Sungai Oyo

Cari Hotel Murah di Yogyakarta, Begini Caranya!

Cari hotel yang murah di Yogyakarta sudah pasti menjadi salah satu agenda utama kalau mau liburan ke Yogyakarta. Kota satu itu memang penuh pesona dan ngangenin. Beberapa kali aku sudah ke Yogyakarta dan merasa tidak bosan.

Pengalaman pertama ke Yogyakarta datang pada tahun 2010. Saat itu aku masih mahasiswa. Aku datang ke Yogyakarta naik bis Sumber Alam yang tidak ber-AC. Sampai di Yogyakarta aku menginap di kosan teman, 2 malam.

Pengalaman kedua ke Yogyakarta datang saat launching bukuku, “Aku Cukup Menulis Puisi, Masihkah Kau Bersedih” pada tahun 2015. Di sana, aku menginap semalam di kos teman, semalam lagi sebuah pesantren karena ada acara di sana. Pengalaman ketiga datang saat mengajak keluargaku liburan. Kali ini kami menginap di rumah saudara.



Pengalaman keempat, lagi-lagi, aku masih menginap di rumah teman saat membincangkan buku baruku “Hari yang Sempurna untuk Tidak Berpikir” pada tahun 2017 lalu. Dari keempat pengalaman itu, belum pernah aku menginap di hotel.

Baru pada kelima kalinya, aku menginap di hotel. Tapi itu juga dibayarin. Aku menginap semalam di hotel ECO Green atau Greenhoust Boutique Hotel di Prawirotaman, Yogyakarta. Itu karena aku mengikuti kegiatan bersama Danone Blogger Academy 2018.

Hotel Murah di Yogyakarta

Aku merencanakan perjalanan keenam ke Yogyakarta. Kali ini aku tidak mau merepotkan saudara atau teman. Aku ingin mengajak keluargaku jalan-jalan dan mencari hotel yang murah di Yogyakarta.

Bicara kata “murah” sebenarnya patokannya bukan cuma harganya. Namun, yang kulihat adalah perbandingan fasilitas dengan harga. Ada fasilitas yang wajib ada kalau buat bawa anak-anak main ke hotel.

Kriteria Fasilitas Hotel yang Harus Ada

Nah, apa saja sih kriteria fasilitas hotel yang harus ada? Jawabannya, pertama kolam renang. Anak-anak suka sekali berenang.  Jadi, wajib hukumnya tuh berenang di hotel.

Kedua, ada sarapan gratis. Rasanya malas repot kan kalau liburan bareng keluarga itu. Jadi aku sih lebih memilih hotel dengan fasilitas sarapan gratis biar nggak repot keluar buat cari sarapan lalu balik lagi ke hotel. Mending sekali keluar hotel ya langsung menuju tempat yang diincar.

Ketiga, lokasi. Ya, lokasinya juga harus dekat dengan tempat wisata yang ingin dikunjungi. Dekat dengan pusat kuliner malam hari. Sebab kalau malam kan bawaannya sudah pengen di kamar, lalu pesan makan dan makanannya dibawa ke kamar.

Untungnya teknologi memudahkan untuk mencari hotel murah di Jogja 2019 dengan kriteria semacam itu. Ada aplikasi semacam Traveloka yang bisa menerapkan filter yang menampilkan hotel-hotel murah di Yogyakarta.

Cari Hotel Murah di Yogyakarta lewat Traveloka

Aku pun membuka aplikasi lalu mencari hotel. Pada alamat kumasukkan langsung Marlioboro, yang merupakan lokasi paling strategis di Yogyakarta. Pada filter fasilitas kucentang kolam renang. Beberapa nama hotel langsung muncul dengan harganya plus ratingnya. Jadi kalau ragu apakah hotel A bagus atau buruk, tinggal lihat rating dan reviewnya.

Berikut beberapa penginapan yang menarik:

Edu Hostel

Nama yang menarik pertama adalah EDU Hostel. Jadi di EDU Hostel ini sudah ada kolam renang + sarapan gratis. Sayangnya, konsepnya seperti asrama. Satu ruangan berisi 6 kasur. Kalau buat backpacker sih udah pas banget menginap di sini. Tarifnya soalnya cuma mulai dari 68 ribu rupiah saja.

Wisanti Hotel Yogyakarta

Wisanti Hotel di Yogyakarta ini langsung menarik mataku. Letaknya cuma 2 km dari Stasiun Lempuyangan.  Dengan harga 280 ribu rupiah per malam, kita sudah bisa menikmati fasilitas hotel seperti kolam renang dan sarapan gratis. Nilai di Traveloka pun lumayan. 8,1 dari 691 reviews. Langsung masuk kandidat nih.

Hotel Diana Jogja

Ternyata ada satu hotel bagus terlewati. Namanya Hotel Diana Jogja. Lokasinya juga strategis dan hanya 50 meter dari restoran Kendedes. Dekat ke Marlioboro dan Prawirotaman. Kalau backpackeran, bisa ambil kamar yang Economy Shared Dormitory dengan harga 180 ribu semalam. Namun, kalau keluarga, ya ambil kamar Superior dengan harga 288 ribu semalam sudah ada kolam renang dan sarapan gratis.

Nilainya juga nggak kalah bagusnya. Dari 533 reviews yang ada, Hotel Diana Jogja mendapatkan nilai 8,3.

Oh ya, ada yang unik dari hotel ini, yaitu bentuk arsitektur bagian depannya khas rumah-rumah Jawa. Joglo gitu deh.


Sayangnya nih, untuk pilihan hotel dengan fasilitas kolam renang dan sarapan gratis dengan harga di bawah 300 ribu, hanya tiga penginapan di atas yang muncul. Ada satu hotel lagi yang menarik perhatianku karena namanya. De’Amor Exclusive Timoho. Sayangnya hotel ini sepertinya tidak menyediakan sarapan.

Namanya barat banget ya. Tampaknya sih ini hotel yang cukup baru karena di Traveloka sendiri baru ada 7 reviews dengan nilai 9,0. Lokasinya di Umbulhardjo.  Dekat dengan RS Siloam Yogyakarta.

Kalau dilihat dari bentuknya, konsep hotel ini modern minimalis ya. Dengan harga mulai dari 230 ribu, kita sudah bisa menikmati hotel baru ini ya.





Selain itu ada hotel bagus yang lain, yang misalnya kita naikkan budget bahwa ukurannya di bawah 400 ribu, maka ada hotel-hotel seperti Hotel Gowongan Inn Malioboro, Griya Yunika, Tiga Lima, menjanjikan kenyamanan menginap dengan gaya arsitektur yang instagramable juga.

Asik banget nggak sih kalau mau liburan sekarang? Kita sudah bisa merencanakan tempat menginap sesuai budget dan keinginan hanya lewat aplikasi di ponsel. Nggak pake ribet.

Jadi, pertanyaan berikutnya, kapan ke Yogyakarta? yuk!

Comments

comments

13 thoughts on “Cari Hotel Murah di Yogyakarta, Begini Caranya!”

  1. Jogya kota yang selalu saya rindukan…semoga bisa kembali lagi.

    Waktu itu saya juga booking hotel pakai traveloka, jadi disana nginap 5 hari dengan 2 hotel karena waktu itu dapat diskon traveloka.

  2. Kolam renang, sarapan gratis & lokasi. Hmm, nice tips ya Kak. Tp kl dkt lokasi wisata misalnya Paris (hehe.. Parangtritis) saya pikir jauh jg kl nyari hotel deket sana. Lebih enak di pusat kota, kemana² gampang. Anyway, tfs yaa

  3. Yogyakarta memang nggak pernah menghilang dari daftar kota tujuan liburan banyak orang ya, Mas. Betul banget, kota ini mempesona dan ngangenin. Apalagi akomodasi pun banyak yang terjangkau. Thanks lho, rekomendasi yang sudah dikasih. Bisa banget jadi pertimbangan kalau kesana bawa anak-anak.

  4. Kalau kriteria hotelku liburan sama keluarga: sarapan, parkiran, kolam renang…kalau yang ketiga ga ada gapapa, yang penting 1 dan 2 ada. Karena kami lebih pilih roadtrip, bisa bawa kendaraan sendiri atau naik transportasi umum terus nyewa mobil di sana…
    Ini listnya menggoda sekali…harga terjangkau, fasilitas pas.
    Bisa jadi referensi kalau ke Yogyakarta lagi

  5. Yogya memang selalu ada setangkup rindu buat datang lagi ya, Mas, Pring.
    Hanya saya seringnha PP Kebumen Yogya. Pergi pagi, pulang malam sampai rumah dini hari hahaja.
    Hanya saya pernah nginap di dormitory di dekat Malioboro. Pas mau trip Yogya, Solo, Surabaya, Makassar. Enak pakai aplikasi juga lebih mudah.

  6. Jogja emang bikin kangen. Dulu sempat ngekos seminggu disana dan suka sekali ama kota itu. Ada niat pengen kesana lagi, tinggal cek traveloka aja kyknya ya.

  7. Yuk kapan ke Yogyakarta lagi ? Itu pertanyaan yg sering ku lontarkan ke suami 😆 rasa nya kalau kesana gak mau pulang atau kalau mau pulang rasanya pengen kesana lagi . Hehehehe

    Karna disana ada saudara jadi nginep di rumah saudara , tp pernah juga nginep di hotel harga masih di bawah 200rb ya gitu gak dpt sarapan , repoot pas bangun tidur perut laper .
    Bisa jadi referensi nih kalau ke Yogya bawa pasukan 😊

  8. Kapan aja boleh.

    Aku pengen banget ke Jogja sebenernya. Cuma lagi cari timing yang pas. Eh, nemu artikel ini untuk booking hotel murah. Langsung deh aku bookmark apalagi aku memang konsumen setia dari Traveloka.

    Terima kasih informasinya, mas Pring..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *