Kenapa Kita Harus Minum Air Putih yang Cukup di Perjalanan?

Malam ini, kami sekeluarga akan berangkat ke Lampung. Musim liburan telah tiba, alhamdulillah, Kak Hanna mendapat peringkat II di sekolah. Selain karena sudah lama berjanji mengajak liburan, ini juga menjadi hadiah mengingat betapa sukanya Hanna dan adiknya, Gianna, dengan pantai.

Perjalanan ke Lampung dari Palembang tidak memakan waktu yang sebentar. Meski sudah ada tol, dengan kecepatan yang standar dalam batas aman, waktu tempuhnya diperkirakan sekitar 6 jam. Berbeda dengan saran kebanyakan orang yang jangan banyak-banyak minum air putih kalau dalam perjalanan karena takut mudah buang air kecil, aku berpendapat justru minum air putih yang cukup harus dijaga betul-betul kalau dalam perjalanan jauh. Kondisi hidrasi kita penting dipertahankan dalam level yang cukup baik agar tidak jadi sakit.

Baca Dulu: Mitos tentang Air dan Kesehatan

Ya, konsumsi air putih yang cukup dapat menjaga imunitas kita. Lalu berapa sebenarnya konsumsi air putih yang cukup bagi tubuh kita? Iklan-iklan sering menyebut 2 liter per hari. Namun, sebenarnya angka tersebut tidak mutlak. Minimal konsumsi air putih adalah 30 ml dikalikan dengan berat badan. Untuk seseorang yang bobot tubuhnya besar, konsumsi air putihnya juga harus lebih banyak. (Baca Juga: Mitos Minum 2 Liter Air)

Kalau bepergian, pilihanku selalu jatuh pada air putih Cleo. Sebenarnya, tidak semua air minum dalam kemasan itu bagus ya. Sebab, ada perbedaan manfaat, misalnya antara air mineral dan air kosong. Sementara itu air putih Cleo sering disebut juga Cleo Oxygenated Water yang memiliki keunggulan dalam hal kandungan oksigen yang tinggi. Air putih Cleo memiliki kandungan oksigen yang lebih tinggi yaitu sebanyak 100 ppm atau 20 kali air minum  biasa. Teknologinya yang bernama Oxygen Enanced Combustion Technology mengklaim mampu mengikat oksigen dalam air sehingga tidak lagi berbentuk gas melainkan menjadi properti fisik dari air. Bila benar, ini sangat bagus karena air yang memiliki kandungan lebih dari 80 ppm oksigen itu dapat meningkatkan sistem imun tanpa memberikan efek toksik ke dalam tubuh manusia. 

Kandungan oksigen yang baik ini pula memiliki banyak manfaat lain seperti membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan memperkuat kerja jantung. Kandungan oksigen yang tinggi dalam air putih Cleo juga membantu tubuh untuk menstabilkan tekanan darah dalam tubuh dan dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak. Manfaat air beroksigen tinggi bagi kesehatan lainnya adalah mencegah sel kanker tumbuh dan berkembang, menyehatkan otak, bagus untuk kulit, dan bagi perempuan juga dapat mengurangi nyeri datang bulan.

Sebuah gambar berisi jeruk, minuman, soft drink

Deskripsi dibuat secara otomatis

Nah, alasan sederhana lain kenapa saya memilih Cleo sebenarnya karena kemasannya. Saya paling suka bentuk kemasan di atas karena ada tutup pelindungnya. Selain itu, pas juga di genggaman. Untuk perjalanan, botol kemasan ini memudahkan sekali untuk dibawa dengan tangan, misalnya saat treking.

Pokoknya, melakukan perjalanan dengan berkendara itu kita harus menyadari juga bahwa kita akan banyak menghabiskan waktu dengan duduk di dalam mobil. Selain itu, kita juga akan kesulitan untuk beraktivitas karena ruangan dalam mobil yang terbilang cukup sempit. Oleh karena itu, sebaiknya kita minum air putih yang cukup, karena asupan cairan tubuh dibutuhkan untuk melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada bagian tubuh lainnya. 

Terlebih untuk yang menyetir. Masalah yang paling penting saat menyetir adalah fokus. Mencukupi kebutuhan air pada tubuh akan membuat kita fokus, begitu pun saat mengendarai kendaraan. Sebaliknya, jika tubuh kekurangan cairan, kita bisa menjadi tidak fokus sehingga berisiko menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, wajib untuk memenuhi kebutuhan air putih selama menyetir menuju tujuan. Jika penumpang lain masih bisa meregangkan tubuhnya selama perjalanan, berbeda dengan orang yang menyetir. Duduk di kursi supir dalam waktu yang lama akan membuat kita sakit pinggang. Sebaiknya penuhi kebutuhan air dalam tubuh kita untuk menghindari sakit pinggang.

Apalagi terkadang cuaca yang panas membuat perjalanan menjadi kurang nyaman, sehingga kita harus memperbanyak asupan air putih untuk tubuh kita. Sehingga, tubuh tidak dehidrasi dan suhu tubuh kita akan tetap normal.

Dan jangan lupa untuk menghindari minuman yang memiliki kandungan soda atau kafein di dalamnya saat kita sedang melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil. Soft drink misalnya, merupakan minuman yang memiliki kandungan gula dan juga kalori yang cukup tinggi.

Pada akhirnya, semoga perjalanan ke Lampung hingga Minggu nanti aman dan selamat. Anak-anak bisa senang menikmati liburan sebelum kembali masuk sekolah dan menikmati pembelajaran.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *