Akseleran Alternatif Pengembangan Dana Kaum Milenial

Pernah dengar tentang Peer to Peer Lending (P2P Lending)? Dalam konsep P2P Lending, terdapat dua pendekatan yakni sebagai peminjam atau pemberi pinjaman (Pendana). Kita bisa berperan sebagai peminjam dan/atau pemberi pinjaman. Dalam hal P2P Lending, kedua peran ini akan memberikan manfaat tersendiri dalam hal finansial.

Nah, P2P Lending ini kini menjadi salah satu pilihan pendanaan favorit para milenial.

Baca Juga: Kenapa Penting Sekali Memulai Investasi Bagi Milenial?

Konsep pemberian dana pinjaman kepada pihak masyarakat dalam P2P Lending dianggap dapat menghidupkan ekonomi. Bila kita menjadi investor (pemberi pinjaman/lender) dalam pendanaan P2P Lending, maka dana yang dipendanaankan akan dipinjamkan ke beberapa sektor bidang dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Dalam beberapa jangka waktu tertentu, dana akan dikembalikan beserta keuntungannya. Pendanaan menggunakan P2P Lending pun saat ini bisa dilakukan secara online melalui platform yang disediakan oleh para penyedia jasa P2P Lending sehingga pendanaan bisa dilakukan secara mudah dan praktis.

Namun, pendanaan di P2P Lending bukan tanpa risiko. Selain syarat mutlak P2P Lending itu harus terdaftar atau berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum melakukan pendanaan atau memberikan pinjaman di P2P Lending.

Kiat Memilih Pendanaan P2P Lending agar Untung

  1. Semakin Variatif Produk yang Ditawarkan, Semakin Bagus.
  2. Pastikan P2P Lending Memiliki Track Record yang Bagus.
  3. Perhitungkan Baik-baik Mengenai Return dan Modal yang Diperlukan.
  4. Pahami Betul Bagaimana Menggunakan Platform.
  5. Sesuaikan dengan Tujuan Finansial.
  6. Sesuaikan dengan Jumlah Uang yang Dimiliki.

Tentang Akseleran Alternatif Pengembangan Dana Kaum Milenial

akseleran

Akseleran adalah salah satu platform crowdfunding P2P Lending Indonesia yang menghubungkan pelaku UKM yang membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usaha. Nah, Berdiri per 2 Oktober 2017 sebagai perusahaan rintisan (startup) Fintech P2P Lending yang sudah resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Akseleran pun sudah tersertifikasi oleh ISO27001 full scope dan dalam operasionalnya sangat menitikberatkan terhadap perlindungan konsumen. Akseleran juga sudah dapat diakses melalui Aplikasi Mobile baik dari Google Play Store (Android) maupun dari Apple App Store (iOS). 

Siapa pun bisa menanamkan dananya di Akseleran. Pendanaan yang dibutuhkan tidak perlu dalam jumlah yang besar. Kita bisa memulai berpendanaan dengan dana mulai dari Rp100 ribu. Tingkat pengembalian hasilnya pun mencapai 21% per tahun tergantung proyek yang kita pilih. Sementara itu, dari sisi peminjam (pelaku usaha/borrower) berpotensi untuk memperoleh pinjaman usaha melalui Akseleran minimal sebesar Rp200 juta dan maksimal sebesar Rp2 miliar. 

Yang membedakan Akseleran dengan P2P Lending lain adalah keterangan per proyek disajikan begitu detail. Di sana kita bisa memilih proyek yang memiliki proteksi asuransi atau tidak. Proyek yang memiliki proteksi asuransi tentu saja aman. Namun sebagaimana prinsip pendanaan, high risk high return. Tingkat pengembalian hasil proyek yang memiliki proteksi asuransi lebih rendah dibanding yang tidak terproteksi asuransi. Lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan dan ada proteksi asuransi kreditnya sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Proteksi asuransi kredit ini bisa menjamin pengembalian dana kita hingga 85% jika si peminjam mengalami gagal bayar.

Baca Juga: Bagaimana Saya Harus Merencakan Keuangan di Masa Pandemi?

Selanjutnya yang menarik adalah Akseleran memberikan grade terhadap peminjam dana. Tentu saja semakin baik gradenya, risikonya pun semakin rendah. Kita bisa mempelajari profil peminjam tersebut untuk memiliki keyakinan yang memadai sebelum meminjamkan dana.

Buat teman-teman yang ingin mengembangkan dana di Akseleran, langkahnya mudah banget. Install saja aplikasi Akseleran yang telah tersedia di Google Play Store (Android) maupun dari Apple App Store (iOS). Cara mendaftarnya pun mudah dipahami dan step by step yang ada dalam aplikasi ini bisa kita pahami bagi segala kalangan yang ingin memulai investasi pendanaan. Yang penting, siapkan KTP dan NPWP saja ya biar langsung bisa meminta verifikasi.

Ayo buruan daftar sekarang juga. PT. Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) akan memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode promo AKSLPRINGADI364063.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *