7 Tips Mudah agar Pengajuan Pinjaman Tidak Ditolak

Proses pengajuan pinjaman memang tidak selamanya berjalan lancar. Sebagian orang bahkan mengalami kesulitan mendapat kredit, karena pengajuan mereka ditolak berulang kali. Penyebabnya beragam bisa karena data yang tidak lengkap, rekam kredit yang buruk, juga penghasilan yang tidak tetap. Kali ini akan dibahas lebih lengkap tips agar pengajuan kredit tidak ditolak oleh bank. 

Baca Dulu: Perbedaan Cicilan Bank Syariah dan Konvensional

Tips Mengajukan Kredit

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa diterapkan agar pengajuan pinjaman berjalan lancar dan tidak ditolak. Tinggal bagaimana kamu menyusun strategi tersebut dan benar-benar mengajukan kredit dengan cermat. Berikut ini adalah 7 tips mudah yang bisa diterapkan agar pengajuan kredit tidak ditolak oleh pihak bank:

  1. Pastikan Ada Penghasilan Tetap

Pertama, pastikan dulu bahwa kamu ada penghasilan tetap. Pihak bank biasanya akan memeriksa status ini sebelum menyetujui ajuan kredit. Coba bayangkan jika tidak ada penghasilan tetap maka tidak ada pemasukan yang bisa digunakan untuk membayar angsuran. Artinya produk pinjaman nanti bisa berhenti di tengah jalan dan hal ini jelas akan merugikan pihak bank. 

  1. Pastikan Skor Kredit Bagus

Selanjutnya kamu harus memastikan bahwa skor kredit mu sangat bagus. Perlu diketahui bahwa bank biasanya akan melihat skor kredit terlebih dahulu sebelum menyetujui ajuan kredit. Hal ini penting untuk dilakukan jika sebelumnya kamu pernah mengajukan produk kredit. Pastikan bahwa rekam jejak kredit bagus, artinya kamu membayar angsuran tepat waktu dan bisa menutup kredit secara lancar.

  1. Cek Laporan Keuangan

Cobalah untuk memeriksa laporan keuangan terlebih dahulu. Bank juga umumnya akan memeriksa laporan keuangan calon debitur untuk menentukan apakah memang calon debitur tersebut layak menerima uang pinjaman atau tidak. Kamu juga harus memastikan bahwa laporan keuangan dalam kondisi yang baik sehingga akan lebih mudah bagi bank untuk melakukan approval.

  1. Tentukan Tujuan Kredit yang Jelas

Salah satu halangan untuk mendapatkan kredit adalah kamu tidak ada tujuan yang jelas. Penting sekali untuk menentukan tujuan kredit dengan sejelas-jelasnya. Ini juga akan menjadi pertimbangan penting bagi pihak bank untuk melakukan approval. Jika tujuannya jelas dan memang sesuai dengan produk maka pihak bank tentu akan dengan senang hati menyetujui pinjaman tersebut.

  1. Cek Suku Bunga

Banyak sekali orang yang langsung memutuskan untuk ambil pinjaman tanpa melihat suku bunga. Padahal nilai bunga ini sangat penting untuk dipertimbangkan dan juga akan berpengaruh pada penilaian bank. Berdasarkan bunga yang ditetapkan maka bank akan memperkirakan apakah calon debitur sanggup untuk membayar angsuran atau tidak sesuai dengan rekam penghasilan yang sudah dibahas sebelumnya. 

  1. Pilih Bank yang Tepat

Penolakan ajuan pinjaman juga bisa terjadi karena memang pengaruh bank yang terlibat. Bisa saja bank tempat kamu mengajukan kredit memang tidak mudah untuk ditembus. Agar pengajuan kredit disetujui maka lebih baik kamu pilih lembaga bank yang tepat. Temukan lembaga bank yang bisa menyetujui kredit dengan mudah dan tidak perlu proses yang ribet. 

  1. Ikuti Prosedur Pengajuan

Tips terakhir yang dapat kamu terapkan adalah ikuti prosedur pengajuan pinjaman sesuai dengan aturan yang berlaku. Setelah menentukan pilihan bank yang tepat, langsung cari tahu bagaimana cara mengajukan kredit di bank tersebut. Selama kamu mengajukan kredit sesuai aturan yang berlaku maka tidak sulit untuk mendapatkan dana kredit tersebut karena kemungkinan besar akan di-approve oleh bank. 

Baca Juga: Cari Tahu Pinjaman KTA Terbaik dan Cara Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

Rekomendasi Layanan Kredit

Bagi kamu yang saat ini butuh dana pinjaman untuk memenuhi kebutuhan hidup, maka produk digibank KTA bisa jadi pilihan terbaik. Sesuai dengan namanya, produk ini merupakan kredit tanpa agunan dimana kamu tidak perlu menyerahkan agunan atau jaminan dalam bentuk aset apapun. Kredit ini bisa diperoleh secara praktis tanpa adanya jaminan dan dananya bisa digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Digibank by DBS menghadirkan produk pinjaman KTA bank yang sangat direkomendasikan untukmu. DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Salah satu layanan terbaiknya adalah produk KTA dengan berbagai kelebihan yang siap untuk kamu nikmati. Berikut ini adalah beberapa keunggulan produk digibank KTA:

  1. Tidak Ribet

Produk kredit ini sama sekali tidak ribet karena bisa diajukan lewat aplikasi digibank by DBS atau lewat website go.dbs.com. Persyaratan yang dibutuhkan juga sangat praktis hanya e-KTP tanpa perlu berkas atau dokumen syarat lainnya.

  1. Proses Cepat

Keunggulan lain produk pinjaman KTA bank satu ini adalah prosesnya yang begitu cepat. Proses approval dari pihak bank akan berjalan dalam sekejap mata. Hanya butuh waktu 60 detik saja sampai pengajuan disetujui.

  1. Dana Cair dengan Mudah

Setelah mendapat persetujuan dari bank maka dana bisa langsung dicairkan. Dana tersebut akan ditransfer ke digibank by DBS sampai nominal Rp80 juta. Jadi debitur dapat segera menerima uang tanpa harus menunggu lama.

  1. Suku Bunga Kompetitif

Pinjaman KTA bank digibank by DBS ini menawarkan nilai bunga yang sangat kompetitif mulai dari 0,95%. Angka bunga ini juga akan diterapkan dengan sistem flat per bulan. 

  1. Jaminan Aman

Produk digibank KTA ini dijamin aman. Layanan digibank by DBS sendiri sudah terbukti kredibel dan terdaftar di OJK. Dengan begitu debitur bisa dengan nyaman menggunakan dana tanpa takut melanggar hukum apapun. 

Jangan ragu lagi untuk mengajukan pinjaman di digibank by DBS. Proses pengajuan dapat langsung diakses melalui aplikasi digibank by DBS atau website resmi. Produk KTA ini akan jadi pilihan terbaik untuk mendapatkan pendanaan yang aman dan terbukti sangat praktis. 

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *