tafsir mimpi meninggal

Tafsir Mimpi Meninggal Menurut Islam dan Primbon Jawa

Pernahkah kamu mengalami mimpi meninggal? Ya, dirimu yang meninggal. Ternyata, ada lho tafsir mimpi meninggal menurut Islam dan Primbon Jawa. Bagaimanakah kiranya tafsir mimpi tersebut?

Sebenarnya tidak ada tafsir khusus berupa dalil tentang arti mimpi meninggal di dalam Islam. Ada sebuah ayat yang mungkin saja berhubungan, “Mereka berkata: ‘Ya Tuhan kami, Engkau telah mematikan kami dua kali dan menghidupkan kami dua kali, lalu kami mengakui dosa-dosa kami.” (QS. Al-Mukmin: 11)

Seseorang yang mengalami mimpi meninggal merupakan tanda bahwa Anda akan mengalami sebuah lembaran baru dalam hidup. Biasanya akan dimulai dengan berakhirnya suatu hal dan mulainya suatu hal baru. Hal tersebut bisa jadi merupakan pekerjaan, hubungan, ataupun sebuah fase dalam hidup.

Baca Juga: Mitos Mata Kedutan Menurut Islam dan Primbon Jawa

Ya, jika seseorang mendapatkan pengalaman menghadapi kematian, seharusnya ia akan mengakui dosa-dosa yang telah dilakukan. Ketika terbangun, ia bisa saja mendapatkan resolusi hidup dalam lembaran yang baru karena sudah mampu mengetahui betapa pedihnya kematian sehingga lebih menghargai hidup dan mampu menjalankan peran sebagai hamba Allah.

Mimpi meninggal terasa mengerikan dan akan membuat takut. Namun, mimpi meninggal justru memberitahu kita untuk introspeksi diri, mengoreksi kesalahan diri serta berhati-hati dari malapetaka. Malapetaka yang dimaksud bisa jadi berasal dari orang terdekat. Karena itu, perbanyaklah doa dan dekatkan diri kepada Yang Kuasa. Mintalah petunjuk Allah dengan sungguh-sungguh serta berdoalah untuk meminta perlindungan.

Setali tiga uang, dari sisi psikologis, Carder Stout, seorang psikoterapis di Los Angeles mengatakan kalau mimpi kematian layaknya akan muncul kehidupan baru. “Kita melihat kematian dengan cara yang sangat mirip dengan bagaimana kita melihat munculnya kehidupan baru,” kata Carder Stout.

Secara simbolis, itu mengacu pada beberapa pola atau aspek dari diri kita sendiri yang tengah ‘sekarat’. Mungkin beberapa permasalahan personal yang kita miliki yang sudah tidak menyenangkan lagi, seperti berhenti dari pekerjaan, pindah rumah, perpisahan atau tengah berduka. Mimpi tentang kematian adalah benar-benar tentang aspek diri kita bahwa kita telah melepaskan atau membiarkan hal-hal sedih itu pergi.

Imam Ibnu Sirin menyebutkan mimpi kematian memiliki beberapa arti:

  • Barang siapa yang melihat seolah-olah dia meninggal tanpa didahului sesuatu penyakit dan hal-hal yang menyebabkan kematian, berarti umurnya masih panjang. Siapa yang melihat seolah-olah dia belum mati berarti sudah dekat ajalnya. Jika orang yang bermimpi itu seolah-olah menyangka bahawa dia tidak mati untuk selamanya, maka dia akan mati dalam perang fisabilillah.
  • Barang siapa yang bermimpi, lalu dia dimandikan dan dikafani, berarti selamatlah masalah keduniaannya tetapi rusak agamanya.
  • Orang yang sudah menikah bermimpi mati menandakan dia akan bercerai. Ini karena jika terjadinya kematian akan terjadilah perpisahan.

Baca Juga: Mitos Mimpi Kiamat

Tafsir Mimpi Meninggal Menurut Primbon Jawa

Tafsir mimpi meninggal menurut Primbon Jawa dibedakan menurut detail kejadiannya.

Pertama, bila kamu Mimpi Melihat Upacara Kematian Diri Sendiri, maka sebaiknya kalian lebih menjaga perkataan atau kata-kata yang akan kalian ucapkan kepada orang atau dengan pasangan. Agar nantinya tidak ada masalah yang besar di dalam kamu bermasyarakat dan di dalam berumah tangga.

Kedua, bila kamu Mimpi Melihat Diri Sendiri Dimasukkan ke dalam Kuburan, sebaiknya kamu mulai membenahi diri kamu sendiri. Karena ini artinya kamu sudah salah memilih jalan atau sudah salah melangkah di dalam hidup kamu maka sebaiknya sebelum kamu mulai melangkah untuk hal apapun itu, alangkah baiknya kalau kamu memilah-milah terlebih dahulu apakah jalan yang akan kamu tempuh itu merupakan jalan yang sesat atau sebaliknya.

Ketiga, bila kamu Mimpi Melihat Jenazah ( Mayat ) Diri Sendiri Diusung / Diarak, maka kamu tidak perlu khawatir. Karena seseorang yang mengalami mimpi tersebut, itu artinya rezeki dari orang yang mengalami mimpi tersebut akan mulai berangsur-angsur lancar dari sebelumnya.

Keempat, bila kamu Mimpi Diri Sendiri Meninggal Namun Tidak Ada Orang yang Melayat, ini merupakan sebuah pertanda yang tidak baik. Karena menurut primbon jawa, seseorang yang mengalami mimpi ini artinya orang tersebut akan mengalami sebuah keretakan di dalam hubungan asmara.

Kelima, bila kamu Mimpi Berada Di dalam Kuburan Namun Belum Mati, ini merupakan sebuah pertanda yang tidak baik untuk kamu. Karena seseorang yang mengalami mimpi ini akan mengalami kesusahan untuk mencari rezeki dan juga sangat sulit untuk menyelesaikan masalah-masalah yang datang menimpanya.

Dan terakhir, bila kamu Mimpi Menggali Kuburan Untuk Diri Sendiri, itu artinya kamu akan mendapatkan sebuah hal yang baik. Seperti semua impian yang sudah lama kamu inginkan akan segera terwujud serta semua usaha yang sudah kamu lakukan akan segera membuahkan hasil yang baik.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *