Kenapa Harus Mengasuransikan Kendaraan?

Aku tidak bisa menolak, ketika orang tuaku memberiku sebuah mobil. Etios Valco. Mobil untuk ukuran keluarga kecil sekarang terparkir di rumah.

Padahal, aku belum bisa menyetir. Aku dimotivasi untuk belajar dan jangan takut untuk mengendarai mobil. Tidak perlu takut lecet atau gimana, sebab kendaraan tersebut juga sudah diasuransikan.

Awalnya aku merasa aneh, kenapa harus mengasuransikan kendaraan? Apakah kendaraan punya jiwa seperti manusia? Namun setelah baca-baca, aku baru memahami alasannya.

Mungkin karena aku nggak punya mobil, jadi aku nggak bisa berpikir bahwa ketika memiliki kendaraan, pasti kita akan menjaga kondisi kendaraan kita agar selalu baik dan layak pakai. Salah satu bentuk penjagaan yang dapat kita lakukan adalah melalui asuransi kendaraan bermotor. Produk asuransi ini menjamin setiap kerugian atau kerusakan pada motor atau mobil kita.

Melindungi dari Risiko Pencurian Kendaraan

Harga beli kendaraan bermotor (dalam hal ini mobil) tidaklah murah, Hal ini membuat kita akan menjaga sekali agar kendaraan kita tetap aman, jangan sampai hilang pokoknya.  Namun, apa daya, soal musibah nggak bisa diterka, bisa terjadi kepada siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Meski sudah menjaganya sedemikian rupa, mau digarasikan, dipagari secara ketat, risiko pencurian kendaraan selalu ada. Jadi, yang bisa kita lakukan untuk menjaga kendaraan kita dari risiko pencurian adalah dengan asuransi kendaraan. Jika kendaraan dicuri, pihak asuransi akan memberikan sejumlah dana yang besarannya sesuai dengan ketentuan dari pihak asuransi.


Baca Juga: Alasan Pendidikan


Melindungi dari Risiko Kerusakan Kendaraan

Siapa pun nggak pengen kendaraaannya rusak. Apalagi karena kecelakaan. Kita hati-hati sekali mengendarai mobil. Tapi, jalanan bukan milik 1 orang. Kita hati-hati pun, orang lain bisa jadi nggak hati-hati. Ya, meski sudah sangat berhati-hati saat mengemudikan kendaraan, tetap saja bisa terjadi kecelakaan, baik itu kecelakaan kecil atau besar. Seberapa pun kecilnya dampak kecelakan itu, biaya untuk membuatnya kembali seperti semula membutuhkan uang yang tidak sedikit. Namun dengan adanya asuransi kendaraan, biaya tersebut akan lebih murah daripada harga pasaran.


Baca Juga: Apakah Saya Harus Punya NPWP?


Membantu Pertanggungjawaban pada Pihak Ketiga

Saat terjadi kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga, biasanya kita akan kesulitan dalam menghadapinya dan membutuhkan uang yang besar untuk memberikan tanggung jawab terhadap korbannya. Kita akan membutuhkan biaya untuk hukum dan profesional. Bila Anda memiliki asuransi kendaraan bermotor, pihak asuransilah yang akan mengambil alih tanggung jawab kita atau pengendara jika terjadi kecelakaan itu. Jadi kita nggak perlu pusing dan membayar mahal untuk bertanggung jawab.


Dengan memiliki asuransi kendaraan pun kita bisa merencanakan keuangan secara lebih matang. Ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan harus mengeluarkan biaya, kita tidak perlu melakukannya karena sudah ada pihak asuransi yang akan mengurusnya. Tabungan kita pun tidak akan terganggu sehingga perencanaan keuangan bisa lebih matang.

asuransi kendaraan

Sebenarnya, ada beberapa tips yang perlu kita perhatikan sebelum membeli asuransi yakni memilih jenis asuransi yang sesuai, cermati proses klaim dan premi asuransi mobil, dan jangan malas untuk melakukan perbandingan produk asuransi.  Salah satu asuransi mobil yang bisa kita  miliki yakni asuransi kendaraan bermotor komprehensif dan TLO dari Zurich yang mampu memberikan perlindungan atas kehilangan total di mana kita dapat memilih jaminan yang sesuai dengan kebutuhan. Ada beragam manfaat asuransi mobil Zurich yakni antara lain jaminan dasar berupa komprehensif, kerugian TLO, jaminan perluasan yang melingkupi kerusuhan dan bencana alam, serta jaminan perluasan tambahan.

 

One thought on “Kenapa Harus Mengasuransikan Kendaraan?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *