5 Tips Beli Pelatihan Prakerja yang Bermanfaat

Kartu Prakerja merupakan program bantuan dana dari pemerintah untuk masyarakat agar dapat meningkatkan kompetensi diri melalui pelatihan resmi yang memberi sertifikat. Kartu Prakerja dianggap memberi manfaat bagi masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19, yang terkena PHK atau pelaku UMKM yang omzet-nya menurun karena kebijakan COVID-19 seperti PPKM.

Baca Dulu: 5 Lowongan Kerja dengan Gaji Tinggi

Bila dapat Kartu Prakerja, kamu bisa dapat bantuan pelatihan/pembekalan kompetensi kerja dan/atau kewirausahaan serta mendapatkan insentif yang diberikan secara nontunai. Setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp3.550.000, yang terdiri dari:

  1. Bantuan biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000 yang dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan di platform digital mitra termasuk SISNAKER.
  2. Insentif yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo atau GoPay milik peserta. Insentif ini terdiri dari dua bagian:
     Insentif pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp600.000 per bulan selama 4 bulan (Rp2.400.000).
     Insentif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 per survei untuk 3 kali survei (Rp150.000).

Peserta Kartu Prakerja nantinya akan mendapat pagu pelatihan senilai Rp1 juta yang dapat digunakan untuk membeli pelatihan di platform digital yang bekerja sama dengan Kartu Prakerja. Tips pertama beli pelatihan prakerja adalah riset dulu platform belajar digital yang bekerja sama dengan Kartu Prakerja. Kunjungi setiap situs platform belajar digital tersebut untuk mengenalinya terlebih dahulu.

Salah satu platform belajar digital itu adalah Skill Academy. Para pengajar yang membimbing kelas di Skill Academy merupakan orang-orang yang sudah kompeten dalam tiap materi yang dibawakan. Materi yang ditawarkan di kelas Prakerja Skill Academy juga termasuk sangat lengkap dan mencakup berbagai bidang. Selain itu banyak diskonnya. Dan yang terpenting, platformnya mudah digunakan.

Tips kedua beli pelatihan prakerja adalah ikuti pelatihan sesuai bidang yang dikuasai. Contohnya, jika bidang yang dikuasai adalah memasak, maka ikuti pelatihan untuk meningkatkan kemampuan memasak di platform belajar digital Kartu Prakerja. Dengan begitu, harapannya dapat meningkatkan kemampuan dasar yang dimiliki.

Jika kemampuan memasak tersebut diasah, nanti dapat digunakan untuk melamar pekerjaan sebagai chef di restoran, atau justru membuka restoran sendiri.

Tips ketiga, beli pelatihan yang mengajarkan tentang berbisnis. Persaingan di pasar kerja saat ini cukup sulit, maka pelatihan berbisnis menjadi sangat penting untuk meningkatkan kemampuan berbisnis. Merujuk pada contoh nomor 2 tadi, jika tidak berhasil mendapat pekerjaan di bidang memasak, maka dapat menciptakan bisnis kuliner sendiri misalnya, dengan bekal pelatihan berbisnis ini.

Tips keempat, jangan lupa lihat review dan rating pelatihan yang akan dipilih. Hal ini dapat membantu peserta Kartu Prakerja dalam memilih pelatihan yang pas. Pastikan pelatihan yang akan diikuti memiliki review dan rating yang bagus dari orang sebelumnya.

Jika, review dan ratingnya tidak bagus, sebaiknya cari pelatihan serupa di platform lainnya. Jangan ragu dan takut, karena masih banyak platform lain yang menyediakan pelatihan serupa dan bisa saja pelatihannya lebih komplit.

Baca Juga: Persiapkan Diri Sebelum Masuk Kerja

Dan tips terakhir, manfaatkan saldomu sebaik-baiknya. Saldo pertama yang kamu terima dari Kartu Prakerja adalah sebsar Rp1 juta, dan kamu bebas memilih. Untuk itu, ada baiknya kamu memanfaatkan saldo dengan baik dengan memilih pelatihan yang harganya bisa ter-cover oleh Rp1 juta tersebut. Barangkali saja dengan mempertimbangkan hal ini, kamu bisa mengikuti dua atau tiga pelatihan sekaligus.

Itulah 5 Tips Beli Pelatihan Prakerja buat kamu. Semoga bermanfaat!

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *