Rumah Pintar Ala Bardi Smart Home

Pernah nggak sih bayangin punya rumah kayak tempat tinggalnya Han Ji Pyeong? Begitu masuk rumah, listrik bisa hidup sendiri tanpa harus menyalakan sakelar dan lain-lain? Sudah gitu, punya asisten AI yang bisa menjawab pertanyaan kita. Pasti hari-hari sendiri setelah ditolak Dal Mi (iya kali…) jadi nggak berasa kesepian.

Itulah wujud Smart Home. Pada dasarnya, Smart Home diartikan sebagai sebuah sistem pengelolaan rumah yang diintegrasikan dengan teknologi tingkat tinggi. Sebagai pemilik Smart Home, kita lebih mudah mengatur berbagai peralatan rumah. Kita pun akan menikmati kenyamanan dan kemudahan yang tidak pernah dirasakan sebelumnya.

Baru-baru ini aku nyobain beberapa peralatan rumah dengan teknologi tinggi. Kayaknya sih buat langkah awal membangun Smart Home nih. Mana tahu ‘kan, nasib bisa membuatku seperti Han Ji Pyeong juga, tapi tidak dalam percintaan, meski kayaknya Dalmi nggak gitu pantas juga buat Mr. Han yang nyaris sempurna itu.

Produk yang kucoba ini produknya BARDI. Jadi, Bardi ini adalah brand smart home asli Indonesia lho.Bardi sudah menyediakan berbagai produk unggulan, di antaranya Smart Bulb 9W – RGBWW, Smart IR Remote 10M – BLK, dan Smart Indoor Static IP Camera IDR – IPC – STC.

Produk Unggulan Bardi Smart Home

Sebenarnya, BARDI Smart Home punya 33 jenis produk. Semua produk BARDI Smart Home didukung oleh TUYA, yang berarti fitur Internet of Thing (IoT) produk Bardi telah didukung oleh chipset wifi dari Tuya, yang merupakan platform IoT terkemuka di dunia.

Nggak cuma itu, produk BARDI Smart Home juga merupakan produk smarthome pertama di Indonesia. Bardi Smart Home memiliki aplikasi yang telah terintegrasi dengan aplikasi Google Home. Jadi, perangkat yang terhubung ke aplikasi BARDI Smart Home, melalui aplikasi Google Home, hanya perlu ditambahkan perangkat dan tautan akun Google. Alhasil, semua perangkat yang kita miliki juga akan terdaftar di Google Home App.

BARDI SMART REMOTE

Produk pertama yang aku coba adalah Bardi Smart Remote. Remote ini adalah pemancar infrared pintar yang bisa dikendalikan melalui aplikasi selama ada wifi/hotspot.

Di dalam satu ruangan biasanya ada televisi, AC, dan lain-lain yang masing-masing membutuhkan remote. Nah, Bardi Smart Remote ini dapat menggantikan semua remote infrared dengan mayoritas sudah ada dalam daftar dan bila tidak ada, bisa diduplikat signal infrared dari remote lama ke remote Bardi. Pokoknya kita mah nggak usah bingung lagi dengan banyaknya remote di rumah. Bardi Smart Home bisa diakses dari aplikasi di mana pun dan kapan pun.

Sayangnya, Bardi Smart Remote ini hanya bisa digunakan untuk alat elektronik yang berada dalam satu ruangan saja. Belum bisa digunakan untuk antar ruangan.

BARDI SMART LED BULB 9W

Lampu pintar, eh, gimana sih? Nah kenalin nih Bardi Smart Led Bulb 9W. Lampu ini adalah adalah bohlam pintar yang bisa dimati-nyalakan, diubah warna, sekaligus diatur kecerahannya melalui aplikasi selama ada wifi/hotspot.

Bardi Smart Led Bulb 9W ini memiliki kecerahan maksimal di 810 lumens dan ia bisa diredupkan hingga 90 lumens. Lampu ini memiliki kombinasi warna RGB hingga 16 juta warna dan gradasi putih dari 2700k (warm white) hingga 6500k (cool white). Keren ‘kan?

Ada 4 menu utama untuk pengaturan scene Smart Light Bulb RGB . Pertama, White . Ini digunakan untuk mengatur intensitas cahaya bohlam, mulai dari tipikal bohlam tabung berwarna putih terang dan bohlam pijar berwarna keemasan. Selain itu kita bisa mengatur lumens dan kecerahan lampu. Kedua, Colour. Dalam scene ini, menu RGB yang ada tidak sekadar menampilkan warna merah-kuning-hijau, tetapi juga bisa memancarkan warna perpaduan berdasar bola RGB, sesuka-suka kita apakah mau dibuat warna merah, pink, ungu, biru muda, hijau dan lain sebagainya. Ketiga, Scene. Di menu ini sudah tersedia pengaturan beberapa scene sesuai kebutuhan, mulai dari kebutuhan lampu untuk membaca, bekerja, atau untuk hal lain. Keempat, Music. Menu ini akan menampilkan warna sesuai dengan intensitas suara yang terdengar oleh perangkat. Saat kita tertidur, lampu ini akan berhenti tepat di warna terakhir ia mendengar suara. Lampu ini juga mampu mengikuti alunan musik, lho.

Gila kan lampu ini bisa otomatis mati sendiri kalau kita sudah tertidur. Tapi, eh tapi, kalau kita punya kebiasaan mendengkur yang keras gimana ya? Apakah lampu ini bisa mengenali suara dengkuran? Hehe.

Bardi juga menyediakan tombol power off yang bisa mematikan lampu lewat ponsel tanpa harus berjalan menuju sakelar lampu. Di bagian bawah juga tersedia menu left time yang berguna untuk mematikan lampu secara otomatis dalam durasi tertentu.

BARDI SMART IP CAMERA

Bardi Smart IP Camera merupakan CCTV kamera beresolusi 1080p dengan orientasi 180 derajat dan dapat menyalurkan rekaman audio video ke smartphone secara live. Kamera ini memiliki beberapa fitur antara lain notifikasi motion sensor dan night vision otomatis saat suasana gelap. Bardi Smart IP Camera didesain untuk penggunaan portable sehingga tak memerlukan instalasi rumit. Tinggal plug ke aliran listrik, kita tinggal menaruhnya pada posisi yang diinginkan.

Bardi Smart IP Camera ini juga dapat menyalurkan video berikut suara kepada smartphone dan suara dari smartphone. Selain itu, Bardi memiliki slot SD Card max 128GB dan dapat memberi notifikasi bila ada yang lewat pada jam yang ditentukan dalam aplikasi. Pada posisi gelap akan otomatis switch ke night vision. Cocok banget buat jadi kamera pengintai… eh kalau yang lewat makhluk tak kasat mata gimana ya? Bardi Smart IP Camera juga memiliki kualitas gambar yang lebih baik, fitur perekaman yang canggih, dan kemampuan untuk menghubungkan lebih banyak kamera ke sistem.

Bagaimana Cara Mengoperasikan Bardi Smart Home?

Banyak banget kan keunggulan dan kemudahan teknologi tinggi yang ditawarkan produk-produk Bardi? Pastinya itu semua akan membuat rumah kita jadi lebih aman dan nyaman.

Ada 5 langkah utama yang harus kita lakukan:

  • Pertama, kita harus mengunduh aplikasi smart life di playstore
  • Lalu jangan lupa untuk membuat akun pada aplikasi dengan lakukan registrasi akun, dan disarankan menggunakan alamat email Google ya.
  • Tunggu kode verifikasi. Setelah mendapat kode, aktifkan aplikasi dengan mengisi kode yang dikirim.
  • Tambahkan perangkat yang akan dioperasikan dengan memilih device
  • Setelah memilih device, tinggal tekan power on untuk menghidupkan perangkat.

Sekian. Mudah bukan?

Nah, sebenarnya masih banyak banget produk BARDI Smart Home lainnya. Info lebih lengkap, tinggal kunjungi: https://bardi.co.id/products/

Thanks, Beaute Femme Community yang sudah mengajarkanku cara memfoto flatlay, meski sedihnya daku ngerasa nggak berbakat dalam fotografi.

Alamat:

PT. Bardi Solusi Otomasi
Jl. Tanjung Duren Timur 6 No.2A
Tj. Duren Selatan, Grogol Petamburan
Kota Jakarta Barat 11470
Tech Support : 0817 66666 82
Claim Warranty : 08111 7979 11
Project Spec : 0817 66666 52

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

One Comment

  1. Wah wallswitch nya Bardi keren ya , saya baru tau fungsi ir remotenya bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *