Advan Tab VX

Alasan Kenapa Penulis Harus Punya Tablet

Bagi seorang penulis, membaca adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Tapi, tentu saja berat bila harus membawa buku ke mana-mana. Sementara itu, kalau membaca di ponsel biasa, rasanya tidak nyaman. Layarnya terlalu kecil, sakit di mata. Karena itulah, salah satu niatan tahun depan adalah memiliki tablet.

Baca Dulu: Transformasi Digital: Sebuah Realitas dan Kultur

Dengan tablet, akan lebih mudah dan nyaman membaca buku digital. Selain itu, berikut ini alasan kenapa kita harus punya tablet:

Ringan

Sudah dapat dipastikan bahwa tablet memiliki beban ringan, karena ukurannya yang menyerupai handphone pada umumnya. Buat yang aktivitasnya fleksiblel, suka bergerak ke mana-mana, punya tablet ini penting karena bobot tablet jauh lebih ringan daripada komputer desktop bahkan dari laptop maupun netbook meskipun kemampuan dan fungsinya sama. Karena beratnya yang ringan ini, kita bisa membawa tablet kemana pun dan kapan pun.

Praktis

Lewat tablet, kita bisa melakukan berbagai macam hal, seperti menyelesaikan pekerjaan, bermain game, atau menonton film di ruang keluarga, garasi, sekolah, warung, mobil, bahkan toilet sekali pun. Kita hanya memerlukan tablet untuk bisa melakukan banyak aktivitas ini karena sistem yang diberikan tablet bisa mengcover banyak aktivitas masyarakat saat ini.

Seorang penulis juga suka menonton film. Saat orang berkhidmat pada drama Korea misalnya, saya juga menonton serial drama Korea untuk mempelajari plot dan bagaimana kekuatan penokohannya. Menonton di tablet dengan layar lebih besar tentu lebih puas.

Mudah

Keunggulan lain yang bisa kita dapatkan dari memiliki tablet adalah mudahnya pengoperasian alat ini. Tingkat kesulitan di dalam pengoperasian tablet PC sangat minim, khususnya dengan sistem operasi seperti iOS (Apple) dan Android (Google). Interfacenya gampang. Dulu banget aku pernah pinjam tablet bapakku buat anakku yang balita. Ternyata baru sebentar, anak bayi juga bisa paham cara pakai tablet, meski waktu itu dia cuma main game. Hanya dengan menggeser-geser dan menekan dengan jari, semua dapat dikendalikan dengan mudah.

Internet Lengkap

Sudah dapat dipastikan, sebuah tablet ini bisa untuk aktivitas digital seperti browsing, email, chat, dan jejaring sosial. Hadirnya tablet ini sangat membantu pengguna digital masa kini yang memiliki banyak kegiatan untuk dilakukan setiap harinya.

Hiburan

Hal yang tidak bisa dimungkiri dari memiliki tablet adalah hiburan yang bisa kamu dapatkan kapan saja dan di mana saja. Karena mudah, praktis, dan internet yang lengkap dari sistem tablet ini, kamu bisa menggunakan tablet sebagai sarana hiburan di saat kamu sedang mengantri dan menunggu teman.

Lalu tablet seperti apa yang bisa kubeli nanti, ya?

Tentu, aku bukan orang kaya yang bisa beli tablet yang mahal. Anggaranku sangat terbatas. Pertimbangan pertama, harga tablet tersebut kudu nggak lebih dari 4 juta rupiah!

Kepentingan utamaku adalah buat membaca. Kapasitas tablet yang besar untuk menyimpan berbagai buku digital menjadi penting. Ponselku sekarang yang berkapasitas 64 GB saja rasanya tidak cukup. Buku-buku yang kuunduh dari aplikasi buku digital berlangganan memenuhi memori. Jadi setidaknya, kapasitas tablet itu minimal 128 GB. Dan bisa dipasang memori tambahan.

Dari dua kriteria itu saja, baru-baru ini aku melihat sebuah tablet dari Advan Tab VX. RAM-nya sudah 8 GB dengan kapasitas media penyimpanan 128 GB dan bisa ditambah memori eksternal, kartu microSD hingga 2 TB.

Selain untuk menyimpan buku digital, dengan memori segitu, kita juga bisa menyimpan banyak film dan serial drama Korea tuh. Jadi nggak perlu harus streaming, simpan dulu, pas santai sebelum tidur bisa menonton. Apalagi Advan Tab VX menyediakan panel seluas 10,4 inci dengan resolusi tinggi WUXGA+ (2000 x 1200 piksel). Tajem!

Ketiga, masalah klasik yang sering dialami oleh gawai adalah daya tahan baterainya. Untukku yang sering beraktivitas seharian di luar rumah, tentu aku butuh gawai yang tahan lama nyalanya. Nah, Advan Tab VX ini juga baterainya 6200 mAh yang tahan lama.

Sebenarnya tablet ini juga cocok lho untuk yang suka main game banget. Soalnya performa tablet ini tergolong premium karena dilengkapi chipset Unisoc Tiger T618 yang telah terbukti menakjubkan kinerjanya. Unisoc Tiger T618 di ADVAN TAB VX menawarkan high gaming performance di kelasnya. Chipset ini dibuat berdasarkan pabrikasi 12nm, dan mempunyai kecepatan 2.0 GHz dengan sokongan GPU Mali G52 MP2. Secara teknis, Unisoc Tiger T618 memiliki kecepatan 850MHz yang di atas kertas, performanya berada di antara MediaTek Helio G70 (820MHz) dan Helio G80 (up to 1GHz). Kalau yang paham AnTuTu, hasil tesnya mencapai 240 ribuan, setingkat dengan MediaTek Helio G70 yang rata-rata performanya banyak ditawarkan oleh tablet flagship.

Baca Juga: Rasanya Kuliah Sebagai Awardee Bappenas

Huff, membaca spesifikasi tablet premium dengan harga lebih murah begini jadi pengen beli segera. Tapi sayangnya anggaran bulan ini belum tersedia.

Semoga awal tahun depan, anggarannya tersedia dan aku jadi punya tablet. Lumayan buat mendukung aktivitas kepenulisanku. Mana tahu aku jadi lebih produktif.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *