Sistem Cloud ERP

Sistem Cloud ERP Sebagai Strategi Mengelola Manajemen Inventory

Sistem Cloud ERP adalah salah satu cara untuk mengelola seluruh kegiatan bisnis secara efisien. ERP (Enterprise Resources Planning) menjadi solusi manajemen bisnis manakala bisnis kita sudah berskala besar. Proses manajemen bisnis pun semakin kompleks yang melibatkan banyak sumber daya manusia, dengan transaksi yang diciptakan tidak sedikit. Saat itulah kita membutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam mengelola manajemen inventory misalnya dalam melacak pesanan, mengecek dan memeriksa stok sekaligus mengontrol proses distribusi dan pengiriman agar barang bisa diterima konsumen dengan cepat dan tepat.

Secara umum sistem ERP digolongkan ke dalam tiga kategori yaitu On Premise ERP, Cloud ERP, dan Hybrid ERP. Sistem Cloud ERP atau Sistem ERP berbasis cloud mengintegrasikan aliran data atau informasi dari beberapa departemen terkait yang berimplikasi langsung pada transaksi bisnis dengan sistem keuangan secara real time. Hal ini memungkinkan pengelola atau pemilik bisnis di kalangan top level management untuk membuat keputusan yang lebih baik dan strategis.

Baca Juga: Tidak Kapok Berbisnis, Itulah Saya

Kelebihan Sistem Cloud ERP

Kini, banyak perusahaan menggunakan Sistem Cloud ERP karena dipandang memiliki berbagai kelebihan di antara Sistem ERP yang lain.

ebagian besar perusahaan sudah beralih menggunakan Cloud ERP. Berikut ini kelebihan sistem cloud ERP yang perlu Anda ketahui:

Harga Sistem Cloud ERP Lebih Murah

Biaya yang dibutuhkan untuk implementasi sistem cloud ERP lebih murah dibandingkan sistem ERP konvensional. Sebab, kita tidak perlu lagi membeli server agar sistem cloud ERP bisa bekerja. Biaya pengeluaran untuk staf IT juga berkurang.

Tidak juga ada biaya tambahan untuk memanggil Vendor ERP ke kantor karena harus perbaikan. Terlebih jika harus melakukan pembaharuan secara berkala dan proses itu juga tidak memakan waktu yang sebentar.

Jika menggunakan sistem cloud ERP, upgrade atau perbaikan bisa dilakukan melalui backend. Jadi kita tidak perlu lagi memanggil vendor untuk datang ke pabrik.

Implementasi Sistem Cloud ERP Lebih Mudah

Implementasi sistem ERP On Premise membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Sedangkan sistem Cloud ERP bisa mengimplementasikan sistem dengan lebih singkat dan mudah. 

Hal itu terjadi karena Cloud ERP itu diterapkan pada desktop atau mobile yang bisa diakses melalui website. Tapi kita membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya. Kita juga bisa mengaksesnya dengan berbagai browser yang sudah umum digunakan seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Safari.

Berkurangnya Ketergantungan Pada Staff IT

Kita hanya membutuhkan sedikit sumber daya IT ketika menggunakan sistem Cloud ERP. Karena kita tidak perlu repot-repot lagi mengelola server ERP, sehingga kita juga bisa memangkas biaya operasional perusahaan.

Tugas yang kita berikan kepada staf IT bisa lebih kompleks lagi untuk mendatangkan keuntungan yang lebih besar lagi untuk bisnis kita. Hal ini tentu saja lebih efektif dibandingkan mempekerjakan mereka pada pengelolaan server ERP.

Sistem Cloud ERP Sangat Mudah Diakses

Sistem ERP berbasis Cloud sangat cocok digunakan oleh perusahaan yang sudah memiliki banyak cabang baik itu di berbagai wilayah ingga negara. Anda sebagai pemilik bisnis tentu saja ingin memantau semua operasi bisnis di perusahaan dimanapun dan kapanpun dengan hanya menatap smartphone saja.

Semua departemen yang ada di perusahaan Anda juga bisa saling terhubung satu sama lain meskipun berada di lokasi yang berjauhan. Sementara data yang dilaporkan tetap akan akurat dan real time.

Sistem Cloud ERP Mudah Disesuaikan Dengan Bisnis

Sistem ini akan memberikan manfaat yang cukup besar untuk perusahaan startup. Sebab mereka bisa mengurangi atau menambah sistem ERP sesuai dengan pertumbuhan bisnisnya.

Data Tersimpan Lebih Aman

Untuk masalah keamanan sistem Cloud ERP tentu saja lebih baik dibandingkan sistem ERP On Premise. Jadi jangan heran jika banyak perusahaan yang sudah beralih ke sistem Cloud ERP. Semua data perusahaan akan tersimpan secara otomatis di dalam cloud, sehingga bisa mengurangi resiko kehilangan data. Akses data juga bisa dibatasi.

Mengapa Membutuhkan Sistem Cloud ERP sebagai Strategi Mengelola Manajemen Inventory?

Apa sih manajemen inventory itu?

Manajemen inventory adalah manajemen dalam pengelolaan stok barang. Biasanya, pada pengelolaan bisnis perusahaan besar, barang terlebih dahulu ditaruh di area penerimaan gudang dalam bentuk bahan baku atau komponen-komponen, lalu baru kemudian dimasukkan ke dalam tempat penyimpanan stok atau rak. Sedangkan di perusahaan-perusahaan yang lebih kecil, barang yang diterima dapat langsung ditaruh di tempat penyimpanan stok.

Sistem Cloud ERP

Barang-barang tersebut kemudian diambil dari area stok dan dipindahkan ke fasilitas produksi yang akan mengolah bahan- baku menjadi barang jadi. Selanjutnya, barang jadi dapat dikembalikan lagi ke rak-rak terlebih dahulu atau dikirim langsung ke pelanggan.

Sistem manajemen inventory atau sistem manajemen inventaris adalah kombinasi teknologi (perangkat keras dan perangkat lunak) dan proses serta prosedur yang mengawasi pemantauan dan pemeliharaan barang-barang yang disimpan oleh suatu perusahaan.

Barang-barang ini bisa merupakan aset perusahaan, bahan baku, atau produk jadi yang siap dikirim ke vendor atau konsumen akhir.

Saat ini, kebanyakan sistem manajemen inventory dapat diintegrasikan dengan sistem-sistem lainnya seperti sistem akuntansi, sistem penjualan (termasuk sistem penjualan konsinyasi), sistem pembelian, dan bahkan menjadi salah satu bagian dari sistem ERP. Sistem manajemen inventory yang canggih memungkinkan perusahaan untuk mengelola persediaan mereka yang disimpan di banyak gudang yang tersebar di beberapa lokasi.

Sistem manajemen inventory akah mengotomatiskan manajemen stok barang Anda, mulai dari pengaturan reorder point, internal transfer, inventory audit, hingga inventory forecasting!

Manajemen inventaris merupakan proses yang kompleks, yang menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya apabila dilakukan secara manual.

Sistem manajemen inventory dapat menyederhanakan proses pengelolaan persediaan yang kompleks, seperti pengecekan inventaris, pemesanan barang dari pemasok, pengambilan dan pengepakan barang, penghitungan nilai inventaris, prediksi kebutuhan inventaris, pelacakan pengiriman pesanan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Domain Penting untuk Bisnis Kamu

Manfaat sistem manajemen inventory

Penyimpanan Data Terpusat

Dengan sistem manajemen inventory yang memadai, kita dapat mengetahui ketersediaan barang dan menemukan lokasinya hanya dalam hitungan detik, meskipun barang tersebutberada di gudang atau toko yang berbeda.Kita juga dapat memproses pesanan dan melacak kurir pengiriman melalui sistem yang sama.

Stock Control

Stock control (atau inventory control) adalah usaha yang dilakukan oleh perusahaan dalam menyediakan stok barang yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan konsumen. Dengan sistem manajemen inventory kita dapat mengawasi ketersediaan stok Anda dan memastikannya untuk selalu berada di tingkat yang mencukupi. Sistem akan memberikan notifikasi ketika persediaan sudah menipis sehingga kita dapat segera melakukan pemesanan ulang. Hal ini akan berguna bagi sistem penjualan dan distribusi di perusahaan.

Sistem Manajemen Inventory Meningkatkan Efisiensi

Dengan sistem manajemen inventory, berbagai aktivitas kompleks yang termasuk dalam penanganan stok dapat dibuat menjadi lebih sederhana. Laporan inventaris bulanan hingga tahunan dapat dihasilkan dalam hitungan detik. Ini adalah sesuatu yang mustahil jika dilakukan secara manual.

Produktivitas yang Optimal

Karena berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan pengelolaan inventaris telah diotomatiskan, maka karyawan Anda dapat lebih fokus pada tugas-tugas lain yang tidak kalah penting. Mereka tidak perlu lagi terjebak pada satu pekerjaan yang memakan waktu lama seperti pencatatan jumlah stok atau pembuatan laporan dengan spreadsheet.

Penghematan Biaya

Solusi manajemen inventaris menjauhkan perusahaan dari kerugian finansial akibat dari berbagai human error, penyimpanan stok yang berlebihan, pembelian barang yang tidak perlu, kompensasi untuk keterlambatan pengiriman, dan lain-lain. Dengan satu sistem yang terpusat dan terintegrasi, Anda tidak perlu menghamburkan uang untuk membeli sistem tambahan untuk mengelola persediaan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengurangi biaya yang semestinya Anda gunakan untuk membayar tenaga kerja profesional untuk mengelola inventaris perusahaan. Sebab, sistem ini mampu mengotomatiskan pengelolaan inventaris Anda. Sistem ini dapat dengan mudah diimplementasikan oleh siapa pun sekalipun penggunanya bukan ahli dalam inventaris.

Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Perangkat lunak manajemen inventaris memastikan seluruh pesanan konsumen terpenuhi dengan baik melalui informasi real time terkait tingkat persediaan Anda. Sistem juga memungkinkan Anda untuk melacak pengiriman pesanan hingga sampai ke tangan konsumen. Sehingga pada akhirnya, sistem ini membantu meningkatkan kepuasan pelanggan pada layanan Anda.

Prakiraan & Perencanaan yang Akurat

Sistem manajemen inventory membantu Anda menjadi lebih proaktif ketika merencanakan dan memprediksi kebutuhan inventaris Anda. Dengan laporan inventaris yang lengkap dan akurat, Anda dapat mengetahui produk yang paling populer, produk yang jarang dipesan oleh konsumen, seberapa banyak barang yang harus Anda sediakan di waktu yang akan datang, pemasok mana yang paling menguntungkan, dan berbagai informasi penting lainnya yang membantu meningkatkan produktivitas bisnis Anda.

Baca Juga: Perluas Jaringan Bisnis Online Anda

Memakai SystemEver, Sistem Cloud ERP Terbaik

Salah satu aspek yang harus diperhatikan ketika hendak menggunakan sistem ERP adalah kualitas dari sistem ERP yang telah dikembangkan. SystemEver adalah perusahaan ERP terkemuka di Korea Selatan yaitu YoungLimWon(永林園) Soft Lab yang memiliki lebih dari 1600 pelanggan yang tersebar di Korea, Cina, Vietnam dan Indonesia

Pengalaman sejak 1997 di Korea membuktikan betapa Systemever sangat memahami kebutuhan pelanggan dan memiliki komitmen penuh untuk membuat bisnis pelanggan maju dan berkembang. Tak perlu ragu dengan kehandalan software yang satu ini. Perusahaan kecil maupun besar akan lebih produktif dengan bantuan software ERP Systemever yang merupakan software ERP untuk perusahaan distribusi terbaik.

SystemEver

Beberapa keunggulan SystemEver antara lain:

Fitur Visual-K yang mudah digunakan

Visual-K Systemever

Pelanggan SystemEver akan menikmati sebuah fitur yang dikenal dengan nama Visual K. Fungi dari fitur ini untuk membuat pengguna lebih mudah dalam menggunakan software ERP.  Tampilan antarmuka yang mudah dipahami, tidak lagi menggunakan pull down menu sehingga menjadi lebih sederhana digunakan dan membuat pelanggan lebih nyaman dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Kemudahan lainnya yaitu semua proses berjalan dengan jelas dan cepat.

Akses Flexible

Menggunakan sebuah sofware yang memiliki Akses Flexible bisa digunakan kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan berbagai perangkat seperti laptop, desktop, tablet maupun ponsel. Asalkan terkoneksi internet, pekerjaan secara mobile bisa dilakukan dengan baik. Pemilik perusahaan dapat memantau berbagai aktivitas bisnis, transaksi, dan rekapan data dari rumah atau lokasi dimanapun. Dengan demikian Systemever menjadikan waktu Anda lebih efisien dan efektif.

Consultant-K

Perusahaan tak perlu khawatir mengenai konfigurasi software SystemEver karena sudah disediakan sebuah fitur Consultant-K yang siap melayani kebutuhan perusahaan sehingga Anda tidak memerlukan waktu yang lama serta biaya yang besar. Pengalaman SystemEver melayani berbagai pelanggan menjadi bukti komitmen untuk membuat bisnis Anda berkembang pesat.

Harga terjangkau

SystemEver® menawarkan harga yang terjangkau dan bisa digunakan sesuai kebutuhan sehingga memudahkan perusahaan untuk melakukan perencanaan anggaran dengan efektif dan efisien.

Melayani dengan 5 bahasa

SystemEver mendorong pertumbuhan bisnis Anda berkembang dan berdaya saing tinggi di tingkat global. Karena itu, SystemEver telah melengkapi layanannnya dalam 5 bahasa sekaligus yaitu bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Vietnam dan Indonesia. 

Sistem Manajemen Inventory Terbaik

Dari penjelasan di atas tampak bahwa manajemen inventory sangat dibutuhkan. Bukan hanya untuk barang, ERP untuk jasa juga. Dan perusahaan jasa sangat cocok menggunakan SystemEver sebagai solusi cloud ERP karena berbagai alasan yang sudah disebutkan di atas.

StystemEver juga menjadi pilihan Cloud ERP Indonesia terbaik sebagai strategi mengelola manajemen inventory yang dapat membantu bisns kita berkembang dengan pesat.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

18 Comments

  1. JIka mau bisnis berkembang dan berdaya saing tinggi di tingkat global memang harus pake sebuah sisitem yang bisa mengelola manajemen inventory dengan baik ya mas. Dan jawabannya sepertinya sistem itu adalah sistem CLOUD ERP.

  2. JIka mau bisnis berkembang dan berdaya saing tinggi di tingkat global memang harus pake sebuah sisitem yang bisa mengelola manajemen inventory dengan baik ya mas. Dan jawabannya sepertinya sistem itu adalah sistem CLOUD ERP dari SystemEver.

  3. Dengan menggunakan sistem cloud ERP ini makin memudahkan bagi pebisnis dalam menjalankan usahanya, karena efisien dan hemat pengeluaran juga.

  4. Waah di era 4.0 ini memang teknologi berkembang ya kak
    Apalagi dengan adanya sistem could ERP ini sangat memudahkan pelaku bisnis dalam berusaha

  5. Pernah nih mempelajari dengan ERP waktu kuliah jurusan Sistem Informasi di kampus, tapi karena udah lama jadi banyak lupa. Btwe mampir di artikel ini jadi ingetin lagi tentang sistem ini. Penting sih terutama bagi perusahaan yang menerapkan ERP.

  6. Kalau bisnis sudah membesar, memang perlu banget pakai sistem seperti ini ya supaya lebih terkontrol. Kebayang repotnya kalau masih serba manual seperti zaman baheula.

  7. Salut sama SystemEver yang bisa digunakan dalam 5 bahasa sekaligus: Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Vietnam dan Indonesia.
    Jarang-jarang ada sistem yang lengkap pengaturan bahasanya kayak gini, biasanya cuman Indonesia, Inggris sama Mandarin, hehe.

  8. Benar banget kalau manajemen inventory itu sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Walau aku nggak terlalu paham soal sistem ERP ini dengan detail, tapi pastinya memudahkan para perusahaan dalam pengelolaannya. Dan aku baru tahu kalau ternyata ERP bisa juga dipakai untuk pengelolaan jasa ya.

  9. Dunia semakin berkembang. Mau tak mau, kita harus mengimbangi kemajuan teknologi. Kadang saya berharap pengenalan dan pelatihan terhadap hal-hal seperti ini menjangkau pelaku usaha tingkat menengah bawah. Karena jika tidak, mereka yang paling mudah tergerus dengan persaingan bisnis berbasis teknologi.

  10. Sistem Cloud ERP ini sudah mencakup semuanya ya kak, jadi perusahaan atau pelaku bisnis tinggal menggunakannya saja dan gak perlu server khusus ini yang lebih oke kak 🙂

  11. Cloud ERP merupakan pilihan bijak perusahaan jika ingin berkembang ya. Lebih mudah diterapkan dan tidak butuh banyak SDM untuk mengawasi juga. Jadi efisien

  12. Udah waktunya nih, segala sesuatu harus cloud based, meskipun itu untuk level UMKM yang udah akan berkembang ke enterprise. Hemat waktu dan biaya adalah kunci.

  13. Sistem cloud ERP ini mempermudah pebisnis
    baru dalam menjalankan usahanya ya, karena efisien dan hemat pengeluaran juga ternyata.

  14. Bagi pebisnis dengan skala besar cocok banget yah pakai sistem cloud ERP ini, apalagi memberikan kemudahan dalam managemen bisnis

  15. Adanya sistem cloud ERP ini bisa membuat pelaku bisnis menjalankan usahanya lebih mudah dan praktis, ya. Lebih menghemat waktu dan biaya.

  16. ERP nya systemever ini trusted sih, kantorku emang build sistem managemen sndiri, tapi kntor temen ada yg pake ini, katanya sih lumayan bagus kok bisa mengcover aktivitas semua divisi

  17. Pebisnis wajib tahu nih. Sebab dengan sistem cloud ini manajemen inventory akan terbantu sekali dalam pengelolaannya. Keren loh kak ulasannya, lengkap bangeg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *