Aplikasi Menulis Terbaik untuk Penulis

Hal yang paling dibutuhkan oleh penulis adalah ruang dan apresiasi. Kemajuan teknologi ternyata mencoba menjawab kebutuhan tersebut dengan hadirnya berbagai macam platofrm atau pun aplikasi menulis. Tak hanya menghadirkan ruang untuk berkreativitas, platform menulis tersebut mencoba memberi apresiasi lebih kepada penulis dengan menghadirkan fitur premium sebagai peran dalam pemberian royalti atas tulisan-tulisannya. Berikut ini beberapa aplikasi menulis terbaik untuk penulis yang bisa saya rangkum.

Storial.co

Storial.co yang juga akrab dengan Nulisbuku, adalah sebuah aplikasi menulis untuk kamu yang ingin mengunggah tulisan atau cerita kamu dalam format buku. Fitur pada Storial.co memungkinkan penggunanya bisa menuliskan ceritanya bab per bab. Terdapat juga fitur yang menghubungkan antara penulis dengan penulis lainnya, maupun dengan pembaca.

Tujuan dari aplikasi ini adalah melahirkan penulis-penulis baru di Indonesia. Kamu ingin menjadi salah satunya? Segera download aplikasi menulis ini sekarang juga, ya.

Wattpad

Wattpad adalah aplikasi yang tersedia di ponsel Android untuk membaca ataupun mengirimkan karya tulisan dalam bentuk artikel, cerita pendek, novel, puisi, atau sejenisnya. Wattpad diluncurkan pada tahun 2006 oleh Allen Lau dan Ivan Yuen.

Aplikasi menulis ini sudah tidak asing dan cukup populer. Dari Wattpad kini banyak sekali penulis yang dapat menerbitkan bukunya secara fisik dan tidak sedikit pula yang berhasil menjadi best seller.

Sebut saja Almira Bastari dan Valerie Patkar yang sama-sama berangkat dari Wattpad hingga kini menjadi penulis buku best seller. Almira telah menerbitkan Resign! sementara Valerie sukses dengan Claires.

Hingga saat ini Wattpad memiliki 100 juta cerita yang bisa dibaca secara online.  Untuk membuat akun, kamu cukup registrasi dengan menghubungkan akunmu dengan Facebook atau Google+, kemudian ikuti petunjuk yang tersedia. Agar lebih mudah diakses, kini aplikasi wattpad sudah tersedia di ponsel Android dan iOS.

KBM App

Bermula dari sebuah grup Facebook, kini Kelompok Belajar Menulis atau yang lebih dikenal dengan nama KBM juga sudah membuat platform. Akrab dengan brandingnya dengan ibu-ibu, Komunitas Bisa Menulis ini diluncurkan pada Mei 2021. Serial Layangan Putus dulunya dari KBM grup lho!

Karya Karsa

KaryaKarsa adalah Platform Apresiasi Kreator. Tempat kita dapat langsung mendukung kreator favorit dengan kesinambungan finansial. Sehingga, kreator bisa mendapatkan pendapatan bulanan langsung untuk terus berkarya. Jadi di sini nggak hanya khusus buat penulis sih, tapi juga karya seni yang lain. Banyak penulis top menulis di KaryaKarsa seperti Dee Lestari dan Adimas Immanuel.

Cabaca

Cabaca merupakan aplikasi baca dan penerbitan digital di Indonesia. Konsepnya agak berbeda dengan beberapa platform digital yang banyak bermunculan belakangan. Kalau kebanyakan platform memungkinkan pengguna secara bebas mengunggah kontennya, di Cabaca tidak demikian. Salah satu yang menjadikannya berbeda adalah adanya kurasi atau seleksi terhadap naskah serta proses penyuntingan pada setiap cerita yang ditawarkannya. Ibaratnya, satu karya di Cabaca sudah pasti diperhatikan dari hulu ke hilirnya.

Mungkin bagi sebagian orang, sistem ini tidak menguntungkan bagi mereka, tetapi bagi pembaca, sistem ini dapat diterima, terutama bagi pembaca yang benar-benar menginginkan bacaan yang terkurasi. Sebenarnya sistem ini juga dapat dimanfaatkan oleh penulis sebab di Cabaca, setiap karya yang masuk dan diseleksi, akan diberi review atau masukan oleh tim redaksi. Dengan begitu, penulis bisa selalu upgrade pengetahuan dan tahu bagaimana harus merevisi karyanya.

Baca Dulu: Aplikasi Perpustakaan Online Terbaik

Sebenarnya masih banyak aplikasi lain yang bisa memudahkan penulis mengunggah karya-karyanya. Sekarang segala sesuatunya mudah. Dengan adanya aplikasi ini, kita tidak perlu lagi menulis di laptop. Dalam waktu senggang, aplikasi berbasis android bisa diakses lewat ponsel kita. Aplikasi menulis terbaik untuk penulis ini akan membantu kita menggapai mimpi kita sebagai penulis.

Yang perlu diperhatikan adalah, hati-hati dalam mengunggah karya ke platform. Sebab, ada platform yang ternyata justru memberatkan para penulis di dalam kontraknya. Kita kudu teliti ya!

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *