cara memahami polis axa mandiri

Ketahui Cara Memahami Polis AXA Mandiri dengan Tepat

Saat mendapatkan tawaran dari asuransi AXA Mandiri membuatku ingat dengan sesuatu yang pernah kualami dulu. Pernah aku ikut asuransi, namun bukan AXA Mandiri. Teman sekelas semasa kuliah yang menawarkan produk asuransi tersebut. Sayangnya, karena rasa percaya karena jiwa satu almamater membuatku lalai dalam mencermati polis asuransi tersebut. Keputusan yang aku sesali di kemudian hari karena sebenarnya ada cara memahami polis asuransi dengan tepat.

Tidak membaca juga memahami polis asuransi adalah blunder yang paling fatal buat siapa saja yang ingin berasuransi. Sebab, di polis itulah kita bisa mendapatkan pemahaman yang utuh, baik kelebihan maupun kekurangan asuransi yang kita inginkan.

Sering terjadi salah paham akibat tidak memahami polis asuransi. Salah satunya adalah memahami manfaat investasi saat membeli asuransi unit link. Bahasa sales terkadang terlalu manis sehingga luput menjelaskan bahwa pada dasarnya investasi dalam unit linked adalah investasi dalam jangka panjang.

Nilai investasinya baru akan terlihat dalam jangka panjang. Dalam jangka pendek, nilai investasi kita memang lebih rendah dari total premi yang dibayarkan sehingga tidak jarang ada nasabah yang merasa tertipu dan dirugikan.

Nah, untuk menghindari kesalahpahaman sejenis, ada baiknya kita membaca dan memahami polis asuransi. Berikut cara memahami polis asuransi dengan tepat.

Baca Polis Asuransi AXA Mandiri dengan Cermat

Rata-rata perusahaan asuransi memberikan waktu tunggu 7-14 hari bagi nasabah untuk membaca polis asuransi, ini juga termasuk bagi kamu yang merupakan nasabah axa mandiri. Ini disebut masa tenggang polis asuransi atau cooling-off period. Ketentuan soal masa tenggang ini juga pasti tertuang di dalam polis.

Isi buku polis asuransi memuat informasi dan kesepakatan yang dibuat oleh perusahaan asuransi dan pemegang polis, tetapi sifatnya perjanjian satu pihak. Sebab, setiap poin dari kesepakatan itu  dibuat oleh perusahaan asuransi secara sepihak. Jadi, kita perlu tahu cara memahami polis asuransi dengan baik. Bila tidak sepakat, kita bisa membatalkan keikutsertaan kita pada asuransi tersebut tanpa denda apa pun dan uang yang telah disetor bisa kembali utuh.

Baca Juga: Asuransi Kesehatan Buat Penulis

Baca Data Polis Asuransi AXA Mandiri

Hal yang harus dibaca pertama kali adalah data polis asuransi. Di dalam data polis asuransi ada data-data tentang pemegang polis, nama tertanggung, jumlah premi, dan nama penerima manfaat atau ahli waris, serta jumlah uang pertanggungan yang akan diterima jika terjadi risiko. Pokoknya mah jangan sampai ada kesalahan dalam data polis asuransi tersebut.

Baca Bab Ketentuan Khusus dalam Polis Asuransi

Bab ketentuan khusus dalam polis asuransi berisi risiko-risiko yang bisa dijamin oleh perusahaan asuransi dan tidak dijamin atau dikecualikan. Kita harus memahami bab ini untuk mengetahui apa saja yang ditanggung oleh asuransi.

Hati-hati Membaca Unit Link

Unit link adalah jenis asuransi yang menggabungkan asuransi jiwa atau asuransi kesehatan dengan investasi. Premi yang kita bayarkan terbagi untuk asuransi dan untuk investasi.

Pertama, yang patut kita pahami, dengan pembagian antara asuransi dan investasi itu, manfaat asuransi yang kita terima pun sebenarnya berkurang. Misalnya, premi kita sebesar 750.000. Terbagi dua sama rata. Maka, manfaat asuransi jiwa atau asuransi kesehatan kita hanya sebesar 375.000 dan sisanya diinvestasikan.

Kedua, risiko investasi tersebut ditanggung oleh nasabah, bukan oleh perusahaan investasi. Dalam polis asuransi biasanya ada ilustrasi dengan 3 skenario. Low-Moderate-High. Ilustrasi itu akan menggambarkan pengembalian hasil investasi mulai dari tahun pertama sampai tahun X dengan asumsi rate of return a, b, dan c.

Nah, ingatlah selalu bahwa ilustrasi itu adalah rekaan. Dalam kasus yang terjadi kepadaku, saat itu aku bertanya, “Bagaimana kalau ketidakstabilan ekonomi terjadi seperti resesi tahun 2008 yang mengakibatkan rate of returnnya lebih rendah dari ilustrasi paling rendah?” Sayangnya, aku terlalu polos. Karena aku percaya temanku, jadi aku percaya ketika dia berkata, selama ini rate of return-nya paling rendah sih di angka yang moderate.

Karena itu perlu dipahami baik-baik kebutuhan nasabah itu bagaimana. Jika hanya menginginkan perlindungan jiwa atau kesehatan, sebaiknya tidak mengambil asuransi unit link. Namun, bila ada idle cash yang memang direncanakan untuk jangka panjang, unit link akan bermanfaat.

Polis Asuransi Bersifat Final dan Mengikat

Cara baca polis Axa Mandiri

Untuk menghindari kesalahan terkait isi polis asuransi terutama pada bagian lingkup jaminan, perlindungan asuransi, fasilitas tambahan, periode asuransi dan potongan biaya, sebaiknya kita berkonsultasi dengan financial advisor. Jangan malu-malu bertanya karena bertanya tidak membuat kita bodoh daripada nanti kita merasa dirugikan.

Itu adalah cara memahami polis asuransi dengan cepat. Jangan sampailah kejadian yang kualami terjadi pada kalian. Seperti sia-sia punya asuransi. Bahkan ketika sakit pun, tidak ada fasilitas kesehatan yang bekerja sama secara langsung dengan perusahaan asuransi tersebut. Ya, tetap saja harus membayar terlebih dahulu meski nantinya dapat reimbursement. Tapi toh tetap harus cari uang buat biaya rumah sakit dulu ‘kan. Pilih asuransi seperti AXA Mandiri yang jelas terafiliasi dengan Bank Mandiri dan sudah banyak terhubung dengan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *