersebut. Bahkan tidak jarang pula perusahaan akan memberikan fasilitas COP kedua setelah kendaraan pertama lunas dengan jangka waktu 5 tahun jika kinerja karyawan meningkat.

Jika Anda masih bingung terkait sistem kepemilikan COP, ada beberapa sistem yang biasanya berlaku. Pertama perusahaan akan terlebih dahulu membeli sebuah kendaraan roda empat secara tunai, kemudian diberikan kepada karyawan dengan syarat yang sudah dibahas di atas.

Ada perusahaan yang memberikan mobil tersebut sebagai mobil dinas, tetapi harus mengembalikannya pada kondisi tertentu.

Dan ada juga perusahaan yang memberikan mobil sebagai mobil dinas tetapi dapat menjadi hak milik karyawan secara penuh setelah jangka waktu tertentu. Kebijakan ini tergantung kepada masing-masing perusahaan.

Kebijakan kedua yaitu sistem leasing yang dimana ini merupakan kegiatan pembiayaan dalam bentuk modal yang digunakan oleh karyawan dalam jangka waktu tertentu berdasarkan pembayaran secara berkala.

Baca Juga: 7 Pengeluaran Tambahan Jika Anda Membeli Mobil Baru

Keuntungan Mengajukan COP Bagi Karyawan

Apakah Car Ownership Program ini menguntungkan untuk karyawan? Tentu saja. Bagi beberapa karyawan yang tidak bisa membeli kendaraan roda empat secara tunai, fasilitas ini memberikan kemudahan karena karyawan hanya perlu membayar 30% dari harga mobil dan sisanya dibayarkan oleh perusahaan.

Untuk kebijakan pembayaran ini sendiri, budget mobil dibagi menjadi tiga kelompok yaitu:

  1. Direktur maksimal 450 juta
  2. Manajer Umum maksimal 350 juta
  3. Manager maksimal 250 juta

Semua pajak kendaraan pada tahun pertama akan dibebankan kepada perusahaan, tetapi pajak tahun kedua dan seterusnya beserta kelebihan biaya lainnya harus dibayar oleh karyawan.

Sedangkan untuk biaya tambahan seperti biaya perpanjangan STNK, biaya perawatan kendaraan, biaya asuransi kendaraan, biaya balik nama di akhir masa COP, hingga baiya BBM perlu ditetapkan supaya nantinya dapat diketahui pihak mana yang akan menanggungnya. Adapun masa kepemilikan kendaraan ini tergantung pada perusahan.

Jangan khawatir atas nama kepemilikan mobil tersebut. Pasalnya mobil akan berada di atas nama perusahaan selama masa COP berlangsung, tetapi di akhir program COP akan ada proses balik nama menjadi milik karyawan.

Baca Juga: Cara Menentukan Jadwal Service Berkala Mobil Secara Tepat

Dapatkan Mobil Baru Bersama Maybank Finance dengan Harga Terjangkau

Nah selain mengajukan Car Ownership Program kepada perusahaan untuk mendapatkan mobil yang diinginkan, Anda juga bisa membeli kendaraan roda empat bersama Maybank Finance dengan segudang kelebihan yang akan dirasakan.

Maybank Finance mampu membantu Anda mewujudkan mobil impian dengan proses yang mudah. Bahkan Anda dapat mengajukan sistem leasing kepada perusahaan jika ingin mengajukan COP ke Maybank Finance.

Sebagai perusahaan pembiayaan terbaik di Indonesia, Maybank finance memberikan sejumlah kemudahan untuk Anda berupa:

1.    Promo Menarik

Maybank Finance hadir dengan promo menarik untuk nasabahnya berupa cashback 30 ribu spesial pembayaran pertama. Anda juga berkesempatan mendapatkan cashback 1 juta jika mengajukan kredit mobil di aplikasi KPM.

2.    Bunga Rendah

Tidak hanya memiliki promo yang menarik, Maybank Finance mematok bunga yang rendah. Untuk kredit 6 bulan hingga 1 tahun pun Anda tidak akan dibebankan bunga alias 0%. Sedangkan untuk kredit selama 7 tahun, bunga yang diberikan hanya 6,68% saja.

3.    Fasilitas Lengkap

Yang menarik dari Maybank Finance adalah fasilitasnya selalu memuaskan. Untuk mengajukan reservasi pun Anda bisa mengajukannya secara online.

 Tidak hanya itu, saat Anda berkunjung ke situs Maybank Finance, Anda dapat merasakan sejumlah fitur seperti Aksesku, Simulasi Kredit hingga Aktivasi Vospay.

Nah sekarang tentunya tidak ada alasan lagi untuk tidak mendapatkan mobil impian yang Anda inginkan. Segera kunjungi Maybank Finance terdekat dan lengkapi semua persyaratan Car Ownership Program agar mobil segera sampai ke tangan Anda.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *