Memahami Kelebihan dan Pengertian Asuransi Konvensional

Asuransi konvensional adalah jenis asuransi yang umum dipakai oleh masyarakat di Indonesia. Pengertian asuransi konvensional secara sederhana adalah jenis asuransi yang menggunakan prinsip jual beli. AXA Mandiri menjadi salah satu perusahaan asuransi profesional yang menawarkan produk asuransi konvensional kepada para nasabahnya. 

Axa Mandiri

Pengertian Asuransi Konvensional

Asuransi konvensional merupakan asuransi berprinsip jual beli karena adanya perjanjian antara 2 pihak atau lebih, yaitu pihak penanggung dan tertanggung. Dalam hal ini pihak penanggung akan mengikatkan diri kepada tertanggung. Bentuknya berupa premi yang akan diberikan penanggung sebagai penggantian kepada tertanggung karena adanya kerugian, kerusakan ataupun kehilangan. 

Imbalan atau pengembalian premi tersebut dalam bentuk perlindungan atau proteksi kepada tertanggung atau pemegang polis. Proteksi dan perlindungan diberikan atas risiko tertentu yang bisa terjadi. Contohnya seperti asuransi kecelakaan diri yang akan diberikan kepada tertanggung saat mengalami sakit karena kecelakaan. 

Jika kamu belum begitu paham dengan asuransi dan apa itu yang dimaksud polis, dapat melihat cara baca polis AXA Mandiri yang sudah sempat saya bahas pada postingan beberapa waktu yang lalu di blog ini. Cari saja melalui tombol “search” yang ada di blog ini. 

Manfaat dan Kelebihan Asuransi Konvensional

Adanya asuransi jiwa konvensional sudah terbukti memberikan banyak manfaat dan keuntungan pada masyarakat. Selain akan memberikan proteksi secara maksimal, asuransi jiwa terbaik juga bisa menjamin masa depan dalam bentuk investasi. Adapun manfaat yang bisa diambil dari asuransi jiwa konvensional adalah :

  1. Membantu pengelolaan keuangan 
  2. Memberikan rasa tenang karena sudah adanya jaminan perlindungan
  3. Menghindarkan dan melindungi dari risiko serta kerugian
  4. Menjadi salah satu bentuk investasi masa depan dengan memilih asuransi jiwa unit link

Kelebihan Asuransi Konvensional

Di tengah pro dan kontra terhadap kehadiran asuransi konvensional bagi kalangan tertentu tidak bisa menghapus kelebihan yang ada didalamnya. Cukup banyak kelebihan yang akan Anda dapatkan sebagai pemegang polis asuransi jiwa konvensional seperti milik AXA Mandiri. Kelebihan asuransi jiwa yang dimaksud antara lain :

Manfaat Axa Mandiri

1. Bentuk Investasi Jangka Panjang

Asuransi jiwa bisa dijadikan sebagai bentuk investasi jangka panjang dengan memilih produk asuransi jiwa unit link.

2. Memperkecil Risiko

Dengan menjadi pemegang polis dari asuransi jiwa akan mempermudah nasabah ketika harus menghadapi risiko dan kondisi yang tidak terduga seperti kecelakaan misalnya.

3. Tabungan Masa Depan

Asuransi bisa bermanfaat sebagai tabungan untuk menjamin masa depan selain untuk memberikan jaminan dan proteksi tentunya.

4. Membantu Menghadapi Risiko Tak Terduga

Asuransi jiwa akan menekan dan memperkecil resiko tak terduga dan kerugian yang dialami nasabah. Risiko tak terduga yang dimaksud antara lain kecelakaan, bencana dan sebagainya.

Prinsip dan Cara Kerja Asuransi Konvensional

Untuk memberikan manfaat dan proteksi maksimal pada nasabah, asuransi jiwa memiliki sistem serta cara kerja tersendiri. Bagaimanakah prinsip dan cara kerja dari asuransi jiwa konvensional tersebut?

  • Ada kepentingan yang harus dipertanggungkan
  • Ada itikad baik antara penanggung dan tertanggung
  • Premi yang dibayarkan oleh tertanggung akan dikembalikan dalam bentuk proteksi 
  • Adanya bentuk kontribusi dari penanggung kepada tertanggung
  • Prinsip mencari sebab akibat jika terjadi suatu peristiwa berantai yang terjadi pada tertanggung
  • Perwalian, yaitu pengalihan hak oleh tertanggung kepada penanggung sesudah terjadinya pembayaran pada klaim yang diajukan tertanggung.

Bagaimanapun adanya asuransi konvensional sangat membantu nasabah atau pemegang polis beserta keluarganya ketika terjadi hal yang tidak terduga. Namun perlu diingat agar manfaat maksimal asuransi bisa didapatkan pilihlah yang terbaik. AXA sebagai asuransi nomor 1 di dunia selama kurang lebih 5 tahun akan memberikan yang terbaik bagi Anda.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *