Yuk Coba IDN Live, Fitur Menonton Live Streaming yang Ada di IDN App!

IDN Live bisa ditonton secara gratis di IDN App, lho!

Pasti kamu sudah tahu kan kalau vlog dan video pendek sudah menjadi tren. Bahkan Instagram yang tadinya platform untuk konton fotografi sudah bilang tidak akan berfokus ke foto lagi melainkan ke video. Karena itu, hadir dan menjamur fitur reels yang memfasilitasi video pendek yang bisa dilatarbelakangi musik favorit kita. Dari segi keterjangkauan pun, algoritma IG sudah lebih berpihak pada konten-konten video ketimbang foto.

Nah, kini selain tren membuat vlog atau video blog dan short video, ternyata konten live streaming mulai makin banyak diminati. Ketokohan seseorang dalam membangun engagement dengan followersnya ternyata dinilai lebih baik melalui live streaming. Pasalnya, para penonton jadi punya kesempatan untuk berinteraksi secara real time dengan para streamer (orang yang melakukan live streaming), baik itu selebriti, influencer, musisi, gamer, ataupun figur publik lainnya.

Nah, IDN Media, perusahaan media platform untuk millennial dan gen Z di Indonesia, tentu tak mau ketinggalan dengan tren tersebut dan ikut menghadirkan fitur live streaming bernama IDN Live. Sebelumnya kamu hanya perlu mengunduh IDN App terlebih dahulu dan kemudian IDN Live dapat diakses melalui aplikasi tersebut, dengan banyak pilihan konten lain dari media-media di bawah naungan IDN Media.

Mau tahu apa saja konten dan fitur yang ada di IDN Live, platform live streaming buatan anak bangsa ini? Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini. 

1. IDN Live hadirkan konten live streaming yang beragam

Siaran langsung (bahasa Inggris: Live streaming) mengacu pada media streaming online yang direkam dan disiarkan secara bersamaan secara real-time. Jadi konten itu dibuat dengan menunjukkan kegiatan yang direkam secara langsung melalui kamera.

Live streaming mulai menjadi populer sejak para gamers melakukannya. Mereka suka main bareng alias mabar gim secara online dan banyak penontonnya. Saat World Cup PES pun saya menonton live streaming karena ada wakil Indonesia yakni Zeus Faidan melangkah hingga babak semifinal sebelum dihentikan sang juara bertahan dari Italia.

Selain para gamers, live streaming juga sering kita lihat di platform e-commerce. Di Facebook pun, para penjual online kerap menjajakan dagangannya lewat fitur live streaming. Nah, IDN Live kini berusaha menghadirkan konten live streaming yang jauh lebih beragam.

Setiap harinya, para streamer di IDN Live membuat konten live streaming dengan ciri khas topik atau keahlian masing-masing. Mulai dari cerita bareng artis, tutorial makeup, nyanyi bareng, uji nyali horor, komedi, baca kartu tarot, masak-masak, sharing seputar parenting, tanya jawab dengan psikolog, lelang barang, dan masih banyak lagi. Tak jarang juga ada hadiah yang dibagikan untuk penonton IDN Live dalam acara live streaming, lho!

2. Berinteraksi dengan streamer IDN Live lewat Virtual Gift

Salah satu yang menjadi daya tarik dari konten live streaming adalah kesempatan penonton untuk berinteraksi dengan streamer favoritnya dengan lebih real, baik melalui fitur live chat maupun karena konten yang ditayangkan minim proses editing. Streamer pun bisa langsung melihat dan menanggapi pesan dari para penonton yang ada di live chat. Tidak hanya itu, IDN Live juga menghadirkan fitur lain yang membuat interaksi antara streamer dan penonton jadi semakin menarik.

Saat menyaksikan live streaming, penonton IDN Live juga bisa memberikan Virtual Gift bagi streamer. Di IDN Live ada banyak Virtual Gift yang menarik, mulai dari makanan Nusantara seperti rawon dan sate, hewan seperti komodo dan cendrawasih, barang mewah seperti jet pribadi dan motor sport, dan masih banyak lagi.

3. Beli Gold sesuai kebutuhanmu

Memberikan Virtual Gift juga bisa menjadi bentuk apresiasi untuk streamer favorit kamu. Streamer akan bisa melihat nama akun yang memberikan Virtual Gift saat live streaming berlangsung. Semakin banyak Virtual Gift yang diberikan, tentu kamu juga semakin berkesempatan mendapat sapaan balik atau ucapan terima kasih dari streamer.

Saat sign up atau mendaftar di IDN App untuk pertama kali, kamu akan langsung mendapatkan sejumlah Gold yang bisa digunakan untuk memberikan Virtual Gift pada streamer. Namun jika kamu membutuhkan lebih banyak Gold untuk ditukar dengan Virtual Gift, kamu juga bisa top up atau membeli Gold menggunakan pembayaran yang disediakan oleh Google Play atau App Store. Jangan khawatir, ada banyak pilihan jumlah Gold yang bisa dibeli sesuai dengan kebutuhan kamu.

4. Download IDN App untuk gunakan fitur IDN Live

Tertarik untuk menyaksikan live streaming di IDN Live? Seluruh tayangan IDN Live dapat ditonton oleh siapa saja secara gratis, lho! Tapi tentunya kamu harus download aplikasi IDN App terlebih dahulu melalui Google Play Store atau App Store. Setelah download dan sign up  di aplikasi IDN App, kamu bisa menemukan menu IDN Live di Home dan menyaksikan live streaming yang sedang berlangsung saat itu.

5. Ikut berpartisipasi sebagai streamer

Apakah kamu senang tampil di depan kamera? Punya hobi atau keahlian yang bisa dibagikan pada orang lain? Tidak hanya menyaksikan live streaming, saat ini IDN Live juga sedang membuka kesempatan untuk kamu bergabung sebagai streamer, lho!

Untuk menjadi streamer IDN Live, tentu tetap ada proses kurasi dan seleksi yang harus dilalui. Jika kamu tertarik untuk mendaftar, kamu bisa mengisi data diri kamu di formulir Pendaftaran IDN Live New Streamer. Jika memenuhi kriteria, nantinya tim IDN Live akan menghubungi kamu untuk menjelaskan proses selanjutnya.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *