10 Tips Menabung untuk Beli Rumah Impian

Jika kamu berencana membeli rumah impian, kamu harus tahu tips menabung untuk beli rumah. Hal ini dilakukan agar kamu tidak tertipu dan rumah impian kamu bisa segera dibeli.

Sebagai informasi, setiap tahun harga rumah selalu mengalami kenaikan. Ini membuat perasaan menjadi pesimis untuk memiliki rumah sendiri. 

Namun bukan berarti mustahil, asalkan tahu cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil sekalipun. Berikut tips menabung untuk membeli rumah yang wajib kamu tahu.

Baca Dulu: Daya Tarik Memilih Perumahan di Dago Bandung

Tentukan Kapan Akan Membeli Rumah

Menentukan waktu kapan akan membeli rumah menjadi bagian penting yang tidak boleh dilewatkan. 

Setiap tahun nilai properti selalu mengalami kenaikan. Faktor ini bisa menjadi pertimbanganmu untuk mempersiapkan berapa biaya maksimal yang harus kamu keluarkan untuk membeli rumah.

Jangan lupa juga untuk memproteksi finansial kamu dengan asuransi untuk rumah yang bisa memberikan pertanggungan atas risiko-risiko yang mungkin dihadapi, seperti kebakaran, banjir, gempa bumi, hingga sambaran petir.

1. Memastikan Harga Rumah Idaman Sesuai dengan Inflasi 

Sudah menentukan kapan akan membeli rumah? Setahun lagi atau dua tahun lagi? Ini yang harus kamu pikirkan matang-matang agar tidak meleset. 

Mengingat harga rumah yang akan selalu mengalami kenaikan tiap tahun. Kamu harus bisa memperkirakan harga rumah idaman dengan menyertakan tingkat inflasi.

Misalnya, kamu berencana membeli rumah dengan harga Rp500 juta dengan asumsi kenaikan harga rumah per tahun adalah 8 persen, maka jika kamu ingin membeli rumah di tahun depan kamu harus menyediakan Rp540 juta. 

Perhitungan ini harus benar-benar valid terkhusus kamu yang mencari cara menabung untuk beli rumah cash.

Jika masih bingung, tenang saja. Kamu bisa dengan mudah menghitung harga rumah idaman dengan kalkulator inflasi yang tersebar di internet.

2. Ketahui Program KPR 

Program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menjadi solusi yang diberikan pemerintah untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah agar memiliki rumah. Karena biasanya cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil sulit dilakukan. 

KPR ini adalah program yang diselenggarakan bank kepada nasabah yakni fasilitas kredit untuk keperluan membeli dan merenovasi rumah.

Ada dua jenis KPR yang harus kamu ketahui, yaitu KPR subsidi dan KPR non-subsidi. 

3. Tentukan Besaran Cicilan yang Masuk Akal

Hal yang harus kamu pertimbangkan selanjutnya adalah tentukan besaran cicilan sesuai dengan kemampuan. Usahakan besaran cicilan adalah tidak lebih besar dari 30% pemasukan bulanan kamu, ya. 

Jika gaji bulanan adalah Rp3 juta, maka besar cicilan maksimal adalah Rp900 ribu, atau kamu bisa mendapat cicilan lebih kecil dengan jangka waktu pembayaran lebih lama.

Atur Rencana Keuangan Secara Rinci

Cara menabung untuk beli rumah dengan cepat selanjutnya adalah mengatur rencana keuangan secara rinci dan detail. 

Agar rencana membeli rumah bisa tercapai kamu harus membuat rencana dan memperhitungkan anggaran yang dibutuhkan untuk membeli rumah subsidi atau secara cash. 

Usahakan tetap detail mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran. Manajemen keuangan yang baik dan tepat bisa mempercepat keinginanmu untuk segera memiliki rumah idaman. 

Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan.

1. Memiliki Target Tabungan yang Jelas

Jika kamu sudah mengetahui harga rumah disesuaikan dengan inflasi tahunannya, kamu sudah bisa mengatur berapa target tabungan yang dibutuhkan dengan jelas dan detail. 

Cara ini dapat memudahkan kamu untuk menghitung berapa uang yang harus disisihkan untuk menabung tiap bulannya.

2. Membuat Rekening Khusus Menabung 

Rekening khusus tabungan adalah tips menabung untuk beli rumah selanjutnya. Memiliki rekening khusus tabungan untuk beli rumah dapat memudahkan agar rencana keuangan tidak tercampur dengan kebutuhan yang lain. 

Cara ini juga dirasa lebih efisien dan menghindari resiko pengeluaran rumah tangga membengkak.

3. Mulai Berinvestasi

Investasi bisa menjadi cara menabung untuk beli rumah yang efektif. Investasi sudah menjadi tren populer dikalangan masyarakat karena dinilai dapat memberikan keuntungan di masa mendatang. 

Kamu bisa berinvestasi pada emas atau di reksadana. Cara menabung untuk beli rumah tanpa kredit paling efektif adalah cara ini karena akan memberikan profit tambahan.

4. Membeli Asuransi Rumah

Selain menyiapkan dana tabungan, kamu juga harus mempertimbangkan untuk membeli  asuransi rumah. 

Sudah menjadi rahasia umum jika aset berupa properti atau rumah rentan terkena resiko di masa depan seperti bencana alam, banjir, kebakaran atau kemalingan. 

Untuk meminimalisir resiko tak terduga pada properti kita, dianjurkan untuk menggunakan asuransi rumah. 

Asuransi rumah ini bisa melindungi aset kita dari segala bentuk kerugian. Salah satu produk asuransi rumah yang bisa kamu pertimbangkan sebagai bentuk perlindungan terhadap aset adalah asuransi rumah Simas Insurtech.

Baca Juga: Resensi Buku Hari Terakhir di Rumah Bordil karya Bode Riswandi

Atur Gaya Hidup

Gaya hidup sangat mempengaruhi cara memanajemen keuangan rumah tangga. Tidak dipungkiri sebagian besar aktivitas rumah tangga adalah belanja kebutuhan yang penting atau tidak penting. Mengatur gaya hidup secara efisien dapat membantu menabung menjadi lebih gampang. 

Simak tips mengatur gaya hidup berikut.

1. Berhemat

Mengurangi gaya hidup impulsif dan suka belanja dapat menghemat pengeluaran rumah tangga. 

Cara berhemat yang paling dasar adalah mengkategorikan kebutuhan primer dan sekunder. Cara ini akan sangat membantu untuk memilih barang-barang yang dibutuhkan dan mengurangi barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

2. Mengelola Keuangan dengan Baik 

Ketahui berapa jumlah pemasukan dan pengeluaran rumah tangga secara detail. Catatan pemasukan dan pengeluaran ini bisa menjadi acuan untuk kamu mempertimbangkan pengeluaran secara bijaksana dan efektif.

3. Usahakan Menghindari Hutang Lain 

Cara menabung untuk beli rumah dengan cepat selanjutnya adalah hindari hutang lainnya. Memiliki hutang lain hanya akan membuat tanggungan rumah tangga semakin berat dan pastinya akan mengganggu tujuan utama yaitu menabung untuk beli rumah idaman. 

Banyaknya hutang hanya akan menghambat target. Untuk itu, pastikan kamu telah melunasi semua hutang dan fokus menabung untuk membeli rumah.Itulah cara menabung untuk beli rumah yang bisa kamu lakukan. Jika kamu sudah memiliki rumah dan khawatir akan resiko terburuk di masa depan, kamu bisa memberikan perlindungan terbaik dengan asuransi properti, salah satunya dari asuransi rumah Simas Insurtech.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *