Japan Train Traveloka, Cara Praktis Menjelajahi Jepang

Salah satu kunci kenyamanan ketika Anda berkunjung ke Jepang adalah Japan Rail Pass dari Japan Train Traveloka. Dengan memanfaatkan layanan ini, Anda bisa menjelajahi seluruh Jepang lebih mudah dan nyaman.

Japan Rail Pass

Japan Rail Pass Kemudahan Bagi Wisatawan Mancanegara di Jepang

Japan Rail Pass merupakan tiket khusus diperuntukkan bagi wisatawan dari luar negeri yang sedang liburan di Jepang. Moda transportasi utama yang dioperasikan oleh JR Group di seluruh Jepang seperti kereta express, kereta limited express, kereta lokal hingga Shinkansen “Bullet Train” menerima penggunaan tiket ini. Menariknya, tiket tersebut bukan hanya bisa dipakai untuk kereta dengan jaringan luas saja, tapi juga untuk perjalanan bus dan kapal feri.

Bagi wisatawan asing tiket Japan Rail Pass bisa menjadi cara paling efektif untuk menjelajahi berbagai destinasi wisata di Jepang. Anda bisa menghemat biaya perjalanan bila harus mengunjungi beberapa tempat sekaligus. Meski begitu, masih ada wisatawan yang kebingungan memilih antara tiket Japan Rail Pass atau Tokyo Metro. Padahal keduanya sama-sama efektif bila disesuaikan dengan durasi tinggal dan tujuan liburan di Jepang.

Cara menggunakan tiket JR Pass cukup mudah yakni dengan menunjukkan tiket tersebut ke petugas stasiun dan Anda baru diperbolehkan masuk ke dalam peron. Perjalanan menggunakan tiket JR Pass tentu lebih praktis daripada harus membeli tiket setiap kali hendak naik kereta atau armada transportasi lainnya. Cukup membayar tiket JR Pass di awal dan jelajahi Jepang dengan mudah.

Jenis Japan Rail Pass

Ada beberapa pilihan JR Pass yang bisa dibeli wisatawan, namun yang paling biasa dibeli adalah JR Pass Green 1st Class dan JR Pass Ordinary. Apabila Anda menghendaki fasilitas yang lebih nyaman, pilih JR Pass Green 1st Class yang serupa dengan kelas eksekutif atau bisnis. Meskipun harganya lebih mahal, Anda akan dimanjakan dengan kursi yang lebih lebar. Kedua tiket tersebut bisa berlaku selama 7 hari, 14 hari hingga 21 hari dengan tarif yang berbeda. Untungnya, baik JR Pass Green 1st Class dan JR Pass Ordinary bisa dipakai di seluruh Jepang sehingga Anda tak akan kesulitan mencari tiket kereta selama di Jepang.

Apabila Anda hanya mengunjungi beberapa tempat saja di Jepang dan tiket JR Pass Ordinary terasa mahal, tak ada salahnya membeli tiket khusus. Tiket khusus ini disediakan oleh Japan Railways dan dijual sesuai dengan areanya. Selain harganya lebih murah, penggunaan tiket khusus juga bisa lebih optimal meskipun hanya berlaku di kawasan tertentu saja. Contoh tiket khusus seperti All Shikoku Rail Pass, JR-West Rail Pass (Kansai), Hokkaido Rail Pass, JR-West Rail Pass (Sanyo-San-in) dan JR Kyushu Rail Pass.

Pembelian Japan Rail Pass

Mengingat Japan Rail Pass hanya diperuntukkan bagi wisatawan asing (non-Jepang), Anda hanya bisa membeli tiket ini di luar Jepang. Pembelian tiket di luar Jepang ini mencakup tiket JR Pass Green 1st Class dan JR Pass Ordinary. Cara paling mudah mendapatkan tiket tersebut salah satunya yakni melalui pembelian Japan Train Traveloka. Membeli JR Pass di Traveloka jauh lebih mudah karena Anda bisa memilih tiket sesuai kebutuhan dengan cepat. Tiket nantinya bisa dikirimkan ke alamat atau email Anda maupun diambil sendiri. Selain itu, bila Anda harus mengubah rencana perjalanan tiket pun bisa di-refund.

Agar perjalanan Anda kian berkesan, sebaiknya rencanakan pilihan JR Pass yang tepat ketika liburan ke Jepang. Ada banyak kota wisata populer yang bisa dikunjungi dengan memanfaatkan JR Pass seperti Tokyo, Saitama, Gunma, Chiba, Kobe dan lainnya. Bahkan rute perjalanan populer seperti Tokyo-Osaka pun bisa dijangkau menggunakan tiket JR Pass.

Hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan JR Pass salah satunya adalah harganya bisa berubah sesuai dengan pergerakan nilai tukar Yen terhadap Rupiah. JR Pass membutuhkan validasi paspor dengan cap “Temporary Visitor” sedangkan pemeriksaan ID card tak diperlukan. Tiket JR Pass hanya bisa dipakai oleh satu orang saja sesuai dengan nama yang tertera di tiket bukan untuk berbarengan. Terakhir, Anda hanya bisa menggunakan JR Pass untuk bisnis, liburan, konferensi atau kebutuhan lainnya sesuai dengan peruntukan visa kunjungan sementara.

 

 

One thought on “Japan Train Traveloka, Cara Praktis Menjelajahi Jepang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *