Sewa apartemen di Jakarta

Inilah 5 Alasan Sewa Apartemen di Jakarta

Seorang teman yang juga founder dari Tanifund pernah melontarkan pertanyaan kepada kami, “Kalau kalian punya uang 2 milyar, pilih mana, antara beli rumah atau sewa apartemen?”

Jawabanku tentu saja beli rumah. Namun, ia memberikan jawaban yang berbeda. Sewa apartemen lebih baik. Kenapa? Uang 2 milyar itu investasikan saja ke P2P Lending seperti Tanifund dengan imbal hasil minimal 12% setahun. Dari 2 milyar itu, kita bisa mendapatkan 240 juta setahun atau sebulan 20 juta. Tinggal milih apartemen seperti apa tiap bulannya, masih bisa bersisa untuk hal lain.

Cara berpikir eksekutif muda memang berbeda. Itulah kenapa para eksekutif muda, terutama di Jakarta, lebih memilih sewa apartemen di Jakarta yang dekat dengan tempat mereka bekerja daripada membeli rumah dengan fasilitas sama di Jakarta pinggiran, Depok, atau Bogor. Cara pandang efisiensi dan efektivitas mereka memang berbeda.

Alasan Memilih Sewa Apartemen di Jakarta

Bila disimpulkan, inilah alasan kenapa memilih sewa apartemen di Jakarta

Apartemen berada di lokasi strategis

Para eksekutif muda terutama, bekerja di pusat-pusat bisnis yang tersebar di seantero Jakarta. Maka, mereka memerlukan tempat tinggal yang terletak di lokasi strategis dan mudah diakses dengan berbagai jenis transportasi. Rata-rata mereka nggak mau ribet terjebak kemacetan lalu lintas Jakarta.

Nah, jika memiliki unit apartemen yang berada di kawasan superblock, tentu menjadi nilai plus tersendiri. Apartemen tersebut jelas sudah memiliki fasilitas komplet, karena pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, dan tempat makan mudah dijangkau dengan berjalan kaki.

Apartemen sudah siap pakai

Khas anak muda itu nggak mau ribet. Mereka tidak banyak membawa barang pribadi. Namun, mereka juga merasa tidak perlu membeli perabot lengkap untuk tempat tinggalnya. Maka, menyewa furnished property lebih masuk akal ketimbang apartemen tanpa perabot. Cukup membawa pakaian dan perlengkapan pribadi saja, mereka sudah bisa tinggal dengan nyaman di apartemen yang disewa.

Privasi di apartemen lebih terjaga

Anak muda zaman sekarang sangat mementingkan privasi. Apartemen menjamin privasi yang lebih terjaga. Meski bersosialisasi dengan tetangga di lingkungan apartemen juga penting, tetapi mereka tetap membutuhkan privasi dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Tinggal di apartemen dipandang mampu mengakomodasi hal tersebut.

Kemanan apartemen lebih terjamin

Keamanan juga menjadi alasan penting bagi para pekerja muda saat menyewa apartemen. Berbeda dengan mengontrak rumah atau kamar kost, Anda tentu bisa memastikan keamanan di lingkungan apartemen terpantau selama 24 jam penuh.

Keberadaan CCTV, penggunaan kartu akses, dan patroli berkala petugas keamanan dapat menjadi pertimbangan utama mereka untuk aspek keamanan apartemen. Apalagi kalau apartemennya mewah.

Apartemen memiliki fasilitas penunjang yang memadai

Apartemen menyediakan berbagai fasilitas menunjang yang memadai. Misalnya saja apartemen sudah memiliki kolam renang. Kolam renangnya pun dibersihkan secara rutin.

Apartemen juga memiliki fasilitas gym. Kita tidak perlu jauh-jauh berolahraga. Begitu pula dengan laundry dan fasilitas perbelanjaan. Semua ada di dekat kita tanpa perlu repot-repot.


Setidaknya itulah 5 alasan sewa apartemen di Jakarta lebih diminati terutama oleh eksekutif muda. Kalau mau sewa apartemen di Jakarta Pusat, pastikan kelima hal tersebut sudah terjamin dengan baik. Karena tidak sedikit pula apartemen yang masih kurang memperhatikan kelima aspek tersebut.

Soal desain interiornya juga penting sih. Tapi itu soal selera yang berbeda-beda.

Staycation di Apartemen

Buat teman-teman yang hanya ingin staycation di Jakarta Pusat, apartemen juga bisa jadi pilihan yang lebih baik lho dibandingkan hotel. Terutama apabila staycationnya rame-rame. Memang sih kekurangannya adalah apartemen kebanyakan tidak menyediakan breakfast/sarapan. Tapi apartemen juga memiliki kelebihan. Apa saja itu?

Harga Sewa Apartemen Lebih Murah dari Hotel

Pertama, harga sewa apartemen harian relatif lebih murah dari hotel. Kita sudah bisa mendapatkan apartemen yang bagus dengan harga 300 ribuan. Di Jakarta Pusat, harga hotel lebih mahal dari itu.

Ruangan Apartemen yang Lebih besar

Ruangan hotel di Jakarta Pusat rata-rata 20-25 meter persegi. Apartemen punya ukuran kamar yang lebih besar. Kalau ramai-ramai bisa lebih lapang. Tidak ada pembatasan ketat seperti di hotel yang harus 2 orang per kamar.

Apartemen memiliki beberapa ruang

Paling enak sewa apartemen itu adalah adanya dapur. Kita bisa bebas masak di apartemen, bawa mie lalu makan mie rame-rame. Kalau di hotel kan paling banter masak pop mie dari air di ketel yang dipanaskan.

Apartemen yang lebih luas juga memiliki pembagian ruang tamu dengan sofa-sofa yang bisa jadi tempat bersantai.


Kira-kira itulah yang jadi pertimbanganku saat memilih sewa apartemen. Beberapa kali aku memilih sewa apartemen di Jakarta atau Depok. Pengalamanku itu bisa dibaca di sini atau di sini.

Semoga bermanfaat|

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

5 Comments

  1. Keren pemikirannya, lebih baik investasi ke instrumen yang lebih liquid dan jadi passive income. Setuju banget dengan privacy dan keamanan apartemen yang lebih top, kadang susah didapetin di perumahan-perumahan biasa.

  2. Emang sih kalo nyewa apartment lebih praktis dan bisa dijangkau mulai dari harga ataupun dari segi lokasi dan keamanan khususnya di ibu kota Jakarta, karena kalo mau tinggal dan menetap disana beli rumah harganya super muahallll dan kalo cuma buat berlibur atau sekedar main aja, sewa apart juga jauh lebih murah daripada hotel 😂🤭

  3. Beda memang ya Mas kalau pemikiran eksekutif muda. Dan dipikir-pikir memang lebih nyaman sewa apartemen dekat tempat kerja ya.

  4. Jakarta dan kemacetannya. Ya kali udah kerja capek lama pula di jalan. Waktu me time and family time tergerus, stress meningkat. Mereka yang memilih apartemen di Jakarta sedikit banyak pasti mempertimbangkan hal itu plus pertimbangan-pertimbangan lain tentunya.

  5. aku juga gitu, sebelumnya kalo dipilih beli rumah atau sewa apartment mending beli rumah. tapi kalo di Jakarta kayaknya ya lebih mending sewa apart. karena di pusat kota, dekat kalo mau kemana-mana. ga buang-buang waktu di perjalanan. dan pastinya hemat bahan bakar kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *