Cegah Risiko Dalam Pengiriman Dengan Asuransi Pengiriman

Asuransi pengiriman atau pengangkutan pada dasarnya merupakan proteksi yang akan menjamin berbagai kerugian atas rusak atau hilangnya barang kiriman selama proses pengiriman berlangsung.

Produk layanan ini dapat digunakan bila seseorang ingin mengirimkan barang, entah itu untuk berjualan online ataupun menjalankan bisnis berskala besar. Tarif asuransi pun cukup bervariasi, bergantung pada ekspedisi atau perusahaan proteksi yang dipilih.

Fungsi dan Manfaat Asuransi Pengiriman Barang

Sejatinya, tidak ada seorangpun yang bisa menjamin bilamana barang kiriman yang baru diserahkan ke pihak ekspedisi aman sampai tujuan. Ini karena tidak ada yang tahu soal resiko di perjalanan nantinya. Mungkin saja tiba-tiba terjadi musibah perjalanan yang mengakibatkan barang paket rusak. Sehingga fungsinya ialah bagaimana produk proteksi memberikan perlindungan penuh terhadap barang yang dikirimkan dari pengirim ke penerima.

Perlu dicatat, bahwasanya kurir tidak memiliki kewajiban untuk bertanggung jawab terhadap barang yang dikirim ketika hilang atau rusak dikarenakan kejadian tidak disengaja. Oleh karena itu, pihak pengirim harus mempersiapkan segala resikonya dengan melakukan pembelian produk asuransi.

Jenis Asuransi Pengangkutan Barang

Berikut ini adalah beberapa jenis asuransi pengangkutan yang tersedia dan bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda:

1. Asuransi Pengangkutan Laut

Jenis asuransi pengangkutan laut menjamin barang terhadap resiko hilang atau rusak akibat bahaya-bahaya laut selama barang dikirim lewat laut. Misalnya saja terjadi ledakan, kapal yang terbakar, pembuangan barang untuk menyelamatkan kapal, kapal kandas, atau hal-hal mendesak lain yang memunculkan risiko pada barang terkait.

Terdapat beberapa jenis jaminan yang dapat digunakan oleh peserta asuransi, salah satunya adalah:

  • Total Loss Only
  • ACC-A
  • ACC-B
  • ACC-Cw

2. Asuransi Pengangkutan Darat

Jenis proteksi satu ini akan mengganti segala kerugian nasabahnya apabila terjadi resiko hilang atau rusak selama barang dikirim lewat jalur darat. Beberapa jenis jaminan yang umumnya ditawarkan adalah:

  • Land transit cover A
  • Land transit cover B

3. Asuransi Pengangkutan Udara

Merupakan layanan proteksi yang akan menjamin penggantian rugi apabila terjadi kerusakan atau kehilangan pada barang paket di masa pengiriman lewat udara berlangsung.

Asuransi Pengiriman dari AXA Mandiri

Untuk menjaga kepuasan dari para pelanggannya, AXA Mandiri kembali menghadirkan produk baru bertajuk Asuransi Pengangkutan. Dimana layanan proteksi ini akan menjamin keamanan barang nasabahnya selama proses pengiriman berlangsung, baik itu melalui jalur darat, laut, maupun udara. Pun dengan pengiriman dalam kota, antar kota, antar pulau, hingga ekspor-impor.

Didukung oleh beberapa agen survei skala global, AXA Mandiri didapuk mampu memberikan pelayanan sangat baik. Nasabah boleh merasa tenang saat menjalani operasional maupun bisnis menggunakan pengiriman kargo AXA Mandiri.

Pilihan layanannya pun bisa disesuaikan dengan jenis barang yang hendak diasuransikan dan kebutuhan dari nasabah itu sendiri. Lebih aman lagi, proteksi ini telah terdaftar sebagai Asuransi Pengangkutan/Marine Cargo di OJK. Berikut merupakan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh proteksi pengiriman AXA Mandiri:

  • Manfaat perlindungan atas resiko kecelakaan jalan
  • Manfaat perlindungan barang dari bencana alam
  • Manfaat perlindungan atas tindak pencurian atau perampokan

Adapun syarat dan ketentuannya adalah:

  • Cakupan masa perlindungan hingga 1 tahun lamanya sejak polis diterbitkan.
  • Jenis mata uang yang dapat digunakan untuk pembayaran premi asuransi ini adalah Rupiah dan Dollar Amerika.
  • Menggunakan jalur distribusi bank dan broker.

Menggunakan asuransi pengiriman sebagai bahan perlindungan selalu jadi pilihan terbaik untuk menghindarkan barang kiriman dari berbagai resiko mengancam di perjalanan. Dengan begitu, paket bisa sampai di tangan penerima tanpa lecet ataupun penyok. Jangan lupa selalu pastikan keamanan pengiriman barang Anda dengan asuransi pengiriman AXA Mandiri.

Namun ada satu hal yang harus diperhatikan oleh calon nasabah asuransi, pastikan membaca polis asuransi dengan benar. Hal itu sudah saya posting pada postingan sebelumnya tentang cara membaca polis asuransi AXA Mandiri. Jadi, pastikan Anda paham dengan dokumen polis yang ditandatangani ya.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *