cara memanjangkan rambut dengan cepat

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Pernah punya masalah rambut tidak lagi atau lama memanjang setelah dipotong? Berikut adalah cara memanjangkan rambut dengan cepat.

Sebelumnya, kita akan bahasa kenapa rambut susah panjang. Pada dasarnya, rambut manusia akan tumbuh sepanjang 1.5 cm setiap bulan. Namun banyak juga yang merasa bahwa rambutnya tidak memanjang sama sekali.

Penyebab Rambut Susah Panjang

Sebab pertama, mungkin karena kita terlalu sering mengganti gaya rambut. Membuat model rambut seperti di bleaching atau pewarnaan menggunakan bahan-bahan kimia dapat merusak komponen rambut. Rambut akan menjadi mudah patah pada bagian ujung dan membuat rambut tidak bertambah panjang.

Kedua, ada masalah rambut rontok. Kerontokan rambut harus segera diatasi. Hal-hal yang bisa kita lakukan adalah menggunakan sampo khusus untuk rambut rontok, antara lain: menggunakan serum atau tonik selepas keramas, cukupkan kebutuhan nutrisi rambut dengan rutin melakukan trimming, terutama dibagian rambut kering dan bercabang.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat

Ketiga, kondisi kulit kepala yang tidak sehat juga menyebabkan rambut tidak tumbuh panjang, melainkan tumbuh rambut kerdil. Pemicunya, pori-pori kulit kepala tersumbat sehingga pernapasan kulit kepala terganggu yang selanjutnya mengalami penyumbatan.

Keempat, stres bisa menjadi pemicu rambut susah panjang. Solusinya adalah rutin memanjakan diri dengan memijat kepala dan masker rambut. 

Kelima, makanan yang kita konsumsi sangat memengaruhi kondisi kesehatan rambut. Misalnya, kekurangan vitamin dapat menyebabkan beberapa masalah serius pada rambut. Terlalu banyak mengonsumsi gula akan membuat gula darah naik dan menyempitkan rongga di akar rambut. Begitu juga saat kekurangan protein, bisa memengaruhi kadar keratin pada rambut. Maka dari itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh agar selalu seimbang. Tidak ada yang berlebihan dan tidak ada juga yang kekurangan.

Keenam, dehidrasi. Kinerja fungsi-fungsi tubuh tidak akan berjalan lancar tanpa air yang cukup, termasuk rambut. Alasannya, pertama, seperempat dari rambut adalah air, sehingga kekurangan air akan menyebabkan rambut mengalami kekeringan. Kedua, air yang membawa vitamin ke akar rambut dan menghidrasi keseluruhan rambut jadi melambat dan dapat berhenti sama sekali. Dehidrasi tidak hanya memperlambat tumbuhnya rambut tetapi juga bisa membuat rambut rontok. Jadi, sangat disarankan bagi kalian untuk minum air putih paling sedikit dua liter per hari.

Ketujuh, sering kepanasan. Ya, kepanasan di sini misalnya kamu punya banyak aktvitas terpapar sinar matahari langsung atau pula dari perawatan seperti catokan. Untuk mengatasinya, gunakan produk pelindung panas yang berkualitas. Jangan lupa juga untuk menggunakan serum dan tonik agar kutikula lebih sehat dan merangsang pertumbuhan rambut.

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Pada dasarnya, dengan mengetahui penyebab rambut susah panjang kita jadi paham cara memanjangkan rambut dengan cepat. Ya, meski setiap orang tidak punya potensi yang sama dalam pertumbuhan rambut. Penyebab pertumbuhan rambut dipengaruhi berbagai faktor antara lain genetik, ras, perawatan harian rutin, dan kemampuan rambut mempertahankan pertumbuhannya.

Masalah kulit kepala misalnya. Solusinya berarti kita harus rajin Membersihkan Kulit Kepala dan Rambut. Memakai sampo dan kondisioner yang bisa memanjangkan rambut sekaligus membersihkannya secara menyeluruh adalah hal pertama yang kamu lakukan. Setelah itu, kamu juga tak boleh melupakan perawatan kulit kepala.

Menurut Penny James, seorang Trichologist dari NYC’s Penny James Salon, salah satu komponen utama dalam mempercepat pertumbuhan rambut adalah perawatan kulit kepala. Produk khusus untuk menyehatkan kulit kepala mampu memberi dampak signifikan pada kekuatan rambut dari akarnya.

Rambut bisa semakin sehat, semakin tebal, dan tak mudah patah karena didukung kulit kepala yang memiliki metabolisme lancar. Selain itu, pori-pori yang bersih membantu folikel menumbuhkan rambut baru.

Kelembapan rambut harus dijaga agar rambut tidak mudah patah dan rontok. Selain itu, kita perlu mengeringkan rambut secara alami. Hindari memakai hair dryer kecuali kita sedang terburu-buru untuk keluar rumah sehingga harus mengeringkan rambut dengan cepat.

Setelah kering, rambut baru disisir. Jangan dibiasakan menyisir rambut saat rambut masih basah.

Dan jangan lupa konsumsi asupan makanan yang kaya nutrisi setiap hari plus air putih yang memadai. Mulailah dengan diet sehat dengan makan makanan yang kaya protein, asam amino, vitamin A, vitamin C, niacin, biotin, hingga zinc dan zat besi.

  • Zat besi: bayam, brokoli, asparagus
  • Zinc: kacang-kacangan, daging dan keju
  • Protein: telur, susu, kacang, tahu, ikan, ayam
  • Vitamin A: wortel untuk kulit kepala sehat
  • Vitamin B; alpukat, gandum utuh, daging
  • Kalsium: Yogurt, susu dan keju

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *