Mitos Mata Kedutan Menurut Islam dan Primbon Jawa

Kamu pernah mengalami mata kedutan? Mata kedutan ini dianggap memiliki berbagai arti lho. Mitos mata kedutan pun dipercaya oleh berbagai lapisan masyarakat. Ramai-ramai pula orang mencari arti mitos mata kedutan menurut Islam dan Primbon Jawa.

Baca Juga: Mitos Suara Tokek Terdengar di Rumah

Mitos Mata Kedutan Menurut Primbon Jawa

Jadi, mata kedutan seringkali dianggap oleh sebagian masyarakat jawa diartikan sebagai sebuah pertanda, tidak hanya soal kesehatan saja. Sebagian masyarakat masih memercayai apabila seseorang mengalami kedutan mata, baik mata sebelah kanan maupun kiri, akan mendapatkan suatu kabar atau kejadian, entah kabar baik maupun buruk.

  • Bila kedutan di kelopak mata kanan atas artinya akan mendapat keberuntungan.
  • Bila kedutan di kelopak mata kiri atas artinya akan bertemu dengan kekasih hati.
  • Bila kedutan di kelopak mata kanan bawah artinya akan mengalami kesedihan.
  • Bila kedutan di kelopak mata kiri bawah artinya akan mengalami kesedihan.
  • Bila kedutan di bola mata kanan artinya akan bersedih hati.
  • Bila kedutan di bola mata kiri artinya akan berbahagia.
  • Bila kedutan di kepala sebelah kanan artinya akan mengalami sakit.
  • Bila kedutan di kepala sebelah kiri artinya akan mendapatkan kemuliaan.
  • Bila kedutan di alis sebelah kanan artinya akan bahagia, tapi akan mengalami kesulitan terlebih dulu.
  • Bila kedutan di alis sebelah kanan artinya akan mendapat kebahagiaan.
  • Bila kedutan di dahi artinya akan mendapat kekayaan atau ilmu pengetahuan.
  • Bila kedutan di tengkuk artinya akan dicintai oleh seseorang yang berlimpah harta.

Arti Mata Kedutan Menurut Medis

Secara medis kedutan merupakan tanda terjadinya kontraksi saraf ringan di otak yang menciptakan jaringan otot untuk bergerak dengan irama naik turun. Mata kedutan atau yang dalam istilah medis disebut sebagai “blefarospasme“ adalah gerakan berulang dari kelopak atau sering disebut dengan berkedut.

Kedutan ini terjadi pada mata bagian atas, baik mata yang sebelah kiri ataupun kanan. Kedutan ini biasanya terjadi secara tiba-tiba. Gerakan berulang-ulang ini terjadi beberapa detik saja. Biasanya kedutan terjadi pada salah satu bagian mata saja, jarang terjadi pada kedua mata.

Menurut medis terdapat 3 jenis kedutan mata, yaitu :

1. Kedutan Minor

Jenis kedutan minor ini paling sering terjadi pada orang-orang yang kurang istirahat atau kelelahan.

Kedutan minor ini biasanya karena karena adanya iritasi pada kornea mata atau konjungtiva mata. Kejadian ini tidak menimbulkan nyeri dan tidak berbahaya.

2. Blefarospasme Esensial Jinak

Jenis kedutan yang kedua adalah blefarospasme Esensial jinak. Jenis kedutan ini sering dialami oleh perempuan dibandingkan dengan laki-laki.

Jenis kedutan ini biasanya karena terkena paparan cahaya yang terlalu terang, polusi udara dan juga stres.

Kedutan Blefarospasme biasanya disertai dengan beberapa kondisi mata seperti Mata kabur atau buram, Mata kering, Peradangan pada dinding mata atau Uveitis, Infeksi pada permukaan kelopak mata atau konjungtivitis, Blefaritis atau radang yang terjadi pada kelopak mata karena bakteri, dan Trikiasis atau suatu kondisi dimana bulu mata tumbuh mengarah kedalam mata.

Untuk itu jenis kedutan blefarospasme ini harus diatasi dengan benar. Karena kalau salah penanganan atau tidak segera diatasi dapat menyebabkan penglihatan kabur sampai menimbulkan kedutan pada wajah.

3. Hemificial Spasme

Kedutan yang ketiga adalah kedutan Hemificial Spasme. Kedutan ini dapat dibilang sangat jarang terjadi.

Kedutan jenis ini umumnya karena adanya tekanan dari pembuluh darah arteri pada salah satu saraf.

Tekanan ini akhirnya menyebabkan atau merespon terjadinya kejang pada salah satu sisi wajah. Kondisi ini akhirnya dapat menimbulkan kedutan pada salah satu mata pada sisi wajah yang mengalami hemificial spasme tersebut.

Keadaan ini harus diperhatikan dengan serius, karena keadaan ini mungkin saja adalah tanda dan gejala dari suatu penyakit saraf di sekitar kepala.

Baca Juga: Mitos Potong Kuku Menurut Islam

Mitos Mata Kedutan Menurut Islam

Dalam ajaran Islam, kedutan yang terjadi adalah suatu kejadian yang lumrah. Bukan merupakan suatu pertanda apapun. Kedutan hanya hanya suatu kejadian biologis dalam tubuh manusia. Dalam hal ini, jika Anda mencari arti kedutan menurut islam, tidak akan ditemukan adanya referensi apapun dari Al-Quran, hadits ataupun ijma’ ulama.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *