Untuk Instalasi Rack Server yang Aman, Perhatikan Tips Ini!

Rack server merupakan suatu alat yang sangat penting untuk menjaga kinerja server agar tetap stabil dan mudah diatur. Ada banyak jenis yang bisa ditemukan, salah satunya rack server 42U yang banyak diminati di pasaran.

Baca Juga: Sistem Cloud ERP untuk Manajemen Inventory

Untuk memastikan bahwa server berjalan dengan baik, maka instalasi rack server uga harus dilakukan dengan benar. Rack server yang tidak dipasang dengan benar bukan hanya berisiko menurunkan kinerja server, melainkan juga meningkatkan risiko korsleting dan bahaya lainnya. Jika Anda ingin memasang rak server, berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

  1. Perhatikan Ruangannya

Pemilihan ruangan merupakan salah satu hal yang paling penting dalam penempatan rack server. Ruangan itu harus aman, dan tidak mudah diakses oleh sembarang orang. Selain untuk alasan keamanan, hal ini juga dilakukan agar rack server tidak mengganggu aktivitas orang lain.

Selain itu, pastikan juga aliran udara di dalam ruangan tersebut lancar. Walaupun memiliki pendingin di dalamnya, suhu di luar juga dapat berpengaruh kepada kinerja rack server . Pastikan juga bahwa ruangan itu tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Baca Juga:

  • Pastikan Semua Peralatan Lengkap

Sebelum memasang rack server, pastikanlah bahwa semua peralatan lengkap. Tidak hanya peralatan yang akan dipakai saat itu juga, melainkan peralatan lain yang akan dibutuhkan nantinya. Letakkan peralatan di tempat yang mudah untuk dijangkau, dan jangan biarkan peralatan berserakan, agar tidak mengganggu aktivitas.

Hal tersebut akan lebih mudah dilakukan jika Anda memiliki list peralatan dan rancangan rack server yang  akan dibangun. Oleh karena itu, rencanakanlah semuanya dengan baik agar proses instalasi lebih terarah.

  • Beri Label dan Atur Kabel Sebaik Mungkin

Saat menempatkan perangkat, Anda perlu menyambungkan kabel ke perangkat-perangkat yang berbeda seperti router, sakelar, dan peralatan lainnya. Dengan memberi label pada kabel, Anda akan lebih cepat mengidentifikasi kabel yang ingin digunakan.

Setelah itu, Anda perlu mengaturnya sebaik mungkin. Gunakan zip tie untuk menggabungkan kabel-kabel, dan tempatkan di sepanjang tepi rak server. Hal ini digunakan untuk menjaga keamanan dan mencegahnya dari kerusakan.

Baca Juga: Layanan Colocation Server

  • Jika Ada Masalah, Hubungi Pihak yang Lebih Ahli

Saat memasang rack server, Anda mungkin menemukan kesulitan-kesulitan lain yang berada di luar kendala. Untuk mengatasinya, akan lebih baik jika Anda menghubungi pihak yang lebih ahli atau teknisi.

Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan yang tidak perlu, atau bahaya-bahaya lain yang dapat timbul. Mencari solusi di internet juga merupakan langkah yang baik, walaupun tidak se-efektif bertanya langsung pada ahlinya. Sekian 4 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memasang rack server. Apapun yang terjadi, jangan lupa untuk mempersiapkan semuanya terlebih dahulu dan usahakan jangan bekerja sendiri agar lebih aman. Dengan instalasi yang cermat dan hati-hati, maka rack server Anda akan terpasang dengan baik dan dapat menjalani fungsinya dengan maksimal.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *